Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

GIZI YANG ADA PADA WORTEL

Kandungan Gizi Wortel
Wortel (Daucus carota L.) merupakan tumbuhan jenis sayuran umbi yang umumnya berwarna jingga kekuningan atau kuning kemerahan dengan tekstur yang menyerupai kayu. Tanaman wortel memiliki batang yang pendek, dan akar tunggang yang bentuk dan fungsinya akan berubah menjadi umbi bulat dan memanjang. Kulit umbi wortel sangat tipis, bila dimakan dalam kondisi mentah terasa renyah dan agak manis.Tanaman ini menyimpan cadangan makanan di dalam umbinya, sehingga bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel dapat ditanam sepanjang tahun dan menjadi sayuran penting yang paling banyak ditanam di berbagai tempat di lahan pertanian. Disamping itu, sayuran ini banyak disukai masyarakat karena harganya yang relatif lebih murah, mempunyai rasa yang enak dan mudah untuk diolah baik dalam bentuk makanan maupun minuman dengan dibuat jus. Awalnya kegunaan wortel hanyalah sebagai obat, tetapi dalam perkembangannya wortel telah menjadi sayuran utama dan umumnya dikenal karena kandungan gizi wortel yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Salah satu kandungan gizi wortel yang penting tersebut adalah α- dan β-karotennya. Kedua jenis karoten tersebut penting dalam memenuhi gizi manusia yaitu sebagai provitamin A. Provitamin A atau karotenoid banyak terdapat pada sayuran yang berwarna kuning atau orange, seperti wortel. Beberapa jenis karotenoid memang mempunyai aktivitas pro-vitamin A, namunβ-karoten merupakan karotenoid yang mempunyai keaktifan paling tinggi di antara jenis-jenis karotenoid lainnya dalam membentuk vitamin A di dalam tubuh.Karoten juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa dalam konsentrasi tinggi, karoten dapat mencegah atau menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, karena sifat antioksidannya yang melawan kerja destruktif sel-sel kanker tersebut. Karoten juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Oleh sebab itu, kandungan karoten dalam wortel sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Selain itu kandungan gizi wortel yang penting lainnya adalah mineral (terutama kalsium dan fosfor), pektin, serat, vitamin C, vitamin B dan minyak atsiri yang baik untuk kesehatan tubuh. pektin dalama wortel sangat baik untuk menurunkan kolesterol darah. Pada wortel juga terdapat serat yang tinggi bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi pada saluran pencernaan. Sedangkan kandungan minyak atsiri wortel terdapat pada kantong minyak yaitu di dalam ruang antarsel perisikel pada umbi wortel, yang berperan dalam menyebabkan bau dan aroma yang khas dari wortel. Selain itu, wortel yang memiliki akar tunggang menyimpan sukrosa dan jenis gula lainnya dalam jumlah yang cukup banyak. Jenis-jenis gula yang terdapat pada wortel terdiri darimaltosa, glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Namun, kandungan gula dan juga asam amino pada wortel tergantung dari jenis atau varietas wortel, lingkungan, pertaniannya dan penyimpanannya.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails