Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

Tips Lancar BAB Setiap Pagi hari


BAB (Buang Air Besar) yang lancar sangat penting untuk kesehatan karena BAB merupakan salah satu proses metabolisme tubuh kita, membantu menghilangkan sisa makanan yang tercerna dan bahan limbah tubuh. Buang Air Besar (BAB) memang bisa dilakukan kapan saja, namun kebanyakan orang merasa nyaman jika BAB lancar dipagi hari. Lalu apa yang harus anda lakukan apabila dipagi hari susah BAB?

BAB yang sehat biasanya rutin setiap hari atau 2 hari sekali. BAB yang sehat itu harus mudah dilakukan, tanpa mengejan dengan keras atau rasa sakit dan tinja tidak boleh mengandung darah. BAB yang tidak lancar disebabkan karena cairan dalam tubuh kering. Akibatnya kemampuan usus besar untuk berkontraksi menjadi lemah.

Selain karena tubuh kurang air, BAB yang tidak lancar juga disebabkan tubuh kekurangan serat. Praktisi kesehatan menyarankan agar pada siang hari orang lebih banyak makan makanan berserat dan minum air sehingga pagi harinya metabolisme tubuh bisa lancar. Apabila BAB terlalu keras, dan terlalu banyak mengejan, maka dapat menyebabkan ambeien atau wasir atau hemoroid merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Bibir anus mengalami pembengkakan dan terkadang disertai pendarahan.

Untuk mencegah penyakit ini, biasanya dokter akan menyarankan agar teratur buang air besar (BAB) dan banyak makan makanan berserat

Berikut jenis makanan dan minuman yang dapat membantu melancarkan BAB, diambil dari jurnal Coloncleanseguide:
  • Makanan berserat tinggi misalnya papaya, kubis, wortel, brokoli, bayam.
  • Makan buah-buahan kering seperti kismis, aprikot.
  • Makanan mengandung jahe, bawang merah dan bawang putih.
  • Makanan yang difermentasi seperti yoghurt dan kefir.
  • Makanan mengandung zinc seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang polong, buncis, seafood, telur dan kedelai.
  • Makanan mengandung minyak ikan, minyak zaitun, cod dan minyak gandum.

Apabila anda sedang mengalami sembelit sebaiknya hindari:
  • Makan pisang bila sedang mengalami kesulitan BAB, karena pisang dapat menyebabkan sembelit.
  • Jauhkan kafein karena dapat menyebabkan diuretik usus besar dan membuat kotoran menjadi keras.

solusi yang sederhana agar BAB lancar di pagi hari adalah banyak minum air di siang hari. Asupan sayur dan buah tidak boleh lupa, harus setiap hari. Kemudian minum segelas air hangat di pagi hari. Minuman herbal lidah buaya di pagi hari juga bisa memperlancar BAB. Namun yang sering saya lakukan adalah, selalu mengkonsumsi sereal dan minuman cokelat hangat di pagi hari. Sereal mengandung banyak serat, sedangkan cokelat apabila dimminum di pagi hari tidak menyebabkan kita menjadi gemuk, karena kandungan gulanya, malah sebaliknya. Pada saat perut kita kosong/ di pagi hari, kita sarapan sereal dan cokelat akan memicu BAB. Minum/Sarapan cokelat di pagi hari akan memperlancar system metabolism kita. Pada siang harinya kita tidak mudah lemas dan tidak mudah lapar, karena zat gula pun terpenuhi.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails