Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

7 MAKANAN PEREDA SAKIT TENGOROKAN

Hello, kali ini saya ingin menulis tentang 7 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan, ini juga berhubung dengan penyakit langganan saya yaitu sakit tenggorokan atau yang sering saya sebut Radang, makanya saya terajak untuk mencari tahu bagaiman caranta untuk penyakit tersebut tidak kambuh lagi ...

Oke kita langsung aja ..


Sakit tenggorokan termasuk penyakit yang sering diderita. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus, yang berasal dari gejala seperti flu - demam menggigil dan nyeri. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, tenggorokan yang sedang meradang juga membuat kita harus berpantang makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan serta makanan pedas. Untuk mempercepat proses penyembuhan, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu. 


1. Pisang

Pisang merupakan kelompok buah yang tidak asam dan lembut untuk tenggorokan. Hal ini sangat memudahkan Anda untuk menelan, terutama bila Anda sedang sakit tenggorokan. Disamping itu, buah ini juga memiliki indeks glikemik rendah serta kaya akan vitamin, B6, kalium, dan tentu saja, vitamin C.

2. Sop ayam
Beberapa orang percaya bahwa sop ayam dapat memerangi sakit tenggorokan. Bahkan semangkuk sop ayam hangat dapat pula berperan sebagai antibiotik karena memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi kemampetan dengan membatasi virus yang datang dalam kontak dengan membran lendir. Buatlah sop ayam menggunakan bahan makanan yang kaya kandungan gizi seperti wortel, bawang, seledri, lobak, kentang dan bawang putih, semuanya dikenal memiliki manfaat nutrisi dan kekuatan untuk penyembuhan.

3. Campuran jus lemon dan madu. 

Campuran air lemon dan madu merupakan salah satu metode pengobatan alternatif yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan. Minuman ini juga memberikan efek mendinginkan pada tenggorokan.
4. Putih telur

Tidak banyak yang tahu bahwa putih telur dapat membantu dalam menangani peradangan dan rasa sakit di tenggorokan. Namun pastikan Anda tidak mencampur putih telur dengan bumbu karena hal ini mungkin dapat memperburuk rasa sakit.

5. Jahe atau teh madu

Secangkir teh panas dari jahe atau madu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan gatal. Madu akan melapisi tenggorokan dan membantu mencegah iritasi, yang merupakan alasan utama di balik munculnya batuk.

6. Oatmeal 

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang tinggi serat larut, berperan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol LDL. Oat juga tinggi kandungan protein yang membuat Anda selalu merasa kenyang dan puas untuk jangka waktu yang lebih lama. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, buatlah semangkuk oatmeal panas dengan menambahkan pisang atau madu di dalamnya. Rendahnya tingkat glikemiks pada oat juga bisa dimanfaatkan sebagai camilan sebelum memulai aktifitas sehari-hari.
7. Wortel rebus

Wortel adalah makanan yang luar biasa sebagai obat ketika Anda sakit, tapi mereka harus direbus atau dikukus sebelum dimakan. Makan wortel mentah justru bisa memperburuk sakit tenggorokan. Wortel penuh kandungan nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 MAKANAN PEREDA SAKIT TENGOROKAN"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner