Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Pengobatan Ambeien dengan Jawer Kotok


Pengobatan Ambeien dengan Jawer Kotok

Tanaman ini tumbuh subur di pekarangan rumah di perkampungan/ pedesaan walaupun tanpa perawatan berarti. Tanpa dipupuk, tanpa dipelihara dan bahkan tanpa disiram sekalipun. Tanaman ini sebagai penghias halaman rumah yang kesannya seolah-olah tanaman ini merupakan tanaman liar. Kadang tanaman ini juga ditanam untuk pembatas kebun dengan kebon tetangga. Jawer kotok tumbuh beraneka warna jenisnya.

Ada yang daunnya berwarna hijau, ada yang daunnya berwarna kuning, dan ada yang daunnya berwarna merah kecoklatan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 80 cm. Karena warna daunnya yang beraneka warna, tanaman ini sering dipakai oleh anak-anak pedesaan untuk bermain pasar-pasaran (jualan), dan dengan variasi permainan yang bermacam-macam.

Pengobatan Ambeien dengan Jawer Kotok

Di kalangan masyarakat pedesaan tanaman ini sudah tidak asing lagi, karena di samping mudah tumbuh ternyata tanaman ini mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit wasir atau ada yang menyebutnya ambeien (hemoroid), yang masih pada tingkatan rendah. Istilah hemoroid sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu haima (darah) dan rheein (mengalir). Secara empiris pengobatan wasir dengan menggunakan ramuan tradisional telah terbukti dapat mengurangi siksaan terhadap penderitanya.

Pengobatan Ambeien dengan Jawer Kotok

Jawer Kotok termasuk salah satu jenis tanaman yang diakui berkhasiat sebagai obat wasir. Jenis tanaman lainnya adalah daun wungu, pegagan dan kangkung. Namun yang paling popular diantara beberapa tanaman tersebut adalah Jawer Kotok dan Daun Wungu. Memang tidak semua jenis Jawer Kotok berkhasiat untuk mengobati wasir. Hanya Jawer Kotok dengan daun yang berwarna coklat kemerahan saja yang diyakini berkhasiat untuk mengobati wasir.

Daun jawer kotok mengandung zat mineral, minyak terbang, dan zat pati. Di samping itu Jawer Kotok jenis ini mengandung senyawa thymol, karvakrol, eugenol, metileugenol dan etil salisiat. Thymol bersifat mematikan cacing (antelmintik) dan juga bersifat antiseptic. Karvakrol sebagai senyawa yang bersifat disinfektan antifungal dan antelmintik. Eugenol dapat menghilangkan rasa nyeri atau bersifat analgenik. Sedangkan etilsalisilat mampu meniadakan iritasi. Kandungan sifat-sifat itulah yang menjadikan Jawer Kotok mampu mengatasi wasir yang belum terlanjur besar.

Penggunaan Jawer Kotok untuk mengobati wasir sangatlah mudah.

Ambil 12 lembar daun dan cuci sampai bersih. Setelah itu tambahkan 2 gelas air dan rebus 12 lembar daun tersebut sampai mendidih beberapa saat, sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas, dan siap diminum sebagai obat untuk sekali minum (tentunya tunggu sampai tidak terlalu panas untuk diminum). Miinum rebusan Jawer Kotok ini dianjurkan sehari sekali secara teratur, sampai selama beberapa hari (sampai ganjalan di “kutub selatan” terasa hilang).
loading...

Artikel Terkait

1 komentar:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails