Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BUAH NAGA MERAH UNTUK KESEHATAN MANUSIA

BUAH NAGA MERAH

Buah naga telah lama dikenal sebagai buah yang membawa berkah terutama bagi masyarakat Tionghoa. Di setiap acara kegaamaan atau hari perayaan, buah naga selalu hadir dan menjadi pelengkap sesaji persembahan. Buah naga dianggap sebagai unsur yang mencerminkan kehadiran naga, boleh jadi hal ini disebabkan oleh siisk kulit buahnya yang memang menyerupai penggambaran sisik naga. Tak hanya dari sudut pandang budaya, sesungguhnya "berkah" buah naga juga bisa diurai secara ilmiah. Sebab pada faktanya, buah ini memang memiliki beragam manfaat terutama bagi kesehatan manusia. Buah naga yang digolongkan ke dalam suku kaktus ini diketahui mengandung beragam senyawa aktif yang memiliki efek farmakologis pada tubuh manusia. Buah naga sendiri terdiri dari 4 genera, salah satunya adalah buah naga merah. Buah ini diketahui sangat baik untuk dikonsumsi bahkan sangan dianjurkan untuk ibu hamil. Tak percaya? Berikut uraian manfaat buah naga merah yang patut untuk Anda ketahui.


Senyawa Penyusun Buah Naga

Buah naga merah memiliki ciri-ciri fisik yang kurang lebih sama dengan buah naga varian lainnya. Pembedanya hanya terletak pada warna daging buahnya yang memang merah. Buah naga ini juga memiliki aroma Fruity ketimbang Sweety, seperti buah lainnya. Rasa buah naga ini kabarnya dominan manis ketimbang asam. Buah naga merah diketahui mengandung senyawa antara lain seperti gula sederhana, serat alami, betakaroten, kalsium, lemak, fosfor, protein, vitamin B1, B2 dan C, air dan masih banyak lagi lainnya. Kompleksnya kandungan buah naga merah ini berimbas pula pada manfaatnya yang juga beragam.

Penghilang Dahaga Sampai Penakluk Kanker

BUAH NAGA MERAH

Secara umum, manfaat utama buah naga adalah sebagai penghilang dahaga.Kandungan airnya sangat tinggi bahkan mencapai 90% dari berat total buah. Selain segar, buah naga juga bisa mengganjal perut sebab rasanya cukup manis, karena gula alami yang terkandung di dalamnya bisa mencapai 1318 Briks. Selain pelepas dahaga dan rasa lapar. Manfaat buah naga merah lainnya adalah sebagai penyeimbang kadar gula dalam darah, mencegah potensi kanker, menjaga kesahatan mulut, mengurangi kolesterol jahat, mencegah terjadinya pendarahan bahkan sebagai penghalau keputihan pada wanita.

Kandungan serat pada buah naga merah yang cukup tinggi juga sangat bermanfaat. Fiber sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan dan mencegah penyakit antara lain serangan jantung, stroke, serta penyakit kardiovaskular lainnya. Sementara itu, kandungan betakarotennya yang tinggi juga mampu mengaktifkan kinerja Vitamin A sehingga bisa memperbaiki kualitas penglihatan, reproduksi serta metabolisme tubuh.

Manfaat buah naga merah ini bisa diperoleh jika kita mengkonsumsinya secara teratur. Pada dasarnya, buah naga bisa langsung dinikmati dalam keadaan segar. Namun, tak sedikit pula yang memilih untuk mengolah buah tersebut sebelum menyantapnya. Buah naga bisa dihaluskan bersama buah lain dan dinikmati sebagai jus. Sangat dianjurkan tidak menambahkan gula yang penuh dengan kalori sebab akan merusak fungsi penakluk diabetesnya. Ingin sehat? Konsumsi buah naga merah mulai dari sekarang. Selamat berburu buah!
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails