Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KANDUNGAN BUAH MANGGA YANG KAYA MANFAAT

Khasiat buah pisang untuk kesehatan, kali ini akan dibahas buah yang tidak kalah enak yaitu buah Mangga (Mangifera indica) adalah buah musiman yang terutama tersedia selama musim panas, biasanya dari akhir Maret sampai awal September. Buah tropis yang dikenal sebagai "raja buah" di India ini diyakini berasal dari sub-Himalaya, dataran benua India dan sekarang tersebar luas di seluruh dunia.


Ada ratusan jenis mangga di seluruh dunia dengan berbagai macam warna mulai dari warna hijau, kuning, oranye, merah, atau kombinasi. Meskipun mangga mentah biasanya berwarna hijau, tapi pewarnaan tidak selalu merupakan indikator buah tersebut matang. Apabila buah tersebut sudah lembut tentunya sudah matang.

Buah Mangga adalah salah satu buah yang paling populer di dunia karena rasa yang unik dan nilai gizi yang sangat baik. Rasa buah ini digambarkan sebagai campuran eksotis rasa peach dan nanas, campuran sempurna manis dan asam. Buah mangga matang biasanya manis, dan mangga mentah adalah asam. Buah Mangga, baik matang dan mentah dapat dimakan.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Selain rasa yang menyenangkan, mangga juga merupakan salah satu buah yang paling bergizi. Satu cangkir mangga mengandung vitamin C hampir 25% dari asupan harian yang direkomendasikan, dua pertiga dari makanan harian untuk vitamin A, dan jumlah yang baik dari vitamin B6, vitamin E, pektin, fosfor, kalium, dan magnesium.

Selain itu, mangga juga kaya pythochemicals, seperti astragalin, betakaroten, dan quercetin, yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Berikut adalah manfaat utama buah mangga bagi kesehatan.
Mencegah Kanker

Senyawa fenolik yang ditemukan di mangga, seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, dan methylgallat, telah terbukti memiliki anti-oksidan dan sifat anti-kanker. Buah Mangga juga tinggi pektin. Penelitian telah menunjukkan bahwa pektin memiliki efek perlindungan terhadap kanker pada saluran pencernaan.

Membantu dalam Pencernaan

Buah Mangga sangat membantu dalam mengobati masalah pencernaan. Buah Mangga mengandung enzim pencernaan yang membantu memecah protein untuk memfasilitasi penyerapan dalam tubuh, sehingga meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam mangga juga membantu dalam pencernaan.

Mencegah Penyakit Jantung

Buah Mangga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin E, dan Selenium yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Buah Mangga juga kaya akan vitamin B6 yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar homocysteine​​ (Homosistein adalah asam amino dalam darah yang merusak lapisan pembuluh darah).

Menurunkan Tekanan Darah

Karena Buah Mangga tinggi kalium, mungkin membantu dalam mengatur tingkat tekanan darah. Oleh karena itu, makan mangga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Kolesterol LDL


Tingginya tingkat pektin dan Vitamin C dalam buah mangga telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL kolesterol (jahat).

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah Mangga mengandung vitamin A, anti-oksidan kuat yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan mata dan melindungi terhadap usia degenerasi makula terkait.

Meningkatkan Memori

Buah Mangga mengandung asam Glutamin yang dikenal untuk meningkatkan memori dan menjaga sel-sel otak yang aktif.

Mengurangi Risiko Diabetes


Daun mangga telah terbukti mampu menormalkan kadar insulin dalam darah. Rebus sekitar 15 daun mangga segar dalam air. Biarkan semalam, kemudian mengkonsumsi ramuan yang telah disaring di pagi hari berikutnya. Ini akan membantu mengurangi kadar gula darah.

Bermanfaat untuk Kulit


Mengandung kaya vitamin A, buah mangga sangat bermanfaat bagi kulit. Ini membantu merangsang sirkulasi darah di selaput lendir dan kulit, sehingga sangat membantu untuk menghilangkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Mengobati Anemia

Buah Mangga juga mengandung zat besi yang penting dalam pengobatan anemia, khususnya defisiensi zat besi anemia. Vitamin C dalam mangga meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga bermanfaat bagi wanita hamil dan individu yang menderita anemia.

Ketika membeli buah mangga, pilihlah yang memiliki tekanan yang lembut tanpa bintik-bintik gelap atau cacat.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails