Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BERBAGAI MANFAAT KUNYIT

Menurut Journal of American Chemical Society, kunyit mengandung berbagai macam antioksidan, antivirus, antibakteri, antijamur, antikarsinogenik, antimutagenik dan anti-inflamasi. Kunyit juga mengandung beberapa nutrisi seperti, sarat protein, serat, niasin, vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, natrium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium dan seng. Karena kandungan nutrisinya tersebut, yang membuat kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering digunakan untuk pengobtana dari berbagai macam penyakit.

Berikut daftar khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan
Antioksidan. Bahan aktif yang terdapat dalam kunyit adalah curcumin, yang dikenal sebagai antioksidan yang sangat kuat . 

Menjaga Kesehatan Jantung. Kunyit mampu mengurangi risiko pembekuan darah dan mencegah dari penumpukan plak di arteri, yang membantu dalam melawan stroke dan masalah pembekuan terkait lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik , yang keduanya berperan dalam menjaga kesehatan jantung. 

Memperlambat proses Alzheimer ( penyakit menurunnya daya ingat ). Para peneliti mempelajari efek kurkumin yang terdapat dalam kunyit memiliki manfaat untuk memperlambat proses alzheimer. Orang-orang di India yang berusia 70 tahun lebih, memiliki tingkat lebih rendah untuk mengidap penyakit Alzheimer dibandingakan dengan orang yang berusia sama di Amerika Serikat. Banyak yang mengagnggap hal tersebut dikarenakan tingginya asupan kari India, yang dibuat dengan kunyit. 

Menjaga kesehatan hati. Manfaat sehat dari kunyit sangat banyak, bahkan dalam sebuah penelitian pada tahun 2007 pada tikus, telah menemukan bahwa kurkumin pada kunyit mampu melindungi dari kerusakan hati. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu menekan produksi protein tertentu yang dapat mencegah peradangan. 

Mencegah Diabetes. Penelitian pada tikus telah menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu menjaga kestabilan gula darah serta mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2008 lalu, para ilmuwan juga menemukan bahwa kunyit dapat membantu peradangan yang berkaitan dengan obesitas. 

Mencegah kolesterol. kolesterol merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai macam masalah kesehatan, akan tetapi taukah anda bahwa kunyit memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol ? Penelitian telah membuktikan bahwa menggunakan kunyit sebagai bumbu dalam makanan dapat menurunkan kadar kolesterol. 

Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kunyit mengandung lipopolisakarida, yang ber-manfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Yang berfungsi sebagai antibakteri, antivirus dan antijamur yang juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lemahnya sistem kekebalan tubuh dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti pilek, flu dan batuk. Jika anda mengalami flu dan batuk anda bisa menggunkan kunyit sebagai obat tradisional, dengan cara mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat. 

Membantu penyembuhan luka. Kunyit merupakan salah satu antiseptik dan antibakteri alami yang dapat membantu penyembuhan luka. Jika Anda mengalami luka bakar, anda dapat menggunakan kunyit dengan cara menaburkan kunyit pada daerah yang terkena luka bakar untuk mempercepat proses penyembuhan. Selain itu Kunyit juga bermanfaat dalam membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kulit. 

Menstabilkan berat badan. Bubuk kunyit memiliki manfaat untuk membantu dalam menjagakestabilan berat badan. Sebuah zat yang terdapat dalam kunyit dapat membantu meningkatkanaliran empedu, zat tersebut juga ber-manfaat dalam pemecahan lemak makanan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan atau mencegah obesitas bisa menggunakan satu sendok teh bubukkunyit pada makanan. 

Sebagai antibiotik alami. Kunyit merupakan antibiotik dan antiseptik alami yang secara historis telah digunakan sebagai salep herbal untuk mengobati segala macam luka kecil, goresan, atau penyakit kulit lainnya. Minyak esensial dari Kunyit merupakan antibiotik topikal yang sangat kuatyang dapat membantu mencegah infeksi dan sepsis pada luka. Selain itu penyakit kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim juga bisa diobati dengan ramuan kunyit. kunyit juga bermanfaat untuk membantu menghentikan rasa sakit dan bengkak yang diakibatkan oleh luka serta membantu penyembuhan jaringan kulit yang rusak.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails