Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

5 Penyebab Kegemukan Selain Makanan

5 Penyebab Kegemukan Selain Makanan
Makan terlalu banyak dan tidak rajin olahraga mungkin jadi faktor utama penyebab kegemukan. Tapi ternyata bukan hanya itu saja. Berat badan berlebih bisa disebabkan hal-hal yang bisa jadi tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Tinggal dalam ruang ber-AC dan kurang tidur adalah dua dari beberapa penyebab naiknya berat badan selain makanan. Apa lagi faktor lainnya?

1. Menyalakan Air Conditioner (AC)
Berada dalam ruangan dengan suhu yang sejuk memang sangat nyaman. Tapi hati-hati, terlalu sering berlama-lama di ruangan ber-AC bisa sebabkan kegemukan. Dikutip dari My Health News Daily, saat tinggal terus menerus di suhu yang nyaman, tubuh tidak perlu bekerja untuk mendinginkan atau menghangatkan tubuh.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di International Journal of Obesity, daerah Selatan Amerika Serikat memiliki populasi obesitas yang paling tinggi di antara negara bagian Amerika lainnya. Diketahui, rata-rata rumah di sana menggunakan AC. Setiap tahunnya, permintaan akan AC rumah meningkat dari 37% hingga 79% tiap tahunnya.

2. Kurang Tidur
Orang yang kurang jam tidur berkualitas lebih tinggi risikonya pengidap obesitas, menurut penelitian dalam jurnal Archives of Disease in Childhood. Saat seseorang tidak cukup istirahat, bisa memengaruhi pembentukan glukosa yang berujung pada munculnya penyakit
diabetes.

Kuang tidur bisa menambah rasa lapar. Selain itu juga membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari sehingga aktivitas fisik pun berkurang. Kurangnya olahraga dan ketidakaktifan fisik bisa memicu berat badan naik lebih cepat.

3. Menyalakan Lampu Saat Tidur
Kebiasaan menyalakan lampu saat tidur bisa menambah beberapa inci lingkar pinggang Anda. Tidur dengan lampu kamar tetap menyala akan membuat Anda sering terbangun. Terbangun di malam hari, berpotensi membuat Anda lapar dan mengudap makanan yang ada di dapur.

4. Polusi
Menurut hasil studi yang dilansir Critical Reviews in Food Science ang Nutrition, polusi bisa memengaruhi metabolisme tubuh. Zat-zat berbahaya seperti endocrine (zat kimia yang terdapat pada plastik) dan sisa pembakaran sampah yang ditemukan dalam tubuh manusia, sering dihubungkan dengan obesitas. Begitu juga dengan zat yang terdapat dalam pestisida. Zat-zat ini mengganggu sistem kerja dan menghambat metabolisme.

5. Kumpul Bersama Teman yang Suka Makan
Dikutip dari That's Fit, para peneliti dari Duke University menemukan bahwa pola makan seseorang dipengaruhi oleh suatu kelompok atau teman-temannya. Bila kita berkumpul dengan kelompok teman yang doyan makanan berlemak atau manis, secara tidak sadar kita akan mengikuti cara makan mereka.

Yang jadi masalah adalah, ketika seseorang yang mudah gemuk, berteman dengan orang berbadan kecil tapi suka makan. Mungkin bagi yang badannya kecil, makan banyak bukanlah masalah. Tapi untuk yang mudah gemuk, mengikuti pola makan temannya yang kurus akan membuat berat badannya bertambah dengan cepat.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails