Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya

EKSEM PADA ANAK DAN CARA MENGATASINYA


EKSEM PADA ANAK DAN CARA MENGATASINYA

Eksem (dermatitis atopik) ditunjukan dengan kulit kering dan gatal dan biasanya menurun di dalam keluarga. Keadaan memburuk ketika terjadi pada bayi dan anak-anak. Ruam kulit ini paling sering timbul antara usia 2 bulan hingga 2 tahun. Eksem biasanya muncul di kening, pipi atau kulit kepala bayi, meskipun dapat menyebar ke lengan, kaki, dada dan bagian tubuh lainnya. Ruam bayi Anda mungkin kelihatan kering, menebal, bersisik, atau mungkin berupa tonjolan merah kecil yang dapat melepuh, mengeluarkan cairan, atau menjadi infeksi jika digaruk. Dan karena ini sangat gatal, menggaruk dapat menimbulkan masalah. Eksem akan sembuh ketika anak beranjak besar.

Gejala

Kulit merah dan kering di pipi, belakang telinga, pada lipatan siku sebelah dalam, dan lipatan lutut.

Pada kulit terasa ada tonjolan.

Kulit mungkin mengeluarkan cairan dan mengerak.

Penanganan yang dapat dilakukan

Jangan lakukan sesuatu yang membuat kulit menjadi kering, seperti memandikan anak dengan air hangat dalam waktu yang cukup lama. Mandikan anak sebentar saja dengan air dingin tidak lebih dari 5 menit. Sabun dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gunakan sedikit saja dan pilih sabun yang ringan.

Tepuk-tepuk kulit yang kering setelah mandi, jangan digosok dengan handuk.

Oleskan Crisco ketika kulit masih lembab, lakukan 3-4 kali sehari.

Jangan menyentuh atau mendekati sesuatu yang menyebabkan gatal menjadi semakin parah. Kenakan pakaian lembut berbahan katun, jangan kenakan pakaian berbahan wol atau pakaian ketat seperti spandek.

Serbuk sari, debu tungau dan bulu binatang dapat memicu atau memperburuk eksem. Anda mungkin dapat berkonsultasi dengan ahli alergi, yang dapat memberikan kiat menurunkan alergen di rumah. Kiat ini termasuk cara menyedot dan membersihkan debu yang lebih efisien, menggunakan penyaring udara dan kemungkinan menyingkirkan karpet dan mebel dengan bantalan.

Jaga agar anak Anda tidak menggaruk, rawat kuku agar tetap pendek dan bersih.

Jiko dokter merekomendasikan obet berbentuk krim, gunakan sesuai perintah dokter, dan jangan hentikan penggunaan minyak bayi.

Berikan Benadryl di malam hari untuk menghentikan rasa gatal. Baca petunjuk pemakaian untuk mengetahui dosis yang tepat.

Segera hubungi dokter jika:

1. Ruam di kulit menunjukan tanda-tanda infeksi seperti kulit kemerahan, nanah yang keluar dari dalam kulit, dan rasa panas.
2. Anak mengalami demam.
3. Anak tidak dapat tidur karena rasa gatal.
4. Anak tampak sakit.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails