Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KURUS BUKAN BERARTI BEBAS KOLESTROL

kurus-kolesterol


Umumnya, terdapat pandangan bahwa orang gemuklah yang paling beresiko terhadap tingkat kolesterol yang tinggi, namun, tahukah Anda bahwa ternyata orang kurus pun tidak luput dari resiko yang sama?http://mypotik.blogspot.com/

Menurut dr. Dante Saksono H, SpPD, PhD, ahli kesehatan dari rumah sakit Mitra Keluarga Jakarta, kolesterol adalah lemak yang berada dalam darah, bukan lemak yang berada di bawah kulit.

Jadi bisa saja orang yang badannya kurus kolesterolnya tinggi, misalnya, perhatikan sebuah penelitian yang dilakukan Mayo Clinic, Amerika Serikat terhadap 1.101 relawan wanita dengan kisaran umur 41 tahun. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 54 persen relawan dinyatakan dalam bobot tubuh normal, tidak termasuk kategori obesitas tetapi kadar kolesterol mereka justru mencapai 30 persen di atas normal.http://mypotik.blogspot.com/

Tentu saja, kondisi tersebut membuat mereka memiliki resiko terhadap gangguan metabolisme lainnya yang juga dialami oleh para wanita yang masuk dalam kategori obesitas. Mengapa orang kurus juga beresiko memiliki kadar kolesterol tinggi?

Mengapa Kurus Tidak Berarti Bebas Kolesterosl?

Menurut American Heart Association (AHA) orang yang tak gampang gemuk malah memiliki kecenderungan kurang menyadari bahaya kolesterol pada dirinya. Akibatnya, ia kurang waspada pada jenis makanan yang dikonsumsi. Padahal, menurut AHA, tidak ada satu pun orang yang bisa memakan apa pun yang disukainya dan bisa tetap sehat.

Umumnya, makanan yang dikonsumsi mereka yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi adalah makanan dengan lemak jenuh (lemak hewani) dan lemak trans. Bila jenis makanan tersebut terus-menerus dikonsumsi dalam jangka panjang, kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah menyebabkan aliran darah menjadi kental karena banyak mengandung lemak. Lemak-lemak tersebut dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah dan mengganggu kelancaran peredaran darah. Akibatnya, pembuluh darah menyempit dan mengganggu aliran oksigen dalam tubuh.

Ketika kadar oksigen di dalam darah berkurang, timbullah gejala-gejala seperti sakit kepala, pegal-pegal, atau kesemutan. Patut diperhatikan bahwa selain gejala-gejala tersebut, tidak ada gejala khas lain yang dapat menjadi penanda tingginya kolesterol dalam tubuh.

Beberapa orang bahkan tidak mengalami gejala-gejala tersebut dan baru menyadarinya ketika mereka melakukan pemeriksaan kesehatan atau setelah mereka mengalami serangan jantung dan stroke. Oleh sebab itu, tes kolesterol dengan pemeriksaan darah penting dilakukan.

Menghadapi Kolesterol, Apa yang Perlu Anda Lakukan?

Pastikan bahwa Anda secara rutin memeriksa kadar kolesterol termasuk kolesterol LDL (jahat), kolesterol HDL (baik), dan trigliserida. Untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, sebaiknya pemeriksaan di laboratorium dilakukan secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali.

Sekali lagi, kolesterol tinggi tidak akan menimbulkan gejala apapun sampai terjadinya komplikasi. Oleh sebab itu, selain pemeriksaan secara berkala, tidak ada salahnya menerapkan hidup sehat dengan pola makan yang benar serta rajin melakukan olahraga.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi disarankan melakukan diet rendah lemak dan tinggi serat, rajin melakukan olahraga, dan usahakan untuk berhenti bagi mereka yang merokok. Pada beberapa orang, meskipun upaya-upaya tersebut sudah dilakukan, kadar kolesterol yang dimiliki tetap tinggi.

Hal ini disebabkan 80% kolesterol darah dihasilkan oleh tubuh sendiri sehingga jika metabolisme seseorang sudah memburuk, dibutuhkan penggunaan obat jangka panjang (terus menerus) selain modifikasi pola hidup dengan diet dan olahraga.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails