Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KEGUNAAN Vitamin B2 (Riboflavin) BAGI TUBUH


Vitamin B2 vital bagi kesehatan, karena jika tubuh kita kekurangan vitamin ini maka dapat menimbulkan gejala-gejala seperti masalah pencernaan, masalah fungsi syaraf, masalah kulit, dan masalah penelihatan. Apa peran vitamin B2 dalam tubuh kita? Beberapa manfaat riboflavin atau vitamin B2 antara lain sbb.

>>>Membantu Tubuh Menghasilkan Energi
Proses mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi di dalam tubuh untuk mempertahankan hidup disebut metabolisma. Vitamin B2 diketahui berperan penting dalam membantu metabolisma karbohidrat, protein dan lemak. Karbohidrat, protein dan lemak adalah nutrien yang mengandung energi.

>>>Melindungi Syaraf 
Vitamin B2 diperlukan oleh sistem syaraf untuk menjaga fungsi syaraf tetap normal. Kekurangan vitamin B2 dalam tubuh dapat menimbulkan gejala gangguan fungsi syaraf. Vitamin B2 telah dimanfaatkan dalam perawatan penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, kecemasan dan epilepsi. 

>>>Menjaga Kesehatan Usus
Vitamin B2 diketahui bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan karena vitamin B2 berperan melindungi lapisan mukosa usus sehingga mengurangi resiko gangguan pencernaan. Timbulnya masalah pencernaan bisa jadi merupakan gejala dari defisiensi vitamin B2.

>>>Membantu Produksi Sel Darah Merah
Vitamin B2 juga diperlukan dalam produksi sel-sel darah merah. Sel-sel darah merah berperan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh tubuh sehingga menjamin fungsi organ agar tetap bekerja normal. 

>>>Membantu Pertumbuhan Jaringan 
Anak usia pertumbuhan harus mendapatkan asupan vitamin B2 yang cukup. Vitamin B2 sangat diperlukan dalam membangun jaringan tubuh terutama jaringan kulit, jaringan penghubung, membran mukosa, mata, dan syaraf. 

>>>Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin B2 berguna menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin B2 bisa mengakibatkan berkurangnya pengelihatan karena terganggunya sensitivitas mata terhadap cahaya.

>>>Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku
Vitamin B2 juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Kekurangan asupan vitamin B2 bisa mengakibatkan timbulnya gejala dermatitis, rambut berminyak, kepala berketombe, dan kuku rusak.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails