Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENGOBATAN ALTERNATIF ATAU PENGOBATAN TRADISIONAL



Obat tradisional, atau pengobatan alternatif, meliputi teknik penyembuhan dan perawatan yang sangat luas. Banyak yang dikategorikan sebagai naturopati, yakni sistem pengobatan yang menekankan penggunaan bahan-bahan alami atau kekuatan fisik untuk memperbaiki kondisi tubuh dan memungkinkannya untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Sejumlah besar terapi semacam ini telah digunakan secara luas selama berabad-abad, namun telah lama ditinggalkan dan diabaikan oleh dunia kedokteran modern.

Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, sebagian besar masyarakat mengandalkan pengobatan tradisional untuk kebutuhan kesehatan mereka. Di daerah-daerah miskin, banyak orang tidak punya cukup uang untuk membayar perawatan medis konvensional, sedangkan yang lain memang lebih menyukai metode tradisional. Karena itu, berbagai obat tradisional lebih disukai ketimbang obat yang dibuat dengan teknologi farmasi modern.

Beberapa obat tradisional telah diselidiki secara ilmiah dan terbukti bermanfaat untuk gangguan kesehatan tertentu. Tetapi, keefektifan metode-metode tertentu belum diuji secara memadai. Meningkatnya popularitas berbagai jenis pengobatan alternatif seperti obat tradisional telah menimbulkan beberapa masalah mengenai aman atau tidaknya pengobatan tersebut. Risiko obat-obatan tersebut tetap ada sehingga perlu diwaspadai.

Pengobatan tradisional berbeda dengan metode menggunakan obat-obatan modern dalam hal pendekatannya terhadap kesehatan. Biasanya, metode penyembuhannya lebih dititikberatkan pada pencegahan, dan berfokus pada gaya hidup dan lingkungan seseorang serta bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi kesehatannya.

Tidak diragukan lagi, daya tarik utama pengobatan alternatif dengan obat tradisional adalah persepsi bahwa penggunaan bahan-bahan alaminya dan metode perawatannya lebih ringan dan tidak terlalu membahayakan dibandingkan dengan pengobatan konvensional atau pengobatan modern.

Sejumlah pengobatan yang diterima secara luas yang selama suatu waktu dianggap aman dan manjur ternyata belakangan tidak aman. Hal ini terjadi dalam pengobatan konvensional maupun pengobatan alternatif. Haluan yang bijaksana adalah memiliki cukup informasi berkenaan dengan berbagai kemungkinan manfaat dan risikonya sewaktu Anda mempertimbangkan suatu pengobatan, entah itu konvensional atau tradisional.


Beberapa obat tradisional terbukti berkhasiat atau mujarab untuk mengatasi beberapa penyakit. Secara umum, beberapa informasi mengenai obat tradisional berikut ini telah dikenal baik secara turun temurun oleh beberapa generasi untuk mengatasi berbagai problem penyakit. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

Batuk
Resep: Air jeruk nipis dicampur dengan madu.
Fakta: Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat memperbaiki ketahanan tubuh untuk melawan flu. Juga berfungsi sebagai antiseptik yang mampu membuang racun dalam tubuh.

Madu yang juga berfungsi sebagai antiseptik dan mampu menambah tenaga untuk mengalahkan penyakit.

Sakit Kepala
Resep: Minum rebusan air dari jahe, sereh dan ketumbar.
Fakta: Jahe, sereh dan ketumbar mengandung minyak atsiri yang akan memperlancar peredaran darah juga berfungsi sebagai analgetik untuk mengurangi sakit di kepala.

Kolesterol dan Diabetes
Resep: Rebus daun salam bersama laos lalu minum air rebusan tersebut.
Fakta: Daun salam mengandung flavonoid dan tanin sebagai zat yang mampu menurunkankan kolesterol. Dapat pula menurunkan kadargula dalam darah.

Laos mengandung minyak atsiri untuk membantu memperlancar sirkulasi darah dan proses pengeluaran sisa metabolisme termasuk kolesterol yang berlebih.

Hipertensi
Resep: Konsumsi daun seledri secara teratur.
Fakta: Seledri mengandung phthalide yang mampu untuk mengendurkan otot arteri sehingga menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi dan juga mengurangi produksi hormon stres.
loading...

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails