Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KOPI UNTUK KESEHATAN USUS

Menikmati kopi di pagi dan sore hari bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, namun juga menyehatkan. Ya, mengonsumsi paling tidak empat cangkir kopi setiap harinya akan membuat Anda terhindar dari risiko terkena kanker usus. Demikian seperti yang disebutkan dalam sebuah penelitian di Inggris.

Untuk mengetahui manfaat kopi dalam menangkal serangan kanker usus, para ilmuwan dari Institute Kanker di Rockbille Maryland, meminta para responden untuk rutin mengonsumsi kopi. Peserta diminta untuk meminum kopi sebanyak 4 gelas per hari. Diketahui, mereka yang mengonsumsi kopi secara rutin ternyata memiliki 15 persen risiko lebih kecil terkena kanker usus. Sedangkan, mereka yang minum enam gelas atau lebih, maka risiko terserang kanker usus berkurang hingga 40 persen.



Peneliti menyatakan, meskipun teh mengandung kafein seperti kopi, pengurangan risiko kanker usus ini tidak terdapat pada para penggemar teh. Diketahui lebih dari 40 ribu orang per tahun di Inggris terkena kanker usus. Sekitar 16.000 orang per tahun meninggal karena menderita penyakit ini. Kebanyakan penderita mengabaikan gejala dini dan hanya mencari pengobatan sekali begitu penyakit mereka bertambah parah. Makan makanan banyak lemak dan daging merah disertai kurang olahraga diduga menjadi beberapa faktor penyebab penyakit ini.

Beberapa penelitian sebelumnya memang pernah menyebutkan kalau kopi bisa melindungi tubuh meskipun penelitian tersebut tidak diyakini kebenarannya.

Dalam penelitian sebelumnya, peneliti mengambil sampel 490.000 orang yang ikut diet sehat. Hasilnya, seperti dikutip dalam American Journal of Clinical Nutrition, beberapa tumor sedikit mengecil pada orang yang minum 4 gelas kopi sehari. Tumor makin mengecil pada orang yang minum kopi 6 gelas sehari untuk beberapa jenis kanker.

Direktur Eksekutif Asosiasi Kopi Inggris Dr Euan Paul mengatakan "Penelitian ini jelas membangkitkan semangat kalau kopi juga bisa mengurangi risiko kanker usus karena 40.000 orang terkena kanker ini di Inggris, membuat kanker usus menjadi penyakit ketiga terbesar di sana."

Meski demikian, diperlukan sikap yang bijak dalam mengonsumsi kopi. Sebaiknya Anda tidak menambahkan banyak gula atau krim pada segelas kopi Anda. Selain itu hindari mengonsumsi koopi menjelang tidur, karena kafein yang terkandung di dalamnya akan mengacaukan waktu tidur Anda
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails