Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

JENIS MAKANAN UNTUK PENAMBAH DARAH

Daging kambing. 
Daging kambing merupakan makanan penambah darah yang umum kita ketahui bersama. Daging kambing mengandung sejumlah nutrisi penting seperti zat besi, protein dan juga mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita 

Daging bebek. 
Senada dengan daging kambing bebek juga merupakan makanan penambah darah yang sudah sangat terkenal, bagi anda penderita anemia dan membutuhkan tambahaan darah cobalah makan daging bebek secara teratur. 

Sayur bayam. 
Bayam merupakan sumber zat besi yang cukup baik, zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah, jadi dengan anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan zat besi seperti bayam akan dapat menambah darah anda dengan cepat. 

Telur. 
makanan yang satu ini memang sudah terkenal sejak dulu memiliki banyak nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, telur mengandung tinggi protein, kalsium, vitamin dan juga zat besi sehingga sangat baik untuk makanan yang dapat membantu menambah darah. 

Hati hewan. 
Hati merupakan makanan penambah darah paling efektif, hal tersebut dikarenakan hati memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi,mengkonsumsi hati secara cepat akan membantu anda memenuhi kebutuhan zat besi yang merupakan nutrisi penting penambah darah. 

Susu
Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan saat mengkonsumsi susu, susu adalah makanan super yang yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi susu secara rutin akan membantu anda untuk memperkecil resiko terkena anemia atau kekurangan darah. 

Coklat hitam. 
Manfaat Coklat khususnya yang berwarna hitam merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat, bukan hanya antioksidan, coklat juga kaya akan kandungan zat besi. dalam 100 gram coklat memenuhi sekitar 35 % dari kebutuhan zat besi harian anda. 

Beras merah. 
Beras merah dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Beras merah menagandung serat alami yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan membantu membersihkan tubuh dari racun. Kandungan zat besi yang tinggi dalam beras merah juga sangat efektif untuk menambah darah. 

Kentang. 
Kentang merupakan salah satu pilihan terbaik sebagai makanan sumber zat besi untuk para vegetarian. Selain zat besi yang dapat menambah darah anda, kentang juga memiliki kandungan vitamin C yang akan lebih mudah bagi tubuh anda untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan. 

Brokoli
Selain kaya akan kandungan protein nabati brokoli juga mengandung zat besi yang cukup ampuh untuk membantu anda menambah darah dengan cepat. Seperti halnya kentang brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebeas dan memperkuat sisitem imun anda. 

Kubis
Bagi para vegetarian tidak usah khawatir jika ingin memenuhi kebutuhan zat besi harian anda, ada banyak sayur yang bisa anda konsumsi sebagai makanan penambah darah yang baik dan bebas lemak seperti kubis. Makanan ini bisa anda sajikan dalam bentuk mentah sebagai lalapan atau juga bisa membuatnya sebagai sayur. 

Gandum. 
Gandum kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda, gandum mengandung tinggi zat besi yang berfungsi untuk mengatasi anemia karena akan menambah darah anda dengan cepat. Selain itu gandum juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes. 

Kerang. 
Kerang sangat tinggi akan kandungan zat besinya. Tiga ons kerang yang sudahdimasak, atau sekitar sembilan kerang kecil, mengandung sekitar 24 miligram zat besi. Hal tersebut lah yang membuat kerang sangat efektif dijadikan sebagai makanan penambah darah. selian itu Kerang juga merupakan sumber yang baik dari fosfor, kalium, seng, tembaga, mangandan selenium. 

Buah strawberry. 
buah seperti strawberry mengandung zat besi yang sangat baik, walaupun mengkonsumsi buah yang satu ini tidak akan dengan cepat menambah darah, akan tetapi buah dan sayru dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk membantu anda mendapatkan vitamin dan juga antioksidan. Buah selain dapat menambah darah juga lebih rendah lemak dan tinggi serat yang tentunya kombinsi tersebut menjadikan buah-buahan memliki kelebihan tersenidiri dibandingkan dengan daging dalam perannya menjadi makanan penambah darah. 

Kedelai
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat besi pada kedelai rebus mencapai 58,22 ppm, sedangkan kedelai yang sudah difermentasi 1 hari sekitar 25,53 ppm dan tempe 62.84 ppm. Dengan jumlah tersbeut tentunya akan menempatkan kedelai sebagai makanan penambah darah yang cukup efektif. Baca juga 11 manfaat susu kedelai

Telur ikan
Walaupun telur ikan cukup sulit didapat dan harganya juga mahal untuk jenis telur ikan tertentu akan tetapi sangat sepadan dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Dalam satu sendok makan telur ikan menyediakan sekitar 4 gram protein, dan 1 gram karbohidrat. Selain kedua nutiris tersbeut telur ikan juga mengandung salah satu mineral yang berfungsi untuk menambah darah yaitu zat besi. Seseorang yang kurang mendapatkan asupan zat besi yang cukup akan beresiko menderita anemia dengan gejala seperti pusing dan cepat lelah. 

Dada ayam. 
Bagi anda yang ingin menambah darah dengan cepat makanan yang bisa anda coba adalah dada ayam, kenapa harus dada ayam? Hal Ini dikarenakan kandungan gizi dalam dada ayam jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bagian ayam yang lainnya. Bagian dada ayam juga mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang masing-masing sebesar 60 mg dan 500 mg.

Kismis
Kismis merupakan buah dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi 1/2 gelas kismis mengandung sekitar 1,6 miligram zat besi ( 9 % DV ). Mengkonsumsi kismis secara rutin akan membantu anda mengatasi masalah kurang darah anda.

Kacang-kacangan. 
Jenis Kacang merupakan makanan penambah darah selanjutnya, makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan camilan karena merupakan makanan ringan. Jenis kacang-kacangan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda karena mengandung tinggi Vitamin D. 

Ikan Salmon. 
Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah darah adalah vitamin B12, Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh kita. Vitamin B12 berfungsi untuk pembelahan sel, pembentukan sel darah, dan menjaga sistem saraf dan sel-sel sehat tubuh yang sehat. Vitamin B12 juga sangat diperlukan dalam proses pembentukan DNA.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails