Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Awas, Tubuh Jadi Bungkuk Akibat Terlalu Asyik Memainkan Ponsel

Bekerja di depan komputer dan terlalu asyik memainkan Blackberry atau ponsel sepanjang hari, bisa membuat postur tubuh jadi bungkuk. Hal itu karena saat kita berkonsentrasi pada layar komputer atau ponsel, tubuh secara tak sadar akan condong ke depan dan akhirnya membentuk bahu yang tampak menciut.

Jika dibiarkan, postur tersebut akan permanen dan menyebabkan bahu maupun punggung mudah lelah dan pegal setelah beraktivitas. Jika Anda terlanjur memiliki postur tubuh yang kurang sempurna karena faktor di atas, jangan khawatir. Ada cara praktis untuk mengatasinya, yaitu dengan melakukan latihan internal rotation (yang fokus pada latihan otot punggung, bahu, tangan, perut dan pinggul).

"Hal ini perlu untuk menyeimbangkan otot dada yang sudah condong ke depan karena kebiasaan terlalu lama di depan komputer atau mengetik BB," ujar Henry, seorang physical exerrcise consultant dalam acara peluncuran Nutrilite Diet Program di Plaza Bapindo, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Latihan otot punggung bisa dilakukan dengan push-up, plank (posisi punggung, bokong, paha dan kaki sejajar membentuk seperti papan lurus) dan crunch (gerakan seperti sit-up namun punggung bagian bawah tetap menempel di lantai). Latihan ini berfungsi membuat punggung lebih stabil serta melatih otot dalam perut. Untuk plank, Henry menyarankan melakukannya selama 20-60 detik per sesi sesuai kemampuan, rilekskan badan sejenak lalu ulangi posisi kembali.

Sementara push-up, disarankan posisi lengan lurus dengan telapak menempel pada lantai. Gerakan ini berfungsi mengembalikan kestabilan bahu.

Selain latihan otot punggung, lakukan juga fleksibilitas. Latihan ini bisa berupa yoga dan pilates. Fungsinya adalah untuk membuat daya jangkau tangan lebih jauh sehingga tidak mudah cedera.

"Latihan sebaiknya tidak menggunakan beban. Hindari juga sit-up karena akan berefek kurang baik pada lower back," tambah instruktur fitnes yang bekerja secara freelance ini.

Menurut Henry agar hasilnya lebih efektif, olahraga sebaiknya dilakukan bervariasi. Misalnya jika Anda memiliki jadwal latihan tiga kali seminggu, lakukan push-up dan plank di hari pertama; crunch dan yoga di hari kedua serta pilates di hari ketiga. Selamat mencoba! 
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails