Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENYEBAB UTAMA BERAT BADAN NAIK

PENYEBAB UTAMA BERAT BADAN NAIK

TERDAPAT beberapa alasan yang memicu kenaikan berat badan seseorang dewasa ini, entah dari gaya hidup, pola makan junk foodyang berlebihan, kurang aktivitas fisik, pola tidur tak teratur dan lain lain. Tim Crowe seorang ahli Nutrisi Akademik dari Deakin University dan penulis lepas di Thinking Nutrition, mempersempitnya jadi penyebab nomor satu kenaikan berat badan seseorang. 
Tim mengatakan, penyebab nomor satu kenaikan berat badan seseorang tak lain dari minuman manis. Alasan pernyataan ini adalah bukti studi yang menunjukkan hubungan antara minuman manis dan kenaikanan berat badan. Menurut sebuah studi yang komprehensif, minuman manis adalah penyebab terbesar seseorang mengalami kenaikan berat badan. Demikian seperti dilansir Healthmeup.

Lebih dalam, mengonsumsi minuman yang kaya kandungan gula bisa memiliki efek buruk pada berat badan. Penyebab terbesar adalah banyaknya isi gula dalam bentuk cair. Tim menjelaskan bahwa kenaikan berat badan tak sehat ini karena 'dalam bentuk cair' itulah yang membuat seseorang jadi merasa kurang kenyang dibandingkan mengonsumsi makanan padat lainnya. Oleh karenanya, seseorang akan cenderung untuk mengonsumsi lebih banyak minuman tersebut untuk memenuhi rasa lapar yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Tim juga menuturkan sebuah studi observasi yang luar biasa, dimana bisa membantu untuk menunjukan bukti kuat hubungan antara minuman manis dan berat badan. Menurut sebuah analisis penelitian yang melibatkan lebih dari 200.000 orang dewasa dan anak-anak, terdiri dari 22 studi observasional, serta 10 percobaan acak terkontrol. Peneliti menyimpulkan, setiap orang mengonsumsi minuman gula sebanyak 340 mL perhari, dan 0.06 kilogram tambahan untuk indeks massa tubuh anak-anak dan antara 0.12 sampai 0.22 kilogram untuk lingkar pinggang dewasa saat dikonsumsi lebih dari setahun.

Berbagai penelitian yang dilakukan dengan anak-anak dan orang dewasa, menyatakan bahwa berat badan benar-benar turun ketika minuman manis mereka kurangi.

Namun demikian, bukan berarti seseorang serta merta tak boleh mengonsumsi minuman manis. Kuncinya adalah tak berlebihan saat meminumnya. Bila Anda ingin menjaga berat badan, mengurangi konsumsi adalah cara terbaik untuk mencegah obesitas.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails