Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Perlunya Enzim Amilase Bagi Tubuh




Enzim amilase merupakan salah satu enzim yang sangat penting keberadaannya di tubuh kita. Amilase sendiri merupakan enzim katalis yang berfungsi untuk menghidrolisis gula dan pati. Amilse mencerna karbohidrat (polisakarida) menjadi unit–unit disakarida yang lebih kecil. Orang yang tidak mampu menoleransi lemak (tidak dapat mencerna lemak) akan lebih sering makan gula dan karbohidrat untuk menebus kurangnya lemak dalam makanan mereka. Jika makanan mereka berlebihan karbohidrat, makanan tersebut dapat menyebabkan kekurangan amilase.

Enzim Amilase pada Pencernaan Karbohidrat

Enzim amilase merupakan enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah kita yakni kelenjar parotis di mulut dan kelenjar pankreas. Kerja dari enzim ini yakni memecah molekul dari amilum menjadi sakarida dengan molekul yang lebih sederhana yaitu maltosa. Amilum sering dikenal dengan sebutan zat tepung atau pati. Amilum merupakan karbohidrat atau sakarida namun memiliki molekul yang lebih kompleks. Sumber dari karbohidrat sendiri sangat banyak. Beberapa di antaranya adalah gula pasir, gula madu, maple, dan molase. Sedangkan untuk gula sederhana adalah fruktosa dan gula yang berasal dari buah. Ada pula gula ganda seperti gula tebu, bit gula, maltosa atau gula malt dan gula susu. Sumber lain yang penting adalah beras, gandum, dan, kentang.

Produksi Menggunakan Teknologi Pangan Bioteknologi

Ternyata saat ini telah diketahui bagaimana cara produksi enzim oleh beberapa mikrobiologi dan tentunya memanfaatkan teknologi saat ini. Salah satu mikrobiologi tersebut adaalh Aspergillus kawachii. Aspergillus kawachii adalah jamur yang digunakan dalam produksi sochu,yakni sebutan dari salah satu jenis minuman beralkohol. Aspergillus jenis ini mampu menghasilkan dua macam enzim glukoamilase dan enzim amilase.


Hubungan Enzim Amilase dengan Beberapa Penyakit

Enzim ini terlibat dalam reaksi anti inflamasi, seperti yang disebabkan oleh pelepasan histamin dan zat–zat serupa. Respon inflamasi, biasanya, terjadi di organ yang berhubungan dengan dunia luar, yaitu paru–paru dan kulit. Pengaruhnya juga termasuk pada masalah kulit, seperti psoriasis, eksim, gatal-gatal, gigitan serangga, alergi, sengatan lebah, dermatitis atopik, dan segala jenis herpes. Bahkan masalah pada paru–paru termasuk asma memerlukan adanya formula enzim amilase.
source : kesehatan123.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlunya Enzim Amilase Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner