Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MANFAAT LIKOPEN PADA TUBUH MANUSIA

Likopen atau lycopene adalah pigmen karotenoid, yaitu fitokimia yang terdapat dalam buah atau sayuran. Likopen adalah karotenoid yang paling umum di dalam tubuh manusia. Likopen dikenal memiliki khasiat antioksidan kuat. Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Kelebihan radikal bebas dari sisa metabolisma dapat menyebabkan kerusakan sel yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Likopen banyak terdapat dalam sayuran dan buah yang berwarna cerah seperti merah, kuning, atau oranye. Contoh makanan yang banyak mengandung likopen adalah tomat, semangka, jambu biji, anggur pink, dan pepaya. Makan makanan tersebut dapat memenuhi asupan likopen dalam tubuh. Selain dari bahan makanan alami, anda juga dapat memperoleh asupan likopen dari suplemen vitamin yang mengandung likopen.

Likopen memiliki sifat antioksidan sehingga sangat bermanfaat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan merusak sel-sel tubuh. Likopen memiliki kemampuan mencegah kanker terutama kanker perut, kanker kolon, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker prostat, kanker serviks, dan kanker payudara. Likopen bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) karena berpotensi mencegah aterosklerosis dan penyakit jantung. Likopen juga bermanfaat mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kesehatan kulit. Likopen dikenal ampuh mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV (ultraviolet) dari cahaya matahari dan telah digunakan pada beberapa produk perawatan kulit.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails