Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Senam Hamil dan Manfaatnya Untuk Persalinan


Senam Hamil dan Manfaatnya Untuk Persalinan

SENAM hamil amat dianjurkan pada wanita hamil agar saat melahirkan dapat dijalani 'lebih mulus' dan sang ibu siap saat persalinan tiba. Dengan latihan pernafasan yang telah dilakukan pada senam hamil, sang ibu tidak lagi kesusahan mengikuti perintah dokter atau bidan saat melahirkan. Menurut bidan Miranti Temmy Djaeni, Amd.Keb dari Rumah Sakit Pertamina Balikpapan menjelaskan, banyak manfaat yang diperoleh dengan mengikuti latihan senam hamil ini, terutama bagi ibu-ibu yang usia kandungannya lebih dari 32 minggu. Misalnya, sang ibu sudah siap saat melahirkan dan melancarkan proses persalinan.

Inti dari senam hamil sendiri adalah melatih pernafasan menjelang persalinan. Sehingga pada saat detik-detik kelahiran si bayi, sang ibu bisa rileks dan menguasai keadaan. "Biasanya pada gerakan pemanasan senam hamil, sang ibu diusahakan rileks dan tenang, kalau sampai tertidur itu lebih baik lagi. Sehingga pada saat bangun dari tidurnya, sang ibu sudah siap untuk melakukan senam hamil," jelasnya.

Keluarga juga memiliki peran penting bagi ibu yang sedang mengandung, terutama suami. Diharapkan kepada keluarga agar tidak menganggap wanita hamil seperti orang sakit. Perubahan yang terjadi pada wanita hamil sangatlah wajar. Sebab wanita hamil pada umumnya hanya mengalami sedikit perubahan yang ada di bagian tubuhnya. Disinilah letak pentingnya peran suami untuk mengajak istrinya yang hamil berjalan-jalan pagi, karena udara pagi sangat baik untuk latihan pernafasan dan merilekskan tubuh.

Adapun untuk pola makan, bagi wanita hamil yang memang berat badannya kurang sebelum smasa persalinan dianjurkan untuk menambah porsi makannya sehingga memudahkan saat persalinan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Senam Hamil dan Manfaatnya Untuk Persalinan"

  1. Keren juga sis ilustrasinya :), oh iya klo untuk ikut senam ibu hamil itu sebaiknya dimulai saat usia kandungan berapa bulan ya?
    dan klo tempat yg menjual baju senam terbaru untuk ibu hamil di bandung jabar dimana ya tempatnya apakah sis tau?"

    BalasHapus
  2. sangar banyak ya menfaat senam untu ibuhami..
    untuk gerakan senam hamil ini ada berapa masam?..dan untuk baju senam muslimah yang bagus untuk senam hamil itu seperti apa?

    BalasHapus
  3. thx infonya gan... hmmm ngomong2 nih mau tanya nih ada yg tau gk tempat baju senam murah ?

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner