Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Senam Untuk Mata Agar Mata Sehat !

Ketegangan pada otot mata, bisa terjadi setiap hari. Apalagi, jika Anda termasuk pekerja yang memandangi layar komputer selama berjam-jam. Untuk mengurangi ketegangan mata, Anda bisa melakukan senam mata. 

Mata terdiri dari dua otot, yaitu otot intrinsik dan otot ekstrinsik. Otot intrinsik, yang bertanggung jawab untuk dilatasi pupil dan perubahan ketegangan. Sementara, otot-otot ekstrinsik yang bertanggung jawab untuk pergerakan bola mata. 

Senam mata berikut berfungsi untuk menguatkan semua otot mata, termasuk mengurangi ketegangan. Ikuti saja empat gerakan mata, yang dilansir dari Healthmeup.com, agar mata Anda lebih sehat.

Rotasi
Gerakan ini untuk mendapatkan efek relaksasi pada mata. Duduk tegap, pandangan ke depan dan angkat sedikit dagu Anda. Tanpa menggerakkan kepala Anda, gerakan bola mata ke atas dengan sangat perlahan dalam tiga hitungan. Lalu, turunkan juga dalam tiga hitungan. Fokuskan lagi pandangan pada satu titik, lalu lihat perlahan-lahan gerakan mata ke arah kiri dan kanan, masing-masing tiga kali.

Pejam dan tahan

Pejamkan mata dan tahan seperti Anda sedang menahan perih, diamkan selama tiga detik lalu buka lebar-lebar. Berkediplah sebanyak lima kali. Latihan ini membantu otot mata untuk rileks dan meringankan kelelahan mata.

Tutup dengan tangan

Duduklah di lantai dengan lutut ditekuk dan agak dinaikkan. Gosokkan telapak tangan hingga terasa hangat. Lalu, tutup mata, tempatkan siku tangan pada lutut. Tempelkan telapak tangan pada mata. Biarkan kehangatan dari tangan menenangkan mata. Diamkan selama satu menit dan aturlah napas Anda.

Perhatikan objek secara perlahan
Anda bisa duduk atau berdiri di sudut ruangan. Lalu, secara perlahan perhatikan seluruh objek dalam ruangan, seperti melakukan scanning. Atur napas Anda saat melakukannya. Latihan ini membuat pergerakan mata Anda jadi lancar. Lakukan latihan ini selama dua menit dan ulangi dua sampai tiga kali dalam sehari.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails