Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

Mata merupakan jendela hati bagi setiap orang, lantas bagaimana anda memperlakukan mata dalam kehidupan sehari-hari selama ini ??

Bekerja lama di depan komputer, menonton televisi dirumah, beberapa kebiasaan buruk sering muncul dalam dua kegiatan tersebut tanpa kita sadari. Melihat dengan jarak yang sangat dekat juga mengucek mata karena merasa kelelahan.

Walaupun sepele, namun kebiasaan tersebut mempengaruhi kesehatan mata. Padahal memelihara mata merupakan investasi penting dalam kelangsungan hidup. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata 





Lakukan senam mata

Caranya yaitu buka mata lebar -lebar kedua mata anda, putar mata arah ke kanan sebanyak 7 kali , lalu putar ke kiri sebanyak 7 kali. Jangan lupa putar keduamata anda ke atas lalu ke bawah secara cepat sebanyak 7 kali. Terakhir, gabungkan semua pola pemutaran kedua mata anda secara cepat dan tepat sehingga saraf di mata anda berkontraksi secara maksimal. 

Asupan gizi
Mengonsumsi ikan minimal dua kali seminggu adalah cara mudah menjaga kesehatan mata , menghindari dehidrasi dan penglihatan lebih tajam. Manfaat ini diberikan oleh asam lemak omega-3, lutein, dan zeaxanthin yang dibutuhkan mata. Jangan lupa mengkonsumsi vitamin A yang baik untuk mata anda.

Mengedip

Mengedipkan mata adalah olahraga ringan untuk mengendurkan saraf mata. Selain itu juga menjaga mata tetap bersih, menghilangkan debu serta kotoran yang menempel. Sebuah studi menyarankan untuk melakukan latihan mengedipkan mata selama tiga kali dalam empat detik. Terutama bagi Anda yang banyak bekerja di depan komputer.

Relaksasi
Kamu dapat menggosokkan kedua telapak tangan untuk menciptakan efek hangat, kemudian meletakkannya pada mata sambil menggosoknya perlahan. Metode ini membantu relaksasi mata dan menghindari noda debu pada mata. Tapi, jangan terlalu kuat menggosoknya bisa menyebabkan iritasi mata terhadap benda asing.

Sinar Matahari
Sinar matahari tidak hanya dibutuhkan tulang, tapi juga mata. Sinar tersebut membantu meningkatkan kesehatan mata dan pupil dengan meregangkan otot-otot mata yang tegang selama 1 menit.

Pijat kepala
Memijat kepala sekali seminggu dengan minyak esensial dapat meningkatkan gelombang beta di otak bagian depan. Ini juga membantu penglihatan jadi lebih fokus.

Istirahat yang cukup
Sama juga tubuh kita, mata sangat perlu di istirahatkan. Istirahat yang cukup dapat membuat penglihatan kita lebih jernih daripada orang yang jarang istirahat sama sekali.

loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails