Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KEGUNAAN MINERAL SENG BAGI TUBUH

Postingan berikut adalah tentang manfaat mineral seng yang telah banyak diketahui.Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang dipelukan oleh tubuh kita. Kekurang mineral seng dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan berupa gejala-gejala seperti luka yang lama sembuh, pertumbuhan tubuh yang lambat, gangguan mental, diare, rambut rontok, dan kehilangan nafsu makan. Mineral seng banyak terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti kerang, daging, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, bulir utuh, dan produk susu. Apa manfaat mineral seng bagi tubuh kita? 

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Mineral seng diketahui turut membantu menjaga kekebalan tubuh. Menambah asupan mineral seng bermanfaat mengobati demam dan gejala-gejala demam. Mineral seng juga bermanfaat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Mineral seng bermanfaat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Meningkatkan asupan mineral seng dapat membantu mengurangi gejala diare.Diare adalah salah satu gejala defisiensi mineral seng. 

Menangkal Radikal Bebas
Seng adalah salah satu mineral yang memiliki khasiat antioksidan yang menangkal reaktivitas radikal bebas dan mencegah kerusakan sel akibat stress oksidatif.

Membantu Mengendalikan Glukosa Darah
seng juga diketahui membantu mengendalikan aktivitas insulin. Insulin adalah hormon yang mengendalikan kadar glukosa darah. Mencukupi kebutuhan mineral seng dapat mengurangi resiko diabetes.

Membantu Fungsi Hormon Thyroxine 
Thyroxine adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid (kelenjar gondok) yang penting bagi metabolisma tubuh. Seng membantu mengubah hormon thyroxin menjadi triiodothyronine.

Menyuburkan Rambut
Mineral seng dikenal sebagai salah satu nutrisi rambut dan telah banyak digunakan dalam berbagai produk shampoo dan produk perawatan rambut lainnya. Salah satu gejala defisiensi mineral seng adalah rambut rontok.

Menjaga Sensitivitas Indera Perasa dan Indera Penciuman
Kekurangan mineral seng dapat mngurangi sensitivitas indera perasa (indera pengecap) dan indera penciuman. Hal ini dapat mengurangi selera makan seseorang. 

Menjaga Kesehatan Kulit
Mineral seng bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit. Mineral seng diperlukan dalam produksi kolagen, suatu jaringan penghubung yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan kulit. Mineral seng diketahui dapat membantu mengobati beberapa gangguan kulit seperti eksim (eczema), psoriasis, ketombe, ruam popok (diaper rush), luka, dan kulit terbakar.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails