Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

EFEK BURUK DIET YOYO PADA TUBUH

Apa yang anda ketahui tentang diet yoyo? Diet yoyo sering juga disebut dengan nama diet putar. Hampir sama dengan namanya yaitu yoyo, dimana seseorang akan menurunkan berat badannya sesingkat mungkin kemudian mereka akan memakan kembali seenaknya tanpa mengontrol makanan apa itu. Nah, saat berat badan mereka naik kembali maka mereka akan berusaha untuk menurunkannya kembali dengan waktu yang sesingkat mungkin dengan melakukan diet yang ketat. Diet seperti ini jika dilakukan secara berulang – ulang dapat menyiksa tubuh mereka sendiri. Yang mengherannya, banyak orang yang melakukan diet yoyo ini hanya karena iseng belaka, mereka tak menyadari jika ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mereka.
Lalu apa saja dampak buruk diet yoyo ini terhadap tubuh kita dan bagaimana cara mengatasi efek buruk tersebut. Untuk menemukan jawabannya silahkan simak pembahasan berikut ini.


 
Bahaya diet yoyo bagi tubuh

Anda menjadi sering pusing
  • Sakah satu cara yang salah namun banyak orang lakukan untuk diet guna mendapatkan tubuh yang langsing dalam waktu yang singkat adalah dengan cara perbanyak minum air. Namun oleh mereka cara ini banyak disalahkan artikan, mereka mengganti semua makan padat mereka dengan makanan cair. Memang dengan cara ini akan dengan mudah menurunkan berat badan secara cepat. Namun perlu anda ingat mengganti makanan padat dengan makanan cair (liquid food) ini dapat menyebabkan anda pusing – pusing, mata berkunang – kunang bahkan bisa juga pingsan.

Daya tahan tubuh menjadi lemah
  • Perubahan berat tubuh yang signifikan secara singkat ternyata juga mempengaruhi sistem daya tahan tubuh anda. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan menjalani program diet yoyo, maka sebenarnya mereka sudah menurunkan daya tahan tubuh mereka sebesar 30% setiap harinya.

Membahayakan kesehatan hati anda
  • Berat badan yang naik turun secara signifikan dalam waktu yang singkat ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan hati anda. Berat badan yang tidak stabil ini mampu meningkatkan jumlah lemak yang terkandung didalam hati anda. Jika dihati sudah banyak lemak maka kesehatan hati anda juga terancam. Penyakit – penyakit kronis dapat bermunculan dari sini. Hal ini sudah disampaikan oleh Journal Physiology of Gastrointestinal and liver physiology.

Gangguan metabolisme tubuh
  • Saat anda melakukan diet maka anda akan kekurangan massa otot anda. Massa otot anda dapat anda peroleh kembali jika anda mendapatkan asupan lemak murni. Sementara jika massa otot anda berkurang maka proses metabolisme menjadi semakin lambat, hal ini akan berakibat pada energi yang akan dihasilkan oleh tubuh.

Frustasi dan depresi
  • Frustasi dan depresi ini biasanya akan muncul ketika orang tersebut gagal dalam menjalankan dietnya. Sementara dalam diet yoyo sendiri berat tubuh juga akan betambah setelah melakukan diet yang ketat. Hal inilah yang dapat menimbulkan suatu perasaan depresi dan frustasi. Biasanya meraka akan melampiaskan rasa frusta mereka dengan memakan banyak makanan.

Mangatasi efek buruk diet yoyo bagi tubuh
Berikut ini beberapa tips untuk menjaga berta badan anda agar tidak bertambah secara signifikan setelah melakukan diet dan juga untuk menjauhkan diri dari dampak negative diatas. Apa saja itu, langsung simak yang berikut ini.

Konsumsi buah dan sayuran
  • Buah dan sayuran adalah makanan yang tinggi akan kandungan seratnya. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur, saluran pencernaan anda akan lancar kembali yang mana itu juga dapat membantu menjaga berat badan anda. Selain itu, konsumsi buah dan sayur juga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang dalam kesehariannya sering mengkonsumsi buah dan sayur memliki rasio 60% untuk menjauhkan tubuh dari kegemukan.

Hindari makanan cepat saji (junk food)
  • Makanana cepat saji mayoritas mengandung lemak dan kalori yang yang tinggi. Yang mana jika ini dilakukan secara berulang – ulang dapat membuat tubuh menjadi gemuk dalam waku yang singkat. Dalam sebuah penelitian, 62% orang lebih mudah mempertahankan berat badan mereka jika mereka tidak mengkonsumsi junk food.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails