Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat olahraga renang bagi kesehatan tidak hanya sebagai alat rekreasi semata, melainkan lebih dari itu olahraga renang ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Renang termasuk olahraga air yang tentunya membutuhkan air sebagai media untuk melakukan olahraga ini.


Banyak orang berpikir bahwa olah raga air hanya untuk sebatas rekreasi semata. Olah raga air memang untuk semua kalangan usia, anak-anak, dewasa serta lansia pun dapat mengerjakannya. Faedah olah raga air tidak kalah dengan manfaat olaharaga yang dilakukan di darat, baik untuk sekedar menjaga kesehatan semata maupun untuk pengobatan.

Air merupakan salah satu media yang amat bagus untuk terapi pengobatan, Anda juga dapat membaca post mengenai mengobati dengan air. Pengobatan penyakit berat atau ringan dapat dilakukan dengan air. Bukan sekedar itu saja, air juga adalah media ideal untuk cross training manfaat pencegahan penyakit-penyakit spesifik. 

Beberapa latihan fisik yang dilakukan didalam air, termasuk olahraga renang, dapat bermanfaat untuk memulihkan sendi atau alat gerak yang mengalami pembengkakan, dapat mengembalikan kemampuan otot, serta bisa menambah imunitas tubuh. Pasalnya daya apung pada air bisa membuat tubuh manusia jadi lebih mudah bergerak. 

Menurut peneletian, berenang memilik faedah besar untuk mereka yang suka melakukannya. Manfaat olahraga renang bagi kesehatan ibu hamil, misalnya, amat baik untuk melatih otot kaki serta tangan, sangat baik untuk kinerja jantung serta efektif untuk mengatasi berat badan pada ibu hamil yang kegemukan ( over weight ). So, manfaat olahraga bagi kecantikan juga bisa diperoleh dari olahraga renang.


Ibu Hamil Berenang (kompas.com)
Ibu hamil sangat dianjurkan untuk melakukan renang selama setengah jam dalam sehari, serta minum air putih sesudah 15 menit berenang supaya tidak kekurangan cairan. Gaya berenang yang baik untuk dilakukan ibu hamil yaitu gaya dada. Gaya dada untuk renang ibu hamil sangat baik dikarenakan lebih tenang serta tidak begitu menguras tenaga. Selain gaya dada, boleh juga melakukan gaya punggung dikarenakan gaya punggung bisa disinyalir dapat mengurangi efek terganggunya peredaran darah. 

Manfaat olahraga renang bagi kesehatan yang lainnya adalah dapat mereduksi stres, menambah kekuatan otak, dan tentu saja juga berkhasiat untuk menambah daya tahan tubuh. Olahraga renang yang dilakukan dapat meningkatkan kekuatan otak dan syaraf. Hal ini karena saat melakukan olahraga renang akan mengkonsumsi oksigen secara optimal.

Olahraga renang baik juga bagi Anda yang telah berusia lanjut, olahraga ini terhitung olah raga yang aman serta mudah untuk dilakukan. Untuk penjagaan kesehatan, olahraga renang dapat menurunkan kolesterol dan baik untuk kerja jantung. Demikianlah sekilas share mengenai manfaat olahraga renang bagi kesehatan.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails