Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS PEMULIHAN IBU PASCA MELAHIRKAN


Tip Agar Cepat Sehat Ibu Setelah Melahirkan. Setelah proses melahirkan yang sangat melelahkan, para ibu baru kini memasuki fase baru dalam hidupnya. Dalam fase ini, khususnya bagi ibu menyusui, diperlukan pengetahuan tentang bagaimana pola makan yang benar agar baik ibu maupun bayi tetap sehat. 

Beberapa ahli menyarankan para ibu pasca melahirkan untuk lebih memilih makanan yang mudah dicerna dan sering melakukan pijat dengan minyak esensial, seperti dilansir Times of India, Kamis (1/8/2013).

"Setelah melahirkan, tubuh dan sistem pencernaan akan melemah karena adanya ketidakseimbangan. Selain itu, kondisi ini juga diperparah dengan kurang tidur dan pola makan tidak menentu. Untuk itulah diperlukan asupan energi yang cukup untuk menyeimbangkan tubuh kembali," papar Anjum Anand, seorang penulis acara TV.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengembalikan energi ibu pasca melahirkan :

1. Melakukan pijat secara rutin

Melakukan pijat menggunakan minyak setiap hari secara rutin sangat baik untuk ibu dan bayi. Tak hanya baik untuk kulit, tetapi juga dapat menyeimbangakan energi ibu dan memperkuat bayi.

2. Pilih menu yang tepat

Cobalah untuk memilih makanan yang bertekstur ringan dan mudah dicerna seperti sup, semur, bubur, dan nasi. Apa yang ibu makan saat menyusui juga akan dicerna oleh bayi, sehingga ada baiknya dijaga tetap ringan.

3. Minum banyak air putih

Ibu pasca melahirkan juga baiknya banyak minum air putih. Selain itu, cobalah mengonsumsi air yang dicampur dengan biji adas. Cara membuatnya, rebus lebih kurang dua liter air dengan sendok makan biji adas di pagi hari, biarkan hingga dingin. Saring ke dalam botol dan minum sepanjang hari. Biji adas dikenal untuk membantu produksi ASI.

4. Cukup istirahat

Istirahat dianggap sangat penting bagi ibu pasca melahirkan. Secara tradisional, tubuh dianggap membutuhkan waktu sekitar 40 hari untuk benar-benar pulih dari kondisi pasca melahirkan.

5. Pilih produk olahan susu

Produk olahan susu akan membantu produksi ASI dan menyeimbangkan kondisi tubuh.

6. Tambahkan kunyit dan jahe
Coba tambahkan kunyit di dalam beberapa menu makanan Anda, sebab kunyit diyakini akan membantu proses penyembuhan. Sedangkan jahe dianggap sangat baik untuk memberikan tenaga pada tubuh. Cobalah untuk mencampur jahe ke dalam sup atau teh Anda.

7. Hindari makanan pedas

Setelah proses melahirkan, ada baiknya untuk menghindari makan makanan yang terlalu pedas. Terutama jika Anda sedang menyusui.

8. Konsumsi kacang dan buah kering

Kacang sangat baik untuk memberi tambahan energi pada tubuh. Sedangkan buah-buahan kering mengandung zat besi yang baik untuk produksi ASI.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails