Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

CARA MEMBUAT JAMU KULIT ASAM

Warisan leluhur seolah tak habis-habisnya diceritakan. Salah satu yang terbaik dari dunia pengobatan tradisional yang juga merupakan warisan leluhur kita adalah jamu. Minuman menyehatkan ini diracik dari berbagai herba obat yang tumbuh subur di kawasan tropis Indonesia. Jamu ini terdiri atas beberapa varian yang disesuaikann dengan peruntukannya. Salah satu yang terbaik dan wajib Anda coba (utamanya para wanita) adalah jamu kunyit asam. Jamu nikmat yang satu ini diketahui memiliki sejumlah khasiat antara lain melangsingkan tubuh, membantu kelancaran haid, mengatasi luka di dalam lambung, membersihkan organ kewanitaan, dan juga sebagai anti-inflamasi. Mencermati sejumlah khasiat tersebut, tentu baik bagi Anda untuk mengkonsumsi jamu kunyit asam terlebih jamu ini sangat mudah dibuat. Berikut kami sajikan cara membuat jamu kunyit asam yang mudah untuk Anda praktekkan. 

Bahan-bahan! 

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan jamu kunyit asam antara lain: 

  • Asam jawa sebanyak 250 gram.
  • Kunyit sebanyak 250 gram.
  • Gula jawa sebanyak 50 gram
  • Air matang sebanyak 1 liter.
  • Sedikit garam
Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan tersedia, saatnya Anda memulai pembuatan jamu kunyit asam. Berikut cara membuat jamu kunyit asam yang kami rangkum langkah demi langkah: 

  • Pertama, cuci bersih kunyit dengan air mengalir. Selanjutnya kupas kulitnya dan kembali cuci bersih. Kemudian haluskan, jauh lebih baik jika Anda tumbuh ketimbang diblender. Proses penghalusan dengan jalan ditumbuk akan memaksimalkan sari kunyit yang keluar.
  • Setelah kunyit halus, saringlah dan simpan airnya di dalam wadah untuk kemudian dicampur dengan air dan direbus dengan api sedang.
  • Setelah air kunyit tersebut panas, masukkan gula jawa, asam jawa, dan juga garam. Aduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
  • Bisa dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin, semua tergantung selera Anda
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails