Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KHASIAT MANFAAT BUAH NAGA UNTUK IBU HAMIL



Buah naga, atau yang juga dikenal dengan nama Dragon Fruit, merupakan buah istimewa yang disinyalir berasal dari kawasan Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Di Asia sendiri, buah naga telah lama dikenal oleh masyarakat Tionghoa sebagai salah satu buah persembahan di acara keagamaan. Warna kulit buah yang satu ini memang cerah dan menarik sehingga pas untuk menyemarakkan suasana. Selain cantik, buah naga juga dikenal karena rasanya yang nikmat dan segar. Tak hanya itu, buah yang dalam bahasa Vietnam dikenal dengan nama Thanh Long ini, juga menyimpan sejuta khasiat terutama untuk ibu hamil. Berdasarkan penelitian, buah naga memang mengandung beragam senyawa aktif yang baik jika dikonsumsi. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil.


Membantu Pembentukan Darah Merah

Dalam setiap 100 gram buah naga segar terdapat sejumlah 0,55 Fe atau Zat Besi. Dengan demikian, buah ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan terhadap zat besi. Seperti diketahui, wanita yang sedang mengandung sangat rentan pada anemia. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga, penyakit tersebut bisa ditanggulangi. Buah naga juga mengandung senyawa karbohidrat Folates yang berdasarkan penelitian, ternyata sangat dibutuhkan ibu hamil. Folates ini berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Jika wanita hamil kekurangan karbohidrat folates, kemungkinan besar bayi yang dikandungnya akan mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube Deffect dan juga cacat sistem saraf otak.

Kandungan buah naga tak hanya Zat Besi dan karbohidrat folates. Masih ada banyak senyawa lain yang bisa didapatkan dari buah berwarnah cerah ini, antara lain Vitamin C, fitokimia, protein, potasium, serat, karnohidrat dan masih banyak lagi lainnya. Dengan demikian, manfaat buah naga untuk ibu hamil tentu sebagai penyumbang nutrisi kompleks yang baik bagi ibu dan janin. Istimewanya lagi, buah naga juga ternyata mengandung Vitamin B1 yang sangat baik bagi pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein, dan membantu pembakaran karbohidrat menjadi energi.

Cara Mengkonsumsi



Mengingat manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat penting, maka konsumsi harian buah ini tentu dianjurkan. Agar tidak bosan, variatiflah dalam hal penyajian. Pada dasarnya, buah naga bisa dimakan secara langsung setelah buahnya dikupas. Tetapi agar lebih nikmat, Anda bisa meraciknya menjadi jusdengan menambahkan susu rendah lemak. Buah naga juga bisa dijadikan tambahan salad buah yang nikmat. Jika Anda suka, buah naga juga bisa dibuat milkshake dengan menambahkan buah lainnya seperti mangga dan apple.

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails