Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYAKIT ORGAN GINJAL DAN JENISNYA


Memiliki tubuh yang sehat merupakan impian semua orang. Untuk itulah, Perlunya langkah nyata yang harus kita lakukan agar derajat kesehatan tersebut dapat kita miliki. Salah satunya menjaga kesehatan semua organ tubuh yang kita miliki. Organ ginjal merupakan salah satu organ yang sangat vital yang dimiliki oleh tubuh kita. Namun berbagai penyakit dapat menganggu fungsi ginjal tersebut. Lalu, penyakit apa saja yang dapat menyerang organ ginjal tersebut...???

Sebagian besar dari kita tentu mengetahui betapa pentingnya fungsi organ ginjal tersebut. Namun pada kenyataanya kita seperti selalu mengabaikan untuk menjaga kesehatan organ ginjal tersebut. Begitu penyakit ginjal sudah menyerang, maka kita seakan baru menghargai menjaga salah satu organ pada tubuh kersebut. Sebenarnya berbagai penyakit dapat menganggu fungsi ginjal. Tips kesehatan kali ini akan mengetengahkan sebuah artikel tentang berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang organ ginjal anda. Tips kesehatan, inilah 5 jenis penyakit yang dapat menyerang organ ginjal tersebut :
  • Pertama yaitu batu ginjal. Mungkin kata batu ginjal sudah sangat familiar di telinga kita. Batu ginjal di sebabkan karena terkumpulnya mineral dan benda-benda organik pada organ ginjal tersebut. Batu ginjal yang berukuran kecil dapat keluar dari badan dengan sendirinya. Namun batu ginjal yang berukuran lebih besar dapat di atasi dengan cara pembedahan. Beberapa hal dapat memperparah batu ginjal tersebut seperti berkurangnya volume cairan dan bertumpuknya mineral. Sehingga membuat terganggunya keseimbangan yang sempurna antara cairan dan larutan yang ada dalam organ ginjal tersebut.
  • Kedua yaitu gagal ginjal. Anda mungkin juga sangat tidak asing lagi dengan gangguan pada organ ginjal tersebut. Gagal ginjal akan mengakibatkan hilangnya sebagian dan bahkan keseluruhan fungsi organ ginjal pada tubuh kita.Gagal ginjal tersebut terjadi karena rusaknya tubulus di dalam organ ginjal karena obat-obatan atau larutan organik seperti karbon tetraklorida, aseton serta etilen glikol, dan bersingungan dengan senyawa logam seperti merkuri, timah serta uranium. Gagal ginjal ini juga disebabkan karena penyaket diaabetes yang dapat merusak medula atau bagian dalam ginjal serta karena kelebihan garam kalsium yang berada pada organ ginjal tersebut.
  • Ketiga yaitu Pyelonephrits merupakan infeksi dan peradangan jaringan pada organ ginjal dan renal pelvis ( yaitu ruang yang terbentuk dari perluasan ujung atas dari ureter tubulus yang mana menyalurkan urin ke kandung kemih). Pyelonephritis ini biasanya disebabkan karena bakteri dan merupakan salah satu kelainan pada organ ginjal yang paling sering terjadi dan juga merupakan salah satu kelainana ginjal yang dapat menjadi kronis serta akut.
  • Keempat yaitu Glomerulonephritis merupakan salah satu penyakit pada organ ginjal yang sering terjadi pula. Penyakit tersebut di akibatkan karena sistem imun tubuh yang kita miliki lumpuh. Gejala penyakit pada ginjal tersebut yaitu adanya darah dalam urine kita, pembengkakan pada jaringan tubuh serta adanya kandungan protein dalam urine yang mana di sebabkan karena bakteri streptococcal. Pada banyak kasus, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa pengobatan.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails