Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Benarkah Ingus Berbau Tanda Infeksi Sinusitis


Dalam satu konsultasi, seorang ibu rumahtangga mengeluhkan pilek yang dialaminya. Lendir atau ingus yang keluar dari hidungnya berwarna hijau dan bau. Gejala penyakit apakah ini?

Dr. Yoshika Kurniasari, Dokter Umum dan Jamsostek Klinik Keluarga Antasari Bandar Lampung menjelaskan, pilek termasuk gejala penyakit yang umum diderita di masa pancaroba seperti sekarang. Namun, jika hidung Anda menghasilkan banyak lendir dan gejalanya tidak hilang dalam seminggu, besar kemungkinannya itu infeksi sinus.

Menurutnya, sinusitis terjadi jika salah satu atau beberapa lapisan sinus terinfeksi. Infeksi dapat disebabkan virus, bakteri, maupun jamur.

Tanda-tanda keluarnya lendir dari hidung bukan sekadar pilek, seperti Rasa nyeri dan tertekan di wajah, Keluar ingus kental, Hidung bengkak, Bau mulut, Batuk berdahak, Demam, Indera penciuman tak bekerja, dan Mata berair.

Cara pencegahannya dengan menjaga kekebalan tubuh dan membiasakan hidup bersih. Sering-sering mencuci tangan dengan sabun juga dianjurkan.

Disarankan juga untuk beristirahat di rumah sampai penyakitnya sembuh, selain mempercepat penyembuhan, istirahat di rumah juga agar tidak menularkan penyakitnya pada orang lain.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails