Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

INILAH GEJALA RADANG USUS BUNTU

Rasa nyeri di pusar

Sakit usus buntu biasanya terjadi di sisi kanan bawah perut. Tapi tanda pertama biasanya ketidaknyamanan di dekat pusar yang kemudian pindah ke perut bagian bawah kanan. Pada beberapa orang termasuk anak dan wanita hamil mungkin rasa sakitnya di berbagai bagian perut. Serta rasa sakit akan memburuk jika memindahkan kaki, batuk, bersin atau tersentak saat berkendara.

Rasa nyeri cepat memburuk

Dr Payne menuturkan rasa sakit di bagian bawah perut ini bisa sangat intens, bahkan pada kasus yang cukup parah bisa membangunkan orang yang sedang tidur. Setelah itu tingkat keparahan nyeri akan meningkat dengan cepat, beberapa orang hanya dalam waktu hitungan jam.

Demam dan menggigil

Gejala usus buntu bisa meniru orang sakit perut yang disertai dengan demam, menggigil dan gemetar. Tapi jika demam lebih dari 39 derajat celsius dan disertai nyeri perut parah yang bisa membuat orang tidak dapat berdiri, ada kemungkinan itu usus buntu.

Mual, muntah dan kehilangan nafsu makan

Pasien bisa memiliki nafsu makan rendah selama beberapa hari yang disertai mual dan muntah ringan. Jika membaik setelah 1-2 hari maka kemungkinan bukan usus buntu. Tapi jika memburuk dan disertai dengan demam serta nyeri kanan bawah sebaiknya segera mencari bantuan medis.

Konstipasi (sembelit) atau diare

Seperti banyak gejala lain, kondisi ini akan terjadi setelah orang mengalami sakit perut. Jika diare yang disertai dengan banyak lendir dan sakit perut kanan bawah, pergilah ke dokter.

Perut kembung dan gas

Jika pergi tidur dalam keadaan baik tapi bangun tidur dengan rasa sakit, sebaiknya berhati-hati. Serta jika perut sering merasa kembung dan penuh gas tapi mengalami kesulitan buang gas dan nyeri usus.

Sakit saat melepaskan tekanan di bagian kanan bawah perut

Dr Payne menuturkan ketika seseorang menekan bagian bawah perut dan merasa sakit saat melepaskan tekanan, sebaiknya tidak melakukannya lagi dan periksakan ke dokter karena kemungkinan terkait radang usus buntu. Terutama jika rasa sakit ini disertai dengan demam, mual atau gejala lain.

Penyebab Radang Usus Buntu

  • infeksi bakteri ( Escherichia Coli )
  • penyumbatan (obstruksi) pada lapisan saluran (lumen) appendiks oleh timbunan tinja/feces yang keras
  • hyperplasia (pembesaran) jaringan limfoid
  • penyakit cacing
  • parasit

Fakta-fakta tentang penyakit usus buntu

·Setiap tahun sekitar 700.000 pasien masuk ke ruang gawat darurat untuk mendapatkan pengobatan.

Usus buntu adalah penyakit akut dan sering tidak diketahui oleh si penderita. Baru pada umur empat puluh keluhan penyakit ini dirasakan

Ada tiga keluhan pada perut seorang penderita penyakit usus buntu; kuadran kanan bawah perut, adominal yang kaku, sakit pada navel area hingga kuadran kanan bawah perut.

Ada 98.000 kasus penyakit usus buntu yang tidak tertangani setiap tahunnya

Satu diantara lima penderita penyakit usus buntu umumnya tidak memperhatikan kesehatan dengan baik

Lebih dari 100.000 yang diduga mengidap perforated appendix tidak pernah melaporkan ke dokter

Tiga puluh persen dari keseluruhan pasien penyakit usus buntu adalah perforated appendix, dan lima persennya berpotensi tidak tertolong

Kemungkinan seorang anak berusia di bawah delapan tahun menderita penyakit usus buntu adalah dua kali dibanding anak berusia lebih dari delapan tahun.

Perempuan lebih besar kemungkinannya menderita penyakit usus buntu dibanding lelaki (lima puluh persen).
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails