Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Senam Ibu Hamil dan Videonya



Banyak wanita hamil yang meremehkan pentingnya senam hamil selama masa kehamilan. Padahal sebenarnya senam hamil dilakukan dengan tujuan untuk membuat elastisitas otot dan ligamen yang ada di panggul, memperbaiki sikap tubuh, mengatur kontraksi dan relaksasi, serta mengatur teknik pernafasan. Jenis gerakan pada setiap gerakan disesuaikan dengan usia kandungan. Setiap latihan dari senam hamil pasti dimulai dengan latihan pendahuluan, latihan inti, dan kemudian diakhiri dengan latihan relaktasi. Saat ini banyak rumah sakit maupun klinik bersalin yang menyediakan fasilitas senam ibu hamil. Tidak sedikit juga video senam hamil yang dijual dalam bentuk CD sehingga bila ibu hamil tidak punya waktu untuk datang ke tempat senam hamil bisa menggunakan video senam hamil tersebut sebagai pedoman dalam melakukan senam hamil.

Berikut ini adalah beberapa contoh video senam hamil

Inti dari senam hamil adalah olah pernafasan sehingga bisa menghadapi kontraksi dengan baik serta bisa mengerti kapan harus mengejan dan kapan harus mengatur nafas. Yang selama ini terjadi pada persalinan normal adalah ibu mengejan dengan kekuatan penuh pada saat terjadi kontraksi. Padahal hal tersebut tidak diperbolehkan karena bisa mengakibatkan robekan yang cukup lebar pada vagina. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan pengetahuan yang cukup tentang kapan waktu mengejan yang baik.

Senam hamil juga harus dilakukan dengan teratur. Terlebih pada usia kehamilan tua. Selain melakukan senam hamil, ibu hamil juga disarankan untuk banyak bergerak, seperti: jalan pagi, olahraga ringan, dll. Orang hamil bukan lah orang yang sakit sehingga masih diperbolehkan melakukan aktivitas seperti biasa, dengan catatan disesuaikan dengan kondisi tubuh. Karena ada ibu hamil yang memang benar - benar drop kondisinya selama hamil sehingga disarankan untuk bed rest total selama masa kehamilan. Bagi ibu hamil dengan kondisi kehamilan normal, tentu tetap diperbolehkan untuk bekerja serta beraktivitas yan lain.
loading...

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. Salam kenal...
    Artikel yang menarik... Kalau boleh tau,,, apakah ibu hamil diperbolehkan melakukan gerakan senam dengan dengan iringan musik yang menggunakan ritme tinggi? dan apakah ada baju senam body image khusus untuk ibu hamil?
    Thanks... :)

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails