Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Waspada Demam Paska-Persalinan


Sehabis melahirkan, suhu tubuh Anda biasanya akan lebih tinggi 0,5 derajat dibandingkan dengan suhu normal (36-37°C) sampai 12 jam pertama. Hal itu normal.

Setelah 24 jam, suhu tubuh akan kembali normal. Tapi bagaimana kalau suhu tubuh tidak juga turun, bahkan cenderung naik?

Menurut dr. Irham Suhaemi, Sp.OG, ada kemungkinan itu infeksi nifas. “Yang bisa kita bilang infeksi nifas atau puerperalis infection kalau terjadi peningkatan suhu tubuh ibu melebihi 38°C sampai 10 hari setelah melahirkan,” kata dr. Irham.

Artinya, suhu tubuh Anda naik karena ada kuman penyebab infeksi masuk ke ke salah satu organ tubuh.
Infeksi nifas disebabkan oleh bakteri dan jamur yang masuk ke organ-organ yang diserang dengan berbagai cara.

Begitu mudahnya bakteri dan jamur menyerang sehingga penyakit ini menjadi salah satu penyebab kematian ibu yang tertinggi pada masa lalu.

Beruntungnya, di masa ini kematian ibu karena infeksi nifas menurun drastis karena adanya pencegahan dan pengobatan dilakukan melalui pelayanan kesehatan yang mulai merata.

Tapi, bukan berarti Anda tidak waspada. Sebab, masih ada 2-4 persen ibu melahirkan yang mengalami infeksi nifas.

Nah, bagaimana mengetahui organ mana yang terserang kuman? Gejala umumnya adalah suhu tubuh tinggi, tapi beda organ yang terinfeksi, beda pula gejalanya.

Jangan anggap enteng gejala-gejala tersebut. Sebab, infeksi mudah menyebar dan jika dibiarkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Demam Paska-Persalinan"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner