Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Tanda Diabetes Dilihat Dari Mulut



Diabetes merupakan penyakit di mana tubuh tidak dapat mengatur kadar gula dalam darah, sehingga kandungan gula dalam darah terlalu tinggi. Diabetes mempengaruhi cara tubuh menangani karbohidrat, protein dan lemak. Diabetes bisa mengakibatkan dampak yang serius bagi kesehatan bila tidak diobati. Kadar gula darah diatur oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas.

Tanpa disadari penyakit diabetes bisa menimbulkan komplikasi di seluruh organ tubuh. Agar tidak terlambat mengatasinya, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke ahli medis. Atau Anda juga bisa mengamati tanda-tanda diabetes melalui bagian tubuh lainnya seperti mulut.


Kondisi kesehatan mulut yang buruk bisa jadi menandakan bahwa Anda menderita penyakit diabetes.

Berikut ini tanda-tanda yang nampak di mulut akibat peningkatan kadar glukosa dalam tubuh :

1. Kerusakan gigi

Selain kurang menjaga kebersihan gigi, kadar glukosa yang meningkat juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Bakteri dalam mulut dapat cepat berinteraksi dengan makanan manis yang di konsumsi. Akibatnya, terbentuklah plak gigi.

2. Pembusukan gigi

Penyakit diabetes mengakibatkan menurunnya sistem imun tubuh sehingga tubuh menjadi kesulitan melawan bakteri. Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya peradangan dan pembusukan gusi.

3. Mulut kering

Tanda oral diabetes lainnya adalah mulut kering yang disebabkan kurangnya produksi air liur oleh kelenjar air liur. Akibatnya, bisa muncul masalah seperti nyeri, sariawan, kerusakan gigi, dan infeksi.

4. Infeksi jamur

Air liur yang mengandung kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan jamur tumbuh subur. Akibatnya, dapat menimbulkan terjadinya infeksi dan berkembang menjadi luka
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda Diabetes Dilihat Dari Mulut"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner