Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

GEJALA PENYAKIT ASAM URAT


Gejala Penyebab Asam Urat

mypotik-GEJALA PENYAKIT ASAM URAT
Berikut ini beberapa gejala asam urat lainnya yang biasa sering dialami bagi penderita asam urat:

  • Badan kita akan terasa pegal dan terasa capek
  • Rasa kesemutan dan linu yang sangat parah
  • Rasa nyeri otot dan bagian-bagian persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak dan bahu sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi hari.
  • Kebiasaan buang air kecil terutama pada malam hari/pagi hari saat anda bangun tidur.
  • Apabila asam urat sudah menyerang bagian ginjal, maka akan memicu terjadinya kencing batu sehingga sulit untuk buang air kecil.Gejala asam urat disebabkan karena kristalisasi asam urat yang terbentuk dalam sendi-sendi perifer sehingga akan merasakan nyeri pada persendian. Ini dikarenakan daerah persendian tersebut lebih dingin daripada dipusat tubuh. Dan biasanya dalam suhu yang dingin urat cenderung membeku. Gejala lainnya dimana asam urat biasa terjadi akibat kristalisasi dalam persendian ini adalah rasa kesemutan yang sangat parah.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Kadar purin yang meningkat dalam tubuh adalah faktor utama terjadinya asam urat, baik yang berasal dari makanan maupun gangguan metabolisme. Apabila asam uratsudah berlebih dan sudah terjadi penumpukan didalam persendian maka akan dirasakan nyeri yang tak tertahankan.

Purin adalah zat yang terkandung dalam setiap bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, pada saat kita mengkonsumsi maka zat purin tersebut pindah kedalam tubuh kita. Selain itu juga purin dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Sehingga menjadi penyebab utama penyakit asam urat karena asam urat sendiri merupakan sisa metabolism zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi dan juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel darah.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails