Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

7 Penyebab Peningkatan Kolesterol "Jahat"

Kolesterol sering dinyatakan menjadi penyebab penyakit jantung koroner, dan beberapa penyakit lainnya. Peningkatan kadar kolesterol bisa dialami oleh siapa saja, tidak mengenal usia, ras dan jenis kelamin dan bahkan saat ini ada kecenderungan semakin banyak orang yang menderita kadar kolesterol tinggi dan semakin banyak dialami oleh "kaum muda". 

Untuk diketahui bahwa kolesterol sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh antara lain untuk membuat dinding sel, memproduksi hormon dan sebagainya. Didalam tubuh kolesterol diklasifikasikan menjadi LDL yang sering dikenal dengan kolesterol "jahat" dan HDL yang dikenal dengan kolesterol "baik". Untuk mencapai kesehatan yang baik proporsi kedua jenis kolesterol (HDL dan LDL) haruslah seimbang, jika LDL meningkat dibandingkan HDL maka cenderung menyebabkan penyakit, dan jika HDL meningkat dibandingkan LDL maka tubuh akan sehat. 


Untuk menjaga kadar koleseterol tetap normal, maka harus dikenali beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan kolesterol "jahat". Berikut ini adalah 7 penyebab peningkatan kolesterol "jahat" yang perlu Anda kenali, seperti dikutip dari health


1. Pola makan

Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol "jahat". Lemak jenis ini banyak ditemukan pada daging jeroan, daging unggas, telur, keju, minyak kelapa, kue-kue, serta berbagai jenis makanan yang digoreng.

2. Berat badan

Tumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang bukan hanya membuat Anda repot mencari celana yang pas, tapi juga meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. 

3. Tingkat aktivitas

Kurang beraktivitas harian, misalnya terlalu banyak,  menonton tv  dan kurang olahraga akan meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan membuat HDL terlalu sedikit.

4. Usia dan jenis kelamin

Di atas usia 20 tahun, kadar kolesterol secara alami cenderung meningkat kecuali Anda melakukan sesuatu untuk menghentikan kecenderungan itu.

5. Kesehatan keseluruhan

Menderita beberapa jenis penyakit, seperti diabetes atau hipotiroid bisa meningkatkan kadar kolesterol.

6. Riwayat keluarga

Faktor keturunan ternyata juga berperan dalam terjadinya kelebihan kolesterol jahat hal ini menyebabkan orang-orang tertentu  tetap memiliki kadar kolesterol tinggi meski sudah menjalankan gaya hidup sehat dan seimbang.

7. Merokok

 Selain merusak paru, kebiasaan merokok juga akan menurunkan level kolesterol baik.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails