Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MENGENAL PENYAKIT MERS


Penyakit Mers adalah penyakit akibat virus yang ditahun 2014 ini sangat marak sekali terutama karena ada beberapa kasus akibat penyakit tersebut yang mengakibatkan kematian pada penderitanya, sehingga perlunya untuk mengenal lebih lanjut Gejala Penyakit Virus Mers CoV Penyebab dan Ciri-ciri atau Tanda-tanda Mers.

Middle Eastern Respiratory Syndrome disingkat Mers merupakan penyakit yang disebabkan oleh suatu virus CoV singkatan dari Corona Virus. Sehingga Penyakit Mers CoV dijabarkan Middle Eastern Respiratory Syndrome Corona Virus yang penyebab utama Virus Mers yaitu virus dalam kelompok Coronavirus dengan ciri virus permukaan tubuhnya diselimuti struktur mirip dengan mahkota.

Virus Mers

Virus Mers CoV merupakan beta coronavirus yang baru dikenali untuk pertama kali pada tahun 2012 di Arab Saudi. Nama Mers CoV juga disebut dengan nama novelcoronavirus atau disingkat "nCoV".

Virus Mers berbeda dengan coronavirus yang telah ditemukan sebelumnya yang menyebabkan SARS pada tahun 2002-2003, dimana saat itu penyakit akibat kelompok virus coronavirus tersebut sangat berbahaya sekali, dimana tercatat pada tahun 2002-2003 yang sempat mewabah dari 8273 kasus ternyata 775 yang meninggal dunia.

Karena Penyakit Mers CoV akibatnya yang sangat berbahaya sekali maka sudah patut untuk mengenal lebih dalam. Virus Mers untuk saat ini telah menjadi berita yang menggemparkan karena banyak orang yang telah tertular dan menderita penyakit mematikan ini, untuk itu kenali lebih baik lagi mengenai penyakit akibat virus mers.

Penamaan Mers-CoV diputuskan oleh kelompok studi coronavirus dari komite internasional untuk taksonomi virus tepatnya pada bulan Mei 2013 yaitu dari nama novelcorovirus (2012) menjadi MERS-CoV (2013).

Mengenal Penyakit Virus Mers

Penyakit Virus Mers sangat mematikan, korban yang terinfeksi 30%-50% meninggal dunia
Penularan Penyebab Penyakit Virus Mers umumnya mengalami kontak dengan korban sebelumnya pada jarak yang sangat dekat dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Bahaya Penyakit Virus Mers adalah untuk sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya, untuk pengobatan masih sebatas perlakuan yang diberikan kepada korban untuk mengurangi gejala-gejala Penyakit Virus Mers yang timbul.

Data kematian dari kasus yang disebabkan Mers-CoV dari bulan April 2012 sampai Juni 2013 tercatat sebagai berikut ini :

  • Saudi Arabia : kasus mers 49 dan jumlah kematian 32
  • United Kingdom (UK) : kasus mers 3 dan jumlah kematian 2
  • Italia : kasus mers 3 dan jumlah kematian 0 (tidak ada)
  • Perancis : kasus mers 2 dan jumlah kematian 1
  • Jordania : kasus mers 2 dan jumlah kematian 2
  • Qatar : kasus mers 2 dan jumlah kematian 0 (tidak ada)
  • Tunisia : kasus mers 2 dan jumlah kematian 0 (tidak ada)
  • United Arab Emirat (UAE) : kasus mers 1 dan jumlah kematian 1

Asal Penyakit Virus Mers belum diketahui asal muasalnya, namun diperkirakan berasal dari unta tetapi setelah diteliti ternyata sebagian korban tidak ada kontak dengan unta. Semakin banyak saja penyakit yang belum ditemukan obatnya, seperti halnya penyakit lupus yang beberapa waktu yang lalu sempat membuat panik diberbagai belahan dunia, dan saat ini sedang dikhawatirkan dengan penyakit virus mers.

Gejala Mers
Gejala Mers untuk sebagian besar yang terinfeksi Mers CoV berkembang kesaluran pernapasan yang berat disertai demam, batuk dan napas lebih pendek.

Tanda-tanda atau Ciri-ciri Penyakit Virus Mers

  • Gangguan pernapasan (napas pendek dan susah bernapas)
  • Demam tinggi diatas 38 derajat celcius, bukan panas dalam yang biasa
  • Batuk-batuk dan bersin-bersin berkelanjutan
  • Sakit dada dan sering terasa nyeri
Bila terserang virus mers maka harus dirawat oleh dokter ahlinya untuk mencegah berkembangnya virus mers merusak tubuh penderitanya. Kemungkinan seorang penderita akan kurus untuk itu perlu menambah berat badan dengan konsumsi makanan sehat bergizi juga penanganan lebih lanjut dengan antivirus untuk mengurangi gejala dan penyebaran virus berbahaya tersebut.

Sementara ini untuk Menghindari Virus Mers yaitu menghindari kontak langsung dengan penderita dan juga berusaha menerapkan pola hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan tubuh diri sendiri dan juga lingkungan hidup. Menjaga kebersihan bisa dengan cuci tangan setiap saat dengan sabun antiseptik dan mandi secara bersih, cepat cek ke dokter bila sakit yang berkelanjutan seperti sakit dengan gejala demam, batuk-batuk, dan sulit untuk bernafas.

Cara melindungi diri sendiri dari Virus Mers
  • Tutuplah hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk dan bersin, dan buanglah tisu ke tempat sampah
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci dengan bersih (gunakan antiseptik untuk mencuci tangan setiap saat)
  • Cobalah untuk menghindari penggunaan alat minum dan alat makan bersama dengan orang yang sedang menderita sakit
  • Bagi yang merasa khawatir akan masa depan dalam menghadapi berbagai penyakit ada baiknya mengikutiunit link terbaik di Indonesia Commonwealth Life investra link asuransi yang menggabungkan proteksi jiwa sekaligus investasi masa depan. Dan untuk Penyakit Virus Mers CoV semoga kedepannya dapat ditemukan vaksin obatnya yang akurat dan dapat ditangani secara baik dan tepat setiap penderitanya sehingga bagi penderita dapat disembuhkan secara total dan virus dapat dihentikan penyebarannya.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails