Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Cara meninggikan badan atau Menambah tinggi badan mudah

Mendapatkan tinggi badan yang ideal adalah memang impian banyak orang terutama bagi yang ingin menjaga penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri, kharisma di kehidupan bergaul lingkungan sosial, juga sangat penting untuk dunia karir.


Seperti anda yang ingin bercita-cita jadi Polisi, pilot, tentara, pramugari, dsb. Siapa sih yang gak mau tinggi. He..he. Semoga tulisan ini bisa digunakan sebagai referensi membantu menambah tinggi badan anda secara maksimal, tentunya hasil akan maksimal jika diperlakukan dengan tepat.

Beberapa faktor yang penting untuk diketahui dalam teknik cara meninggikan badan akan diuraikan dibawah ini:
Nutrisi makanan
Vitamin : vitamin adalah zat organik yang diperlukan untuk kehidupan dan penting untuk pertumbuhan manusia. Diet yang seimbang sangat dianjurkan untuk menerima asupan gizi yang tepat. Suplemen memang bisa membantu jika diperlukan, namun tetap tidak bisa dijadikan pengganti makanan.

Vitamin A
Berguna mendorong pertumbuhan dan tulang yang kuat, alat bantu dalam menjaga kulit, rambut, gigi dan gusi yang sehat, dan membantu membangun ketahanan terhadap infeksi. Ditemukan pada: hati, wortel, kuning telur, sayuran hijau dan kuning, susu,margarin, dan buah-buahan merupakan sumber vitamin A terbaik.

Masih banyak lagi sumber vitamin penting lainnya, diantaranya Vitamin B1, C, D, F, K. untuk sementara waktu, kawan bisa cari sendiri contoh vitamin diatas. (Kalau ada waktu akan saya cari lagi)

Mineral
Zat mineral membentuk sebagian besar tulang dan gigi dan membantu mengatur fungsi tubuh lainnya. Contoh dari zat mineral untuk menambah tinggi badan yaitu: Susu/produk susu, sarden, kacang kedelai, kacang kering, dan sayuran hijau mengandung banyak kalsium. Usahakan konsumsi sebanyak 600 sampai 1500 mg per hari (dianjurkan).Ditambah zat penting lainnya seperti krom, zat besi, magnesium, sodium, dll.

Protein
Kebutuhan protein setiap orang bisa berbeda beda, tergantung pada kondisi fisik, umur, dll. Biasanya orang yang masih muda membutuhkan banyak protein untuk memenuhi takaran gizinya. Konsumsi makanan protein yang mengandung asam amino diperlukan untuk membangun jaringan, seperti ditemukan dalam makanan organ hewan seperti daging, unggas, makanan laut, telur, susu dan keju dengan takaran yang tepat.

Air Putih 6-8 gelas sehari sangat dianjurkan.
Makanlah dengan kandungan gizi yang tepat, jangan terlalu memaksakan diet selama masa pertumbuhan. Tips cara meninggikan badan yang dituliskan disini akan jauh lebih berdampak jika anda memperhatikan nutrisi yang anda konsumsi.

Latihan 
Memijat bagian lutut Usahakan sampai terasa geli, kalau bisa suruh orang lain melakukannya. Menurut penelitian, memijat lutut dengan tangan Anda memungkinkan lutut anda untuk mempublikasikan pertumbuhan bahan kimia yang membantu Anda tumbuh tulang Anda. 
Peregangan (stretching) Peregangan adalah bentuk yang paling efektif berolahraga untuk meningkatkan ketinggian. Melakukan latihan stretching dengan teratur dapat menambahkan beberapa inci ekstra tinggi Anda, bahkan pendek setelah pertumbuhan Anda telah berhenti.

Renang 

Jogging 
Naikkan ketinggian tempat duduk sepeda, ketika bersepeda. 
Cara meninggikan badan melalui pola tidur 
Tidur yang dianjurkan antara 8-10 jam perhari. 
Usahakan posisi tubuh lurus pada saat tidur. 
Gunakan kasur yang "baik" (yang mampu memberikan sokongan pada tubuh kita) Ini bertujuan untuk menjaga tulang belakang tetap lurus selama tidur. Jangan gunakan kasur yang bersifat terlalu lentur/lembek.Pola postur tubuh yang baik akan menambah tinggi badan juga. Tiru pola duduk, berdiri dan tidur yang bagus.

Tambahan:

Mungkinkah Kita Bisa Bertambah Tinggi Lagi?
Secara umum pertumbuhan tulang mencapai puncaknya pada saat kita berusia 18-20 tahun (bervariasi pada tiap orang).
Yang mungkin muncul di benak kita adalah bagaimana jika saya sekarang berusia (misalnya) 25 tahun. Apa masih bisa bertambah tinggi lagi sedangkan saya tidak di fase pertumbuhan maksimal? Atau bagaimana cara meninggikan badan jika saya sudah diusia tersebut?

Walaupun faktor umur ada pengaruhnya, sebenarnya hal tersebut bukan jadi penentu. Tidak ada program latihan peninggi badan yang menjanjikan bisa menambah massa tulang melalui pertumbuhan tulang. Melainkan, tekniknya ialah untuk menstimulasi secara maksimal pertumbuhan tumpukan cakram tulang rawan/intervertebral discs yang berada pada tulang punggung kita. Tekstur tulang ini lebih lentur, lunak dibandingkan tekstur tulang pada umumnya, tulang yang memungkinkan kita melakukan posisi menoleh, membungkuk, dsb.

Coba perhatikan juga Kita bisa bandingkan ukuran tinggi badan kita saat sesudah dan sebelum tidur. Bisa dijamin kita ternyata sedikit lebih tinggi setelah bangun tidur (efek penebalan setiap tulang rawan saat kita beristirahat). Namun saat kita kembali melakukan aktivitas rutin maka perlahan bagian tulang itu menciut kembali.

Tulang ini yang berfungsi menopang setiap ruas tulang punggung kita yang jumlahnya 33. Lebih lengkapnya:

7 berada pada tulang leher,
12 berada pada tulang punggung,
5 berada pada tulang pinggang,
5 berada pada tulang kelangkang,
4 berada buah pada tulang ekor.

Dari ke 12 tulang punggung tersebut, setiap cakramnya bisa menebal sebanyak 0,025 inci. Jadi kalau kita mau menambah tinggi 3,25 inci atau 8cm lagi, hal tersebut masih wajar.

Cara meninggikan badan melalui latihan gerakan tertentu:
Ada empat latihan yang bisa kita lakukan sehari-hari untuk mempertebal tulang cakram tersebut. Tentunya harus rutin dilakukan biar memberikan hasil maksimal. Motivasi kita sangat dibutuhkan disini. Oke deh, latihannya sebagai berikut:

1. Spine Pull up (Pembukaan Ruas Tulang Belakang)
2. Streching (Peregangan)
3. Postural Exsercise (Latihan Postur)
4. Kicking (menendang)
5. Hanging (bergantung

Akan lebih baik jika latihan ini dibarengi dengan nutrisi makanan penunjang. Agar cakram tersebut lebih solid (tidak mudah ciut), kuat dan tebal.

Selain melakukan latihan rutin, faktor makanan juga mengambil berperan penting dalam menentukan tinggi badan. Contoh nyatanya: lihat kenapa mayoritas orang barat lebih tinggi daripada orang Asia. Banyak yang bilang itu adalah faktor genetik, tapi kalau kita lihat lebih jauh dari kebiasaan hidup disana ternyata mereka memang rutin konsumsi makanan dairy product seperti keju, susu, mentega. Makanan tersebut kaya akan posfor, magnesium, kalsium yang cocok untuk menunjang pertumbuhan tubuh. Makanya bule pada tinggi-tinggi.

Intinya, tubuh kita memang butuh dilatih dan juga diberi asupan gizi yang cukup demi mendapatkan tinggi badan yang ideal. Kalau tidak sering latihan maka tidak ada jalan untuk menjadi sukses dalam hal meninggikan badan ini.

Mungkin yang jadi masalah, bagaimana saya bisa tumbuh tinggi kalau sudah berumur 20 atau diatas 30, faktor keturunan orang tua, atau olahraga jenis apa yang bisa efektif menambah tinggi badan. 

Jangan pernah menggunakan cara yang tidak alami seperti pil, operasi, dan lain lain. Lebih baik pakai cara meninggikan badan yang natural dan alamiah. Karena efek samping penggunaan obat-obatan kimia pasti ada dan dampaknya mungkin akan kelihatan pada jangka panjang.

Ok deh demikian tips dari saya kali ini, Percaya akan diri anda bahwa tinggi badan anda akan bertambah dan semua usaha anda akan berbuah manis kelak. Tentunya kamu juga harus melakukan usaha sebaik mungkin. :)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara meninggikan badan atau Menambah tinggi badan mudah"

  1. wawah
    ini dia informasi yang ane cari cari
    kebetulan ane orangnya bisa di katakan pendek
    tapi semoga aja dengan saran agan ane bisa lebih tinggi lagi

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner