Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

ANEKA JENIS SAYURAN UNTUK ASAM URAT

mypotik-ANEKA JENIS SAYURAN UNTUK ASAM URAT
Asam urat merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan peradangan, pembengkakan serta rasa nyeri yang terjadi pada persendian. Ketiga hal tersebut diakibatkan oleh menumpuknya zat purin yang tidak bisa diproses oleh ginjal pada persendian tubuh. 

Zat purin adalah zat yang paling bertanggung jawab terhadap timbulnya penyakit asam urat pada diri seseorang. Semua jenis makanan baik yang berasal dari hewan maupun yang berasal dari tumbuhan memiliki zat purin ini.

Namun jenis sayuran untuk asam urat adalah jenis sayuran yang tidak terlalu banyak mengandung zat purin dan sebaliknya jenis sayuran yang memiliki kandungan zat purin cukup tinggi harus dihindari oleh mereka yang menderita penyakit asam urat, atau oleh mereka yang tidak ingin terkena penyakit asam urat, sebelum Anda melakukan pengobatan dengan obat herbal.

Jenis sayuran yang berwarna hijau umumnya adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan zat purin cukup tinggi sehingga harus dihindari agar tidak terkena penyakit asam urat atau asam urat yang sudah diderita tidak semakin parah.

Adapun jenis sayuran untuk asam urat adalah jenis sayuran yang mengandung kadar potassium tinggi. Potassium adalah istilah dalam bahasa inggris untuk zat yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama kalium. 

Kalium adalah suatu unsur kimia berbentuk logam lunak dan berwarna putih keperakan yang termasuk golongan alkali tanah. 

Secara alami, kalium dapat ditemukan membentuk sebuah senyawa dengan unsur lain dalam air laut atau mineral lainnya. 

Kalium dapat teroksidasi dengan sangat cepat oleh udara, dan sangat reaktif terutama dalam air, secara kimiawi kalium memiliki sifat yang mirip dengan natrium. 

Jenis sayuran untuk asam urat yang mengandung kadar potassium atau kalium cukup tinggi adalah kentang, labu kuning, belimbing wuluh, sawi putih, sawi hijau, tomat, dan serai. 

Sementara itu jenis sayuran yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat adalah bayam, jamur, asparagus, daun singkong, daun papaya, kembang kol, dan melinjo (tangkil) termasuk daunnya. 

Jika ada sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat dan ada sayuran yang harus dihindari, maka ada juga jenis sayuran yang netral atau boleh dikonsumsi tapi dalam jumlah yang terbatas, jenis sayuran tersebut adalah kacang kedelai dan makanan turunannya seperti tahu, tempe, tauco, dan lain lain. 

Kadar asam urat normal pada wanita dan pria tidak sama. Kadar asam urat normal pada wanita adalah antara 2,6 hingga 6 mg/dl dan kadar asam urat yang normal pada pria adalah antara 3,5 hingga 7 mg/dl.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails