Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

ANEKA JENIS ALAT KONTRASEPSI


Kontrasepsi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mewakili semua tindakan atau usaha untuk mencegah terjadinya kehamilan. Di negara-negara dengan tingkat kelahiran yang tinggi kontrasepsi diartikan sebagai sebuah tindakan untuk mengendalikan kelahiran.


Saat ini ada banyak metode dan jenis kontrasepsi, ada yang diperuntukkan bagi pria dan ada juga khusus wanita. Beberapa metode kontrasepsi bersifat permanen dan jenis yang lain sifatnya sementara.

Secara umum metode kontrasepsi terbagi atas dua jenis yaitu barrier (pembatas/penghalang) dan hormon. Terdapat juga beberapa jenis kontrasepsi yang lain yaitu sterilisasi, KB alami dan abstinence.

Sebelum anda menggunakan salah satu metode kotrasepsi yang ada, sangat penting untuk mengetahui perbedaan-perbedaan alat kontrasepsi tersebut dan memilih yang terbaik dan cocok bagi anda. Perlu juga diketahui bahwa sebagian besar metode pengendali kelahiran bekerja efektif mencegah terjadinya kehamilan tapi tidak dapat mencegah terjadinya penularan Penyakit Menular Seksual (PMS). Anda juga harus memahami bahwa semua metode kontrasepsi tersebut memiliki tingkat kegagalan yang bervariasi. Jika mengalami gejala kehamilan, segera lakukan tes kehamilan.

Berikut ini adalah deskripsi singkat dari masing-masing jenis kontrasepsi.

1. METODE KONTRASEPSI ABSTINENCE (BERPANTANG SEKS)

  • Abstinence artinya menahan diri secara sukarela dari aktifitas seks.
  • Metode ini 100% efektif dalam pencegahan kehamilan dan penularan penyakit seksual.

2. METODE KONTRASEPSI KELUARGA BERENCANA (KB) ALAMI

  • KB Alami tidak bergantung pada alat atau pengobatan tertentu untuk mencegah kehamilan.
  • KB Alami menggunakan fungsi tubuh secara alami dan siklus menstruasi untuk menghitung tanggal ovulasi. Hal yang paling umum dari KB Alami adalah pencatatan suhuh tubuh dan perubahan lendir serviks.
  • Menggunakan metode Abstinence (tidak berhubungan seks) sekitar 7 sampai 10 hari yaitu saat periode ovulasi terjadi. Selama periode tersebut, jika ingin melakukan seks, pasangan biasa menggunakan metode Barrier (penghalang) atau Withdraw (menarik penis keluar saat ejakulasi).

3. METODE BARRIER (MENGGUNAKAN ALAT)

Metode kontrasepsi ini menggunakan alat bantu untuk menciptakan hambatan agar sperma tidak membuahi sel telur. Jenis hambatan bisa berbentuk fisik ataupun kimia yang dirancang untuk menghentikan sperma memasuki rahim wanita.
Metode barrier terdiri atas beberapa jenis kontrasepsi berbentuk alat, yaitu:

Kondom (Pria)

  • Kondom berbentuk tabung dan terbuat dari bahan yang sangat tipis (lateks) yang membungkus penis saat ereksi ketika berhubungan seks dengan pasangan.
  • Kondom adalah jenis kontrasepsi yang paling umum digunakan.

Female Condom

  • Kondom perempuan adalah jenis kontrasepsi dengan fungsi mirip kondom pada pria, berbentuk kantong sekitar 7 inchi dan memiliki dua cincin yang fleksibel di masing-masing ujungnya.
  • Kondom perempuan di pasang ke vagina sebelum hubungan seks dilakukan.
  • Kondom perempuan akan menutup/melindungi daerah leher rahim, saluran vagina dan daerah-daerah lainnya disekitar vagina.

Spermisida

  • Spermisida adalah jenis kontrasepsi yang terbuat dari bahan kimia yang dirancang untuk membunuh sperma.
  • Bentuk spermisida bermacam-macam, ada yang berbentuk busa, jeli, tablet berbusa dan supositoria vagina.

Diafragma

  • Diafragma adalah kubah karet lunak membentang di atas sebuah cincin fleksibel, kubah diisi dengan krim atau jeli spermisida.
  • Diafragma dimasukkan ke dalam vagina dan ditempatkan di atas leher rahim tidak lebih dari 3 jam sebelum berhubungan seksual.

Cap serviks

  • Tutup serviks adalah secangkir kecil yang terbuat dari karet lateks atau plastik.
  • Tutup serviks diisi dengan krim atau jeli spermisida dan dimasukkan ke dalam vagina dan ditempatkan di atas leher rahim.

Kontrasepsi Sponge

  • Spons adalah jenis kontrasepsi berbentuk piring yang terbuat dari busa poliuretan.

4. METODE HORMONAL


Metode hormonal terdiri atas beberapa jenis kontrasepsi yang berbentuk pil, patch, cincin, implan ataupun obat-obatan yang dapat memproduksi hormon estrogen dan atau progesteron. Metode hormonal bekerja dengan cara sebagai berikut:
  1. Mencegah indung telur melepaskan telur setiap bulannya,
  2. Mempertebal lendir di leher rahim sehingga menyulitkan sperma untuk mencapai atau menembus sel telur,
  3. Penipisan lapisan rahim yang mengurangi kemungkinan telur dibuahi.
Kontrasepsi jenis hormonal tidak dapat melindungi dari terjadinya penularan penyakit seksual. Berikut ini beberapa jenis alat kontrasepsi dengan metode hormonal.

Pil

  • Pil KB adalah jenis kontrasepsi yang diminum setiap hari seperti yang ditentukan oleh petugas KB

Depo Provera

  • Depo provera adalah suntikan yang diberikan oleh petugas KB untuk mencegah kehamilan selama tiga bulan berjalan.

Lunelle

  • Lunelle adalah kontrasepsi jenis suntikan yang diberikan petugas KB untuk mencegah kehamilan selama satu bulan.

Nuva Ring / Cincin

  • Nuva ring merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang berbentuk cincin fleksibel yang dimasukkan ke dalam vagina selama tiga minggu, dilepas selama satu minggu, kemudian diganti dengan yang baru.
  • Nuva ring akan memproduksi hormon estrogen dan progesteron ke dalam tubuh.

Ortho Evra patch

  • Sebuah patch akan di tempelkan langsung pada kulit untuk membangun hormon pada sisi yang bersentuhan dengan kulit.
  • Setiap minggu selama tiga minggu pertama patch di tempatkan di pinggul, bokong dan daerah lengan atas.
  • Minggu ke empat lepaskan patch untuk memungkinkan periode menstruasi terjadi.

Intrauterine Device (IUD)

  • IUD adalah jenis kontrasepsi berbentuk perangkat plastik kecil berisi tembaga atau hormon dan dimasukkan ke dalam rahim oleh seorang ahli medis.
  • IUD tidak menghentikan sperma memasuki rahim tapi mengubah lendir serviks sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya fertilisasi.

5. METODE WITHDRAW DAN STERILISASI

Metode kontrasepsi withdraw/penarikan dan sterilisasi dapat mencegah kehamilan tapi tidak mencegah penularan penyakit seksual.

Withdraw

  • Termasuk jenis kontrasepsi alami dimana penis ditarik dari vagina sesaat sebelum ejakulasi terjadi

Sterilisasi

  • Sterilisasi adalah kontrasepsi yang dilakukan dengan menutup saluran tuba yang membawa sel telur dari ovarium ke rahim. Prosedurnya disebut ligasi tuba.
  • Sterilisasi pada pria dilakukan dengan menutup tabung yang membawa sperma, prosedurnya disebut vasektomi.
Ada banyak pilihan untuk menunda atau mengatur kelahiran, jenis-jenis kontrasepsi tersebut diciptakan untuk pria dan wanita, tetapi meski demikian terkadang ada yang cocok dan ada yang tidak. Karena itu sebelum menggunakan salah satu alat kontrasepsi di atas anda perlu berkonsultasi dengan petugas KB.
READ MORE - Selengkapnya

RAMUAN HERBAL MENGHILANGKAN BULU KAKI

OBAT TRADISIONAL UNTUK MENGHILANGKAN BULU KAKI

Bulu kaki yang tumbuh dengan lebatnya akan menambah daya pesona bila tumbuh di kaki seorang laki-laki. Namun tidak demikian halnya bila bulu tersebut tumbuh di kaki seorang wanita. Dan biasanya seorang wanita akan merasa risih bila di kakinya tumbuh bulu yang lebat hingga menyerupai kaki laki-laki.

Seringkali orang lalu berusaha menghilangkan bulu ini dengan jalan mengeriknya dengan pisau shet atau pisau cukur. Padahal sebenarnya hal ini justru menambah lebatnya bulu yang akan tumbuh nanti.

Apabila Anda kebetulan seorang wanita yang mempunyai bulu yang lebat yang tumbuh dikaki atau betis dan Anda ingin menghilangkannya, maka sebaiknya Anda ikuti petunjuk berikut ini:

Bahan-bahan yang harus Anda sediakan adalah :

a. Beberapa butir merica.

b. Kapur barus (kamfer) secukupnya, dan

c. Beberapa tetes minyak tanah.

Caranya;

1. Merica dan kapur barus dfttimbuk hingga halus, lalu dicampur de­ngan beberapa tetes minyak tanah.

2. Aduk hingga rata, kemudian balurkan pada kaki atau betis yang ditumbuhi bulu secara merata. Dengan cara ini Insya Allah bulu-bulu tersebut akan rontok dengan sendirinya dan tidak akan tumbuh lagi.
READ MORE - Selengkapnya

ATASI POLIP TANPA OPERASI DENGAN RAMUAN TRADISIONAL

ATASI POLIP TANPA OPERASI DENGAN RAMUAN TRADISIONAL
Apabila dalam lubang hidung Anda tumbuh daging kecil yang semakin lama semakin membesar, maka berhati-hatilah karena hal se­perti itu adalah pertanda bahwa Anda telah terkena penyakit polip yang kalau dibiarkan saja lama-lama akan menyumbat lubang hidung.

Menurut ilmu kedokteran, untuk menyembuhkan atau menghi­langkan polip ini haruslah dilakukan dengan jalan operasi, yaitu de­ngan memotong daging yang tumbuh tersebut.

Namun apabila Anda takut untuk menjalankan operasi atau ti­dak punya biaya yang cukup,. Anda bisa mencoba resep berikut:

  • 20 butir cengkeh.
  • 10 lembar daun sirih.
  • 6 heiai daun serai,
  • Jahe secukupnya, dan
  • Air perasan jeruk nipis.

Caranya :

1. Air jeruk nipis direbus bersama-sama dengan semua bahan yang drsebutkan diatas sampai mendidih.

2. Biarkan airnya menyusut sampai kira-kira tinggal 1/2 cangkir. Setelah itu disaring lalu diminum airnya bila sudah dingin.

3. Lakukan hal ini setiap pagi selama 1 bulan berturut-turut. Insya Allah polip akan mengempis dengan sendirinya.
READ MORE - Selengkapnya

7 MAKANAN UNTUK MENCERAHKAN KULIT

Memiliki kulit putih dan lembut adalah dambaan setiap wanita. Tak sedikit dari mereka yang mencoba berbagai produk pemutih yang beredar di pasaran. Mulai dari scrub, pelembap, masker, dan metode perawatan kulit lainnya. Terlepas dari penggunaan produk pemutih berbahan kimia. Kita sering disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat, yang merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan kulit putih alami. Berikut adalah tujuh makanan bernutrisi yang bisa mencerahkan kulit, seperti dilansir Boldsky.
7 Makanan sehat pencerah kulit
1. Wortel

Wortel kaya akan vitamin C dan karoten. Wortel juga dikenal sebagai salah satu sayuran terbaik yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi wortel atau jus wortel secara teratur.

2. Pepaya

Selain kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung banyak vitamin A, E dan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat. Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah atau scrub. Pepaya juga dapat membersihkan sistem dan memperlancar siklus menstruasi.

3. Tomat

Sayuran berwarna merah ini merupakan sumber yang kaya likopen (tipe modifikasi dari karoten). Selain baik untuk kesehatan kulit, tomat juga membantu menurunkan berat badan dan mencegah kanker.

4. Kiwi

Buah kiwi sangat kaya akan vitamin C, yang dapat membuat kulit tampak putih secara alami. Anda dapat langsung mengonsumsi kiwi atau memakainya sebagai masker.


Sayuran berwarna merah ini kaya akan zat besi dan vitamin yang dapat membersihkan pori-pori kulit, memperlancar aliran darah dan mencerahkan kulit. Minum segelas jus bit setiap hari. Untuk hasil maksimal, gunakan bit sebagai masker.


Sayuran berdaun hijau tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga tubuh secara keseluruhan. Sayuran ini sangat kaya akan vitamin, nutrisi dan mineral.


Buah stroberi merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan putih, sertakan stroberi dalam menu harian Anda. 

Tujuh makanan ini dapat mencerahkan kulit secara alami. Selain itu, makanan bernutrisi baik untuk merawat kesehatan tubuh dan kulit dari dalam. Tubuh yang sehat memancarkan kecantikan kulit yang sempurna
READ MORE - Selengkapnya

5 Jenis Vitamin Untuk Kebutuhan Pasca kelahiran

Wanita melalui banyak stres dan trauma selama kehamilan dan juga setelahnya. Banyak dari mereka menjadi korban malnutrisi pasca melahirkan karena konsumsi makanan yang tidak tepat dan kurangnya istirahat yang cukup. Kehamilan dan persalinan pada dasarnya menguras cadangan vitamin dalam tubuh wanita. Itulah sebabnya, wanita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi beragam vitamin pasca kelahiran, terutama saat sedang menyusui. Berikut adalah lima vitamin yang dibutuhkan pasca kelahiran, seperti dilansir Boldsky.
5 Vitamin yang dibutuhkan pasca kelahiran
1. Vitamin B9

Vitamin B9 juga dikenal sebagai asam folat yang biasa dikonsumsi selama kehamilan untuk pengembangan sistem saraf bayi. Namun, jangan berhenti minum vitamin ini setelah Anda melahirkan. Vitamin ini dapat mengurangi depresi pasca kelahiran.

2. Vitamin A

Setelah melahirkan, wanita akan mengalami masalah kerontokan rambut yang parah. Kebanyakan dari mereka mengalami kerontokan rambut selama kehamilan dan meningkatkan saat pasca-partum (masa enam minggu sejak bayi lahir). Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi banyak vitamin A agar rambut dan kulit tetap sehat setelah kehamilan.

3. Vitamin C

Vitamin ini umumnya ditemukan dalam buah jeruk dan sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui. Vitamin C juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh setelah melahirkan.

4. Vitamin D

Kalsium merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang dan perempuan cenderung mengalami kekurangan kalsium, terutama setelah melahirkan. Sayangnya, tak banyak yang tahu bahwa tubuh tidak bisa menyerap kalsium tanpa kehadiran vitamin D. Masalahnya, vitamin D sangat jarang ditemukan dalam makanan. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi suplemen vitamin D setelah melahirkan. 

5. Vitamin E

Vitamin E pada dasarnya adalah sebuah antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan sel dan mengusir racun dari tubuh. Ini juga membantu Anda melawan kelelahan dan trauma setelah persalinan.

Inilah lima vitamin yang dibutuhkan pasca kelahiran. Sehabis melahirkan, pastikan Anda juga mendapatkan istirahat yang cukup. Hal itu tentu sangat membantu pemulihan tubuh
READ MORE - Selengkapnya

PENYAKIT USUS BUNTU DAN OBAT TRADISIONALNYA

OBAT TRADISIONAL UNTUK ATASI USUS BUNTU

Usus adalah salah satu alat pencernaan manusia yang tugasnya menyerap sari-sari makanan untuk kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Apabila usus ini terganggu misalnya karena terjangkit penyakit yang di sebut dengan usus buntu, maka secara otomatis kerja usus tidak dapat berjalan dengan baik.

Untuk menyembuhkan penyakit ini biasanya dilakukan dengan jalan operasi, dan setelah operasi penderita dianjurkan untuk beristirahat dalam waktu yang cukup lama dan tidak boleh bekerja keras. Selain dengan cara modern seperti itu, ternyata usus buntu juga dapat disembuhkan dengan ramuan tradisional sebagai berikut:

Bahan-bahan yang diperlukan:

a. Beberapa ruas kunir.

b. Air perasan jeruk nipis.

c. Gula merah secukupnya, dan

d. Sedikit garam dapur.

Cara membuatnya :

1. Campurlah semua bahan yang disebutkan diatas menjadi satu, kemudian diseduh dengan air panas.

2. Aduklah hingga rata, lalu biarkan beberapa saat.

3. Ramuan tersebut diminum bila sudah dingin. lakukan setiap hari 2 kali sampai penyakit tersebut dapat disembuhkan.
READ MORE - Selengkapnya

ARTIKEL TENTANG KANKER KANDUNG KEMIH

ARTIKEL TENTANG KANKER KANDUNG KEMIH


Apa yang dimaksud dengan kanker kandung kemih ?

Kanker kandung kemih mengacu pada tumor ganas dari mukosa kandung kemih, merupakan tumor ganas yang paling umum dalam system kemih. Kandung kemih pada sel epitel mukosa disebut kanker urothelial dihasilkan oleh sel-sel urothelial disebut karsinoma urothelial, menempati kedudukan 90% -95% dari semua kanker kandung kemih yang paling umum ditemukan. Kandung kemih lain yang kurang umum kanker sel squamous carcinomadan adenocarcinoma.

Seberapa besar tingkat kejadian kanker kandung kemih?

Diseluruh dunia kanker kandung kemih menempati kedudukan sebesar 3% dari semua tumor ganas. Setiap tahunnya ada lebih dari 350.000 orang divonis kanker kandung kemih. Kanker kandung kemih dapat terjadi pada usia berapa saja tetapi disaat menginjak usia 50-60 tahun kemungkinan insidennya menjadi lebih tinggi. tingkat kejadian akan meningkat sejalannya dengan dengan pertambahan usia, tingkat kejadian pada laki-laki adalah sekitar 3-4 kali pada perempuan.

Apa penyebab dari timbulnya kanker kandung kemih ?

Kanker kandung kemih terbentuk karena adanya interaksi dari beberapa factor. Merokok

profesi pekerjaan, aromatic tersebut merupakan factor yang pasti penyebab dari terbentuknya kanker kandung kemih. Penyebab lainnya adalah :

1. Karsinogen dalam air minum : minum dapat menghilangkan racun yang ada dalam tubuhtetapi air yang mengandung klorin dapat meningkatkan kemungkinan timbulnya kanker kandung kemih

2. Penyakit saluran kemih : saat Epitel uretra mengalami iritasi kronis atau metabolisme karsinogen dalam urin manusia meningkat, menyebabkan proliferasi urothelial dan kemudian menjadi kanker

3. Obat – obatan : meminum obat obatan non-phenacetin yang mengandung analgesik dengan dosis besar membuat resiko kanker kandung kemih semakin meningkat.

Apa saja gejala kanker kandung kemih?

1. Hematuria : hematuria dapat dibagi menjadi hematuria intermiten atau penuh, dan dapat dinyatakan sebagai hematuria awal atau terminal hematuria, sebagian dari pasien kanker kandung kemih akan ada pembuangan gumpalan gumpalan darah dan bangkai bangkai busuk .

2. Iritasi kandung kemih : tumor terbentuk di trigonum kandung kemih, lingkup patologi meluas atau saat terjadi infeksi dapat menstimulasi sampai ke kandung kemih sehingga menyebabkan fenomena sering buang air kecil dan urgen.

3. gejala obstruktif saluran kemih: tumor yang lebih besar, tumor pada leher kandung kemih dan penyumbatan gumpalan darah akan menyebabkan buang air bahkan sampai retensi urin. Infiltrasi tumor ke dalam lubang saluran kemih dapat menyebabkan obstruksi saluran kemih, sehingga menimbulkan nyeri pinggang, hidronefrosis dan fungsi ginjal terganggu.

4. Gejala metastase: invasi tumor stadium lanjut sampai ke jaringan kandung kemih sekitarnya, organ lain atau metastasis kelenjar getah panggul simpul, akan menyebabkan nyeri di daerah kandung kemih, uretra fistula vagina, dan edema ekstremitas bawah, metastasis sampai organ yang lebih jauh, nyeri tulang dan cachexia.

Metode – metode untuk mendiagnosa kanker kandung kemih ?

1. Cystoscopy : dapat melihat secara langsung tempat tumbuhnya tumor, ukuran, jumlah, bentuk dan berbagai invasif, pada saat yang sama juga lakukan tes biopsy.

2. CT-Scan : Dapat ditemukan di kelenjar getah bening dan tumor membesar, tingkat akurasi 80%.

3. B – Ultrasound : Dengan melalui pengisian kandung kemih, peregangan dinding mukosa kandung kemih, B-Ultrasound dapat menetahui ukuran dari tumor, lokasi dan tingkat infiltrasi mukosa.

4. Pemeriksaan kontras ray: dengan melalui pemeriksaan kontras ray dapat mempelajari keseluruhan kondisi dalam kandung kemih, infiltrasi dan kedalaman tumor, dari hasil radiografi dari renal pelvis dan saluran kencing dapat diketahui apakah terjadi hidronefrosis dan infiltrasi saluran kemih.

Bagaimana membedakan stadium dari kanker kandung kemih ?

Stadium 0 :
Juga dikenal sebagai karsinoma in situ, di dalam kandung kemih organisme bagian tepi timbul tumor.

Stadium I :
sel kanker telah menyebar ke lapisan dalam dan luar kandung kemih

Stadium II :
sel kanker telah menyebar ke lapisanan otot dinding kandung kemih

Stadium III :
sel kanker telah menyebar sampai jaringan adipose pada sekitar kandung kemih , kemungkinan menyebar sampai ke alat kelamin

Stadium IV :
Sel kanker telah menyebar dari kandung kemih sampai ke peritoneum atau ke panggul. Sel kanker mungkin telah mempengaruhi sampai ke kelanjar getah bening atau sampai ke organ lain dalam tubuh.

Kekambuhan :
setelah dilakukan pengobatan kanker kandung kemih, kandung kemih atau bagian lain dalam tubuh bisa mengalami kekambuhan


1. Pembedahan : metode pembedahan dilakukan berdasarkan hasil diagnosa patologis dari pasien kanker kandung kemih, melihat kondisi penyakit dan kondisi dari pasien dapat dilakukan cara pemebdahan yang sesuai, diantaranya adalah :

(1) Teknik pembedahan tumor transurethral kandung kemih

(2) Radikal kistektomi

2. Radioterapi dan Kemoterapi : metode radioterapi dan kemoterapi dapat menjadi metode tambahan. Sebelum atau setelah dilakukan pembedahan, memilih untuk melakukan radioterapi dan kemoterapi dapat meningkatkan efek dari hasil pembedahan, dan meningkatkan kualitas hidup dari pasien kanker kandung kemih.

3. TCM : dalam pengobatan kanker kandung kemih Pengobatan tradisional China dapat dijalankan sendiri atau dengan operasi, radioterapi dan kemoterapi juga dapat menjadi salah satu gabungan pengobatan yang dapat berperan dalam penekanan tumor dan meningkatkan kualitas hidup.

Perawatan untuk kanker kandung kemih ?

Perawatan makanan :

1. pasien kanker kandung kemih dianjurkan untuk memakan buah dan sayuran segar

2. harus diberikan diet tinggi protein seperti telur, susu dan ikan

3. berikan makanan kesukaan pasien kanker kandung kemih yang telah dimodifikasi, tetapi hindari makanan pedas, keras dan yang sulit dicerna oleh tubuh.

makanan kesukaan pasien kanker kandung kemih yang telah dimodifikasi, tetapi hindari makanan pedas, keras dan yang sulit dicerna oleh tubuh.

Perawatan setelah Operasi

1. kondisi ruangan harus tetap bersih, dengan udara yang bersih juga

2. pasien kanker kandung kemih harus hindari infeksi, harus meningkatkan daya tahan tubuh

3. keluarga harus terus memberikan semangat dan membantu pasien menghilangkan sikap dan pikiran negative .Metode pengobatan paling baik bagi pasien kanker kandung kemih.

Berdasarkan kondisi pasien dan gejala kanker kandung kemih melalui konsultasi dari para ahli, Tim multi-disiplin dari ahli bedah kanker, ahli patologi, ahli radiasi onkologi, ahli kanker minimal invasif dan suster onkologi, akan menyesuaikan program pengobatan yang cocok sehingga meningkatkan dan memaksimalkan hasil dari pengobatan.

Apa saja dukungan yang diberikan ?

Pada kenyataannya telah membuktikan bahwa tim Bedah Onkologi, Onkologi Medis, Pengobatan Tradisional China, Patologi, Radiologi, ahli anestesi dan perawat profesional dan layanan tim multidisiplin bagi pasien lainnya akan menyesuaikan pilihan pengobatan yang efektif, paling cocok dan paling ekonomis serta meningkatkan, memaksimalkan hasil dari pengobatan itu sendiri.

Aliansi berbagai ilmu kesehatan Modern Cancer Hospital Guangzhou mengkomposisikan sitem pengobatan “satu kali berhenti” melakukan diagnosa dan pengobatan serta menyediakan berbagai pelayanan medis tanpa meningkatkan beban pasien. Disisi lain memberikan pasien berbagai macam layanan medis yang intim dan sisi lain meningkatkan efisiensi pengobatan dan teknik pengobatan itu sendiri. Jaringan komunikasi dokter dan pasien juga berbagai macam seprti, konsultasi internet, konsultasi Via Email, melalui telepon hingga bertatap muka langsung dalam bentuk penyediaan jasa konsultasi bagi pasien yang ingin melawan kanker. Pasien akan tangani oleh tim medis dari dokter, perawat, ahli gizi dan penerjemah, memebuhui segala kebutuhan para pasien dari berbagai tingkat Negara yang berbeda. Dengan adanya arus informasi seperti ini maka pasien dapat dengan leluasa dan tenang untuk melakukan diagnose dan pengobatan.
READ MORE - Selengkapnya

Check Up Pra Kehamilan Yang Harusnya Menjadi Keharusan

Check Up Pra Kehamilan Yang Harusnya Menjadi Keharusan
Check Up Pra Kehamilan sebenarnya merupakan langkah awal yang penting dilakukan pada saat pasangan sedang mempersiapkan kehamilan. Bahkan, di negara-negara belahan barat sana, Check Up Pra Kehamilan sudah dianggap merupakan suatu keharusan.

Dengan melakukan Check Up Pra Kehamilan ini, kita dapat mencegah terjadinya kelainan dan ketidaknormalan pada janin yang akan dikandung nantinya, mengingat kondisi kesehatan ibu pada saat mengandung akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. Bila memang pada saat Check Up Pra Kehamilan ditemukan adanya kelainan, maka kondisi ini bisa diperbaiki terlebih dulu sehingga bila saatnya hamil, kondisi kesehatan ibu sudah berada dalam keadaan yang prima. Bila ibunya sehat, bayinya juga bisa dipastikan akan sehat. Di samping itu dengan diketahuinya masalah lebih awal, proses dan usaha untuk mencapai kehamilan pun menjadi lebih mudah dan cepat.

Tes Apa Saja yang Biasanya Dilakukan pada Check Up Pra Kehamilan? Karena Check Up Pra Kehamilan bertujuan mengevaluasi kondisi kesehatan ibu dan pasangan/suami termasuk gaya hidup yang mempengaruhi kesehatannya, maka tes/cek yang dilakukan umumnya meliputi:

* Riwayat Kesehatan Keluarga

Tes dimulai dari cek golongan darah, rhesus, penyakit-penyakit yang pernah diderita, dan kelainan-kelainan bawaan (jika ada) yang dialami pasangan maupun anggota keluarganya. Bila ditemukan adanya penyakit seperti epilepsi, diabetes, dan tekanan darah tinggi, maka dokter akan melakukan perawatan khusus pada ibu selama menjalani kehamilan. Demikian juga dengan adanya kelainan-kelainan bawaan, dokter akan melakukan tes lanjutan untuk melihat kemungkinan menurun tidaknya pada sang calon janin.

* Kondisi Kesehatan Pasangan

Tes BMI (Body Mass Index), terlalu gemuk atau sebaliknya terlalu kurus sehingga diperlukan adanya diet khusus. Tes alat reproduksi calon ibu dan pasangannya/ suami, cek kondisi rahim, indung telur, saluran telur, apakah bebas dari myom dan sejenisnya. Cek kualitas sel telur yang siap untuk dibuahi, kualitas dan pergerakan serma yang memungkinan untuk terjadinya pembuahan.

* Obat-Obatan yang Sedang Digunakan

Ada tidaknya obat-obatan atau supplemen yang dikonsumsi secara rutin oleh calon ibu /suaminya yang dianggap berbahaya bagi sang calon janin. Bila memang ada, maka dokter akan meresepkan obat alternatifnya yang lebih aman.

* Vaksinasi yang Mungkin Diperlukan

Tes darah untuk melihat kemungkinan terinfeksinya Torch sehubungan dengan gaya hidup yang dijalani (adanya hewan peliharaan, kebiasaan makan sayuran/daging mentah, steak setengah matang, lalap, sashimi). Sebelum hamil, pasangan perlu dipastikan terbebas dari virus ini. Bila memang diperlukan adanya vaksinasi, maka dokter akan melakukannya minimal satu bulan sebelum dipersiapkannya kehamilan.
READ MORE - Selengkapnya

Apa Itu Reflexology

Mengenal Apa Itu Reflexology
Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar kata refleksologi. Di kota-kota besar, sebut saja Jakarta, refleksologi bukanlah barang langka. Kemana pun kita melangkah, kita dapat menemukan tulisan ‘pijat refleksologi’ dengan mudah.

Untuk sekadar melepas lelah atau demi kesehatan, banyak orang yang rutin memanjakan kakiknya ditekan-tekan. Baik tua maupun muda, untuk banyak alasan pijat refleksologi tampaknya memang digemari masyarakat kota besar seperti jakarta. Biasanya kebiasaan beberapa orang sambil pijat refleksi mereka juga menikmati cream bath di salon atau perawatan-perawatan tubuh lainnya.

Walaupun bukan barang baru, mungkin diantara Anda ada yang pernah bertanya-tanya atau sekedar penasaran mengenai refleksologi. Sekarang mari kita berkenalan dengan refleksologi .

Refleksologi adalah suatu bentuk pemijitan menggunakan teknik menekan, memencet atau menekan telapak kaki, dan kadang juga tangan serta telinga, dengan tujuan mendapatkan efek pada tubuh.

Sebenarnya praktek refleksologi sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu di Mesir, China dan Jepang. Refleksologi diperkenalkan ke dunia Barat pertama kali oleh seorang dokter ahli THT (Telinga Hidung Tenggorokan), Willian H. Fitzgerald tahun 1913. Lebih lanjut refleksologi dikembangkan oleh seorang fisioterapis dan perawat Eunice D. Ingham tahun 1930an. Sekarang refleksologi sudah dikenal secara universal di seluruh dunia.

Bagaimana cara refleksologi bekerja memang belum bisa dijelaskan secara ilmiah, karena refleksologi sendiri bukanlah terapi secara medis. Namun dipercaya “sensor-sensor” yang berada di telapak kaki (dan tangan serta telinga) berhubungan dengan organ-organ dalam. Misalnya saja jempol kaki dan jari-jari kaki lainnya mewakilkan daerah kepala dan leher.

Dalam pemahaman pengobatan tradisional China, dipercaya bahwa suatu organ mengalami gangguan kalau aliran tenaga qi (Jepang: Ki) tidak lancar pada daerah organ tersebut. Dengan menekan atau memijat bagian yang mewakilkan organ tadi, diharapkan aliran qi menjadi lancar kembali dan organ tersebut sehat kembali.

Manfaat pasti dan langsung yang didapatkan dari pijat refleksi adalah redanya stress, alias menjadi lebih rileks. Karena pemijatan dapat menurunkan tegangan otot-otot yang diakibatkan oleh stress dan mengembalikan homeostatis tubuh.

Kendati demikian, apakah refleksologi benar-benar dapat menyembukan penyakit masih dipertanyakan. Belum ada bukti-bukti yang menguatkan bahwa refleksologi dapat digunakan sebagai terapi. Walaupun begitu, berbagai penyelidikan dan penelitian tengah dilakukan untuk pembuktian manfaat refleksologi sebagai terapi.

Refleksologi hanyalah pelengkap, bukan perawatan medis standar. Refleksologi tidak bisa digunakan sebagai terapi utama. Jika Anda mempunyai keluhan-keluhan mengenai kesehatan Anda, memang seharusnya Anda menemui dan berkonsultasi dengan dokter Anda. Seorang ahli refleksologi tidak dapat dan tidak boleh membuat diagnosis dan melakukan terapi, haya dokter Anda saja yang boleh.

Refleksologi dapat dilakukan kapan saja. Tidak ada aturan khusus mengenai jadwal kapan Anda sebaiknya menemui refleksologis Anda. Keuntungan lainnya refleksologis juga aman, tidak ada efek samping. Namun demikian, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat Anda menemui refleksologis Anda:
- Anda seharusnya merasa nyaman saat kaki Anda dipijat oleh refleksologis Anda. Jika memang dirasakan kurang, Anda dapat meminta refksologis Anda agar memijat lebih kuat. Namun jika Anda merasa sakit, mintalah refleksologis Anda agar memijat lebih lembut.
- Ditegaskan kembali, seorang ahli refleksologi tidak bisa dan tidak boleh membuat diagnosis. Temuilah dokter Anda untuk berkonsultasi mengeanai masalah-masalah kesehatan Anda.
- Refleksologi bukanlah terapi atau pengganti terapi. Jika Anda sedang menjalani terapi medis dari dokter Anda, refleksologi seharusnya tidak menghambat proses terapi medis tersebut
- Bagian tubuh yang dipijat oleh pijat refleksi biasanya hanya sebatas lutut. Anda seharusnya tidak diminta membuka pakaian melewati batas ini kecuali bila Anda meminta pijat punggung atau lainnya.
- Setelah menjalani sesi pijat refleksi Anda seharusnya merasa lebih rileks dan nyaman, tidak kesakitan. Jika Anda malah merasa tidak nyaman, lebih baik temui dan bicarakan dengan refleksologis Anda untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik lain kali.

Sudah cukup mengenal refleksologi? Jika Anda merasa penat dan beban stress merongrong Anda, tungu apa lagi? Cukup dengan merogoh kocek antara 30.000 sampai 50.000 rupiah Anda sudah bisa menikmati sesi pijat refleksi antara 30 menit sampai 1 jam. Coba tengok sekitar rumah Anda, mungkin salon kecantikan atau pusat kebugaran dekat rumah Anda juga menawarkan pijat refleksi
READ MORE - Selengkapnya

INILAH GEJALA RADANG USUS BUNTU

Rasa nyeri di pusar

Sakit usus buntu biasanya terjadi di sisi kanan bawah perut. Tapi tanda pertama biasanya ketidaknyamanan di dekat pusar yang kemudian pindah ke perut bagian bawah kanan. Pada beberapa orang termasuk anak dan wanita hamil mungkin rasa sakitnya di berbagai bagian perut. Serta rasa sakit akan memburuk jika memindahkan kaki, batuk, bersin atau tersentak saat berkendara.

Rasa nyeri cepat memburuk

Dr Payne menuturkan rasa sakit di bagian bawah perut ini bisa sangat intens, bahkan pada kasus yang cukup parah bisa membangunkan orang yang sedang tidur. Setelah itu tingkat keparahan nyeri akan meningkat dengan cepat, beberapa orang hanya dalam waktu hitungan jam.

Demam dan menggigil

Gejala usus buntu bisa meniru orang sakit perut yang disertai dengan demam, menggigil dan gemetar. Tapi jika demam lebih dari 39 derajat celsius dan disertai nyeri perut parah yang bisa membuat orang tidak dapat berdiri, ada kemungkinan itu usus buntu.

Mual, muntah dan kehilangan nafsu makan

Pasien bisa memiliki nafsu makan rendah selama beberapa hari yang disertai mual dan muntah ringan. Jika membaik setelah 1-2 hari maka kemungkinan bukan usus buntu. Tapi jika memburuk dan disertai dengan demam serta nyeri kanan bawah sebaiknya segera mencari bantuan medis.

Konstipasi (sembelit) atau diare

Seperti banyak gejala lain, kondisi ini akan terjadi setelah orang mengalami sakit perut. Jika diare yang disertai dengan banyak lendir dan sakit perut kanan bawah, pergilah ke dokter.

Perut kembung dan gas

Jika pergi tidur dalam keadaan baik tapi bangun tidur dengan rasa sakit, sebaiknya berhati-hati. Serta jika perut sering merasa kembung dan penuh gas tapi mengalami kesulitan buang gas dan nyeri usus.

Sakit saat melepaskan tekanan di bagian kanan bawah perut

Dr Payne menuturkan ketika seseorang menekan bagian bawah perut dan merasa sakit saat melepaskan tekanan, sebaiknya tidak melakukannya lagi dan periksakan ke dokter karena kemungkinan terkait radang usus buntu. Terutama jika rasa sakit ini disertai dengan demam, mual atau gejala lain.

Penyebab Radang Usus Buntu

  • infeksi bakteri ( Escherichia Coli )
  • penyumbatan (obstruksi) pada lapisan saluran (lumen) appendiks oleh timbunan tinja/feces yang keras
  • hyperplasia (pembesaran) jaringan limfoid
  • penyakit cacing
  • parasit

Fakta-fakta tentang penyakit usus buntu

·Setiap tahun sekitar 700.000 pasien masuk ke ruang gawat darurat untuk mendapatkan pengobatan.

Usus buntu adalah penyakit akut dan sering tidak diketahui oleh si penderita. Baru pada umur empat puluh keluhan penyakit ini dirasakan

Ada tiga keluhan pada perut seorang penderita penyakit usus buntu; kuadran kanan bawah perut, adominal yang kaku, sakit pada navel area hingga kuadran kanan bawah perut.

Ada 98.000 kasus penyakit usus buntu yang tidak tertangani setiap tahunnya

Satu diantara lima penderita penyakit usus buntu umumnya tidak memperhatikan kesehatan dengan baik

Lebih dari 100.000 yang diduga mengidap perforated appendix tidak pernah melaporkan ke dokter

Tiga puluh persen dari keseluruhan pasien penyakit usus buntu adalah perforated appendix, dan lima persennya berpotensi tidak tertolong

Kemungkinan seorang anak berusia di bawah delapan tahun menderita penyakit usus buntu adalah dua kali dibanding anak berusia lebih dari delapan tahun.

Perempuan lebih besar kemungkinannya menderita penyakit usus buntu dibanding lelaki (lima puluh persen).
READ MORE - Selengkapnya

PENYEBAB ANDA SAKIT DEMAM, BATUK DAN PILEK

PENYEBAB SAKIT DEMAM, BATUK DAN PILEK

Demam, batuk dan pilek sering disebut dengan influenza. Influenza (flu) adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, tidak enak badan (malaise) dan peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernafasan.

PENYEBAB

Virus influenza tipe A atau B. Virus ditularkan melalui air liur terinfeksi yang keluar pada saat penderita batuk atau bersin; atau melalui kontak langsung dengan sekresi (ludah, air liur, ingus) penderita.

GEJALA

Influenza berbeda dengan common cold. Gejalanya timbul dalam waktu 24-48 jam setelah terinfeksi dan bisa timbul secara tiba-tiba. Kedinginan biasanya merupakan petunjuk awal dari influenza. Pada beberapa hari pertama sering terjadi demam, bisa sampai 38,9-39,4?Celsius. Banyak penderita yang merasa sakit sehingga harus tinggal di tempat tidur; mereka merasakan sakit dan nyeri di seluruh tubuhnya, terutama di punggung dan tungkai. Sakit kepala seringkali bersifat berat, dengan sakit yang dirasakan di sekeliling dan di belakang mata. Cahaya terang bisa memperburuk sakit kepala. Pada awalnya gejala saluran pernafasan relatif ringan, berupa rasa gatal di tenggorokan, rasa panas di dada, batuk kering dan hidung berair. Kemudian batuk akan menghebat dan berdahak. Kulit teraba hangat dan kemerahan, terutama di daerah wajah. Mulut dan tenggorokan berwarna kemerahan, mata berair dan bagian putihnya mengalami peradangan ringan. Kadang-kadang bisa terjadi mual dan muntah, terutama pada anak-anak. Setelah 2-3 hari sebagian besar gejala akan menghilang dengan segera dan demam biasanya mereda, meskipun kadang demam berlangsung sampai 5 hari. Bronkitis dan batuk bisa menetap sampai 10 hari atau lebih, dan diperlukan waktu 6-8 minggu ntuk terjadinya pemulihan total dari perubahan yang terjadi pada saluran pernafasan. Pengobatan flu yang utama adalah istirahat dan berbaring di tempat tidur, minum banyak cairan dan menghindari kelelahan. Tirah baring sebaiknya dilakukan segera setelah gejala timbul sampai 24-48 setelah suhu tubuh kembali normal. Untuk penyakit yang berat tetapi tanpa komplikasi, bisa diberikan asetaminofenn, aspirin, ibuprofen atau naproksen. Obat lainnya yang biasa diberikan adalah dekongestan hidung dan penghirupan uap.
READ MORE - Selengkapnya

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails