Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Merawat Rambut Hitam Menawan Dengan Buah Kemiri

Perawatan Rambut Hitam Menawan Dengan Buah Kemiri

Selain bunga kembang sepatu, bahan lain yang bisa membuat rambut kita hitam berkilau adalah buah kemiri. Buah kemiri mengandung zat gizi dan non-gizi. Zat non-gizi dalam kemiri misalnya adalah saponin, flavonoida, dan polifenol. Banyak peneliti telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini memiliki arti besar bagi kesehatan. Kandungan zat gizi mikro yang terdapat dalam kemiri adalah protein, lemak, dan karbohidrat. Sedangkan mineral dominan yang terdapat dalam kemiri adalah kalium, fosfor, magnesium dan kalsium.

Kemiri juga mengandung zat besi, seng, tembaga dan selenium. Kandungan penting lainnya adalah vitamin, folat serta fitosterol yang dapat merusak enzim pembentuk kolesterol dalam hati sehingga dapat menghambat pembetnukan kolesterol. Kandungan senyawa flavonoida dalam buah kemiri dapat membuat rambut hitam berkilau.
Perawatan Rambut Hitam Menawan Dengan Buah Kemiri

Berikut adalah langkah – langkah mengolah kemiri menjadi ramuan penghitam rambut yang ampuh:
  • Ambil 6 buah biji kemiri
  • Bakar sekitar 30 menit atau sampai menghitam. Supaya biji kemiri mudah dibakar, tusukkan pada tusuk sate
  • Tumbuk halus dan tambahkan air secukupnya. Masaklah hingga mengeluarkan minyak
  • Oleskan minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga merata
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih
  • Lakukan secara teratur maksimal 3 kali seminggu
Tips Mencegah dan Mengurangi Rambut Berminyak

Kulit kepala setiap orang berbeda satu sama lainnya. Ada yang kering dan berminyak. Bagi yang memiliki kulit kepala berminyak tentunya akan sangat mengganggu sekali, karena cenderung menyebabkan ketombe, berkembangnya kuman dan gatal bila tak sering keramas. Kulit kepala yang berminyak dikarenakan oleh produksi minyak pada kalenjar sebacous yang berlebihan. Oleh karenanya, mungkin anda banyak mencari informasi mengenai produk yang dapat menghilangkan kulit kepala berminyak.

Kulit Kepala Berminyak. Mungkinkah Diatasi?

Kebanyakan produk shampoo untuk kulit kepala berminyak kerap menjadi pilihan bagi mereka. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kalenjar sebacous memproduksi minyak karena dipengaruhi oleh banyak faktor eksternal maupun internal, seperti iklim, faktor hormonal, kondisi emosional, aktifitas fisik dll. Bahkan kebiasaan yang terlalu sering menyisir rambut pun dapat menjadi salah satu penyebab. Pertanyaan berikutnya, dapatkah masalah ini diatasi?

Kondisi kulit kepala berminyak banyak dialami oleh masyarakat, terutama bagi yang kerap beraktivitas diluar ruangan. Anda perlu sering mencuci rambut anda dengan shampoo anti ketombe dan shampoo yang diformulasikan khusus untuk kulit kepala berminyak. Selain itu, penting untuk diperhatikan agar juga memperbaiki pola makan terutama makanan – makanan berminyak dan berlemak karena hal ini dapat memicu kalenjar sebacous menjadi lebih produktif. Banyak – banyaklah mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran segar juga porsi minum air putih minimal 8 gelas / hari.

Tips Mencuci Rambut Untuk Kulit Kepala Berminyak

Banyak sekali tips dan artikel yang menganjurkan agar kita membilas rambut dengan air hangat ketika sedang keramas atau creambath dsb. Perlu anda ketahui disini agar anda menghindari pembilasan rambut menggunakan air hangat jika kulit kepala anda cenderung berminyak. Hal ini dapat memicu kalenjar sebacous menjadi lebih aktif dan memproduksi minyak secara berlebih setelahnya.

Demikianlah beberapa tips dan informasi mengenai Perawatan Rambut Hitam Menawan Dengan Buah Kemiri dan Tips Mencegah dan Mengurangi Rambut Berminyak. Semoga bermanfaat
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails