Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

AKTIVITAS MENDUKUNG PERKEMBANGAN BAYI


Sebenarnya perkembangan bayi akan sangat dipengaruhi rangsangan atau stimulasi yang kita berikan. Stimulasi itu dapat berupa aktivitas yang dilakukan bersama Anda dan itu dapat berbeda untuk setiap bulannya. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama bayi Anda dalam rangka mendukung perkembangannya. Pada usia 6 bulan anak seharusnya sudah bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Berguling.

Gerakan mainan diatas kepala sejajar dengan matanya dan tempatkan diluar jangkauannya. Anak akan mengikuti mainan dan mencoba untuk meraih dan berguling untuk mendapatkannya.

Aktivitas rangsangan yang dapat Anda lakukan bersama bayi.

Baringkan anak terlentang dan pegang mainan di depan wajah anak sehingga dia dapat melihatnya. Letakan mainan tadi disamping di luar jangkauan anak. Rangsanglah anak berguling untuk meraih mainan. Lakukan untuk berguling ke kiri dan ke kanan.

Bila anak mengalami kesulitan . bengkokan satu lutut ke atas depan dada dan perlahan-lahan tarik kaki dan pahanya ke samping sehingga tubuh anak mengikutinya. Lakukan pada sesi yang lain.

2. Menyangga tubuh pada lengan , menjangkau mainan.

Tempatkan mainan di depan anak dalam jangkauannya. Anak akan mengangkat lengannya. Jika tidak, naikkan anak dengan mendukung bahunya sehingga mengistirahatkan lengannya. Anak akan dapat menangkap mainan dan bermain dengan mainannya. Anak sering memasukan mainannya ke mulut, jadi periksalah mainan dari segi keamanan untuk anak seusianya.

Aktivitas rangsangan yang dapat Anda lakukan bersama bayi.

Pada saat anak tengkurap, gerakan sebuah mainan berisik di depannya. Biarkan anak menyentuh mainan tersebut. Kemudian gerakan mainan menjauh, mintalah anak untuk datang dan mengambil mainan itu.

3. Bermain pada posisi duduk dengan bantuan.

Bantulah anak ke pangkuan. Pegang mainan atau giring-giring dimana anak dapat menjangkaunya, anak akan menjangkaunya dan bermain dengan mainan tersebut.

Aktivitas rangsangan yang dapat Anda lakukan bersama bayi.

Duduklah dengan kaki selonjor, tempatkan anak pada posisi duduk, diantara kaki Anda. Topanglah anak di depan/bersandar pada tubuh Anda. Tempatkan mainan langsung di depan anak. Buatlah agar anak bermain, pada akhirnya kurangi bantuan Anda sehingga dia dapat duduk tanpa bantuan antara kaki Anda lalu bermain tanpa bantuan dan sandaran.

Cara lain untuk membantu anak duduk. Anda dapat menggunakan bantal atau sebuah kotak untuk menopang anak.

4. Senang diayun-ayunkan ke atas.

Pegang anak di bawah lengan dan mengayunkan keatas da kebawah perlahan-lahan. Anak akan senang dan tersenyum-tertawa.

Aktivitas rangsangan yang dapat Anda lakukan bersama bayi.

Tataplah mata anak atau angkat anak di depan Anda, atau menggerakan lengannya ke muka Anda. Bawalah tangan anak dan sentuhlah ke muka dan mulut Anda supaya anak bisa melakukannya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "AKTIVITAS MENDUKUNG PERKEMBANGAN BAYI"

  1. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    BalasHapus
  2. Hey keep posting such good and meaningful articles.

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner