Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

OPERASI WAJAH KE 17 DARI LISA


LISA, KORBAN PENYIRAMAN AIR KERAS, TELAH MENJALANI OPERASI WAJAH KE 17
Dari kiri ke kanan, wajah Lisa sebelum disiram air keras, setelah disiram air keras, dan setelah operasi face off yang ke 17.

Setelah menjalani operasi wajah selama 17 kali, akhirnya Siti Nur Jazilah alias Lisa (31 tahun), warga asal Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilepas oleh tim dokter RSUD dr Soetomo Surabaya, Rabu siang (5/4/2014).

Lisa merupakan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang terjadi sekitar 7 (tujuh) tahun silam. Wajah Lisa disiram dengan air keras oleh suaminya, Mulyono, pada Maret 2006. Akibatnya, seluruh wajah Lisa melepuh dan harus menjalani 17operasi wajah secara total atau face off. Operasi face off terhadap Lisa ini adalah operasi face off yangpertama kali dilakukan di Indonesia dan oleh tim dokter Indonesia.

Selanjutnya, pada 28 Maret 2006, seluruh wajah Lisa diganti dengan kulit punggungnya selebar 32 sampai 40 centimeter, yang kemudian disambung dengan pembuluh darah depan.

Tanggal 27 April 2006, tim dokter memperbaiki kelopak mata, merapikan luka bekas operasi bibir, garis pipi, leher, pelipis dan punggung. 19 Juli 2006, dilakukan operasi pelebaran garis bibir, membuat lubang hidung, dan menipiskan kedua kelopak mata.

9 Oktober 2006, menipiskan dahi, mengoreksi hidung kanan, dan melebarkan sudut mulut. 5 Januari 2007, penipisan kulit wajah bagian pipi, dahi, ujung kelopak mata, serta menghilangkan jaringan parut di wajah. 22 Maret 2007, menipiskan dahi, mata, hidung, dagu dan leher.

Selanjutnya, 20 Juni 2007. Tim dokter melakukan operasi menghilangkan jaringan parut, memperbaiki dahi dan bibir. 27 Agustus 2007, menipiskan pipi kiri dan kanan. 6 November 2007, meneruskan kedua pipi dan pelipis dengan teknik sedot lemak.

15 Januari 2008, membentuk hidung dari tulang rusuk, membuat kelopak mata dan membersihkan jaringan parut di atas dan bawah mulut. 17 April 2008, memperbaiki sudut mulut kanan dan kiri, leher, kelopak mata. 12 Agustus 2008, memperbaiki kelopak mata di bagian kiri dan kanan.

Kemudian pada 7 Januari 2009, menipiskan muka sebelah kanan, menghilangkan keloid di daerah leher, dan memperbaiki daun telinga kanan. 22 Oktober 2009, melebarkan kelopak mata kiri dan kanan dan lubang hidung serta sudut mulut sebelah kanan.

Medio 22 Juni 2010, meninggikan hidung, memperbaiki dagu dan melebarkan hidung kanan. Kemudian 28 Juli 2011, memperbaiki tiga titik di wajah, hidung, bibir dan pipi kanan. Dan operasi terakhir, yaitu yang ke 17 dilakukan pada 27 Febuari 2013. Operasi ini untuk memperbaiki kelopak mata kanan bagian atas, bibir dan sudut pipi.

Ketua Tim Bedah Plastik Face Off, Prof dr Sjaifuddin Noer SpBP-K mengatakan, ke 17 operasi itu dilakukan, karena posisi kulit wajah yang berubah-ubah. “Operasi itu kira-kira dilakukan selama 20 jam. Karena posisinya berubah dalam beberapa posisi. Dan Alhamdulillah, posisi itu berhasil diperbaiki dengan baik,” kata dia saat hendak melepas Lisa untuk kembali bersosialisasi dengan masyarakat.

Setelah menjalani operasi yang ke 17, lanjut dia, Lisa sudah bisa kita lepas kembali ke masyarakat setelah selama tujuh tahun tinggal di ruang khusus di RSUD dr Soetomo. “Tentu dalam proses. Selama satu tahu kita akan melakukan pendampingan. Lisa kita lepas, maksudnya bukan dilepas total, tapi ada pertemuan selama satu minggu sekali,” tandas dia. (Sumber:Merdeka.com).


Ketua Tim Face Off RSU dr Soetomo, Prof Dr dr Sjaifuddin Noer SpBP(K) didampingi Dr. David S. Perdanakusuma, dr., SpBP (K) menjelaskan titik wajah Siti Nur Jazilah alias Lisa pasien face off yang dioperasi usai operasi koreksi wajah ke-17 di Gedung Bedah Terpadu (GBPT), Rabu (27/2/2013). Operasi wajah tersebut difokuskan di 3 titik, yaitu di bagian kelopak mata kanan bagian atas, bibir dan sudut pipi. (Sumber: Suryaonline). 


Tim dokter melakukan operasi wajah Siti Nur Jazilah alias Lisa pasien face off di Gedung Bedah Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo, Rabu, 27/2 /2013(Sumber: Suryaonline).


Siti Nur Jazilah alias Lisa pasien face off berada di Ruang Pulih Sadar usai menjalani operasi koreksi wajah di Gedung Bedah Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo, Rabu, 27/2/2013. (Sumber: Suryaonline).


Wajah Siti Nur Jazila alias Lisa (31) setelah hampir 8 tahun menjalani rekonstruksi wajah atau face off akibat penyiraman air keras dalam upacara pelepasan di ruang serbaguna, Rabu (5/2/2014). Lisa diizinkan untuk hidup di luar rumah sakit setelah menjalani operasi rekontruksi wajah sebanyak 17 kali selama 7 tahun, akibat tersiram air keras pada tahun 2006. (Sumber: Suryaonline).



Siti Nur Jazila alias Lisa (31) saat ‘dilepas’ oleh tim dokter RSU dr Soetomo setelah hampir delapan tahun menjalani rekonstruksi wajah atau face off akibat penyiraman air keras dalam upacara pelepasan di ruang serbaguna, Rabu (5/2/2014). Lisa diizinkan untuk hidup di luar rumah sakit setelah menjalani operasi rekontruksi wajah sebanyak 17 kali selama 7 tahun, akibat tersiram air keras pada tahun 2006. (Sumber: Suryaonline).


Siti Nur Jazila alias Lisa (31) berbincang dengan Dr Nalini Muhdi Sp KJ usai ‘dilepas’ oleh tim dokter RSU dr Soetomo setelah hampir delapan tahun menjalani rekonstruksi wajah atau face off akibat penyiraman air keras dalam upacara pelepasan di ruang serbaguna, Rabu, 5/2/2014. (Sumber:Suryaonline).
sumber http://iwandahnial.wordpress.com/

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "OPERASI WAJAH KE 17 DARI LISA"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner