Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Gejala umum dari Fibromyalgia (FMS)


Gejala umum dari fibromyalgia atau biasa yang disebut FMS (penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh) dan sindrom kelelahan kronis (ME/CFS) adalah sensitivitas tubuh terhadap dingin yang dapat membuat musim dingin menjadi sebuah pertempuran nyata. Dengan sedikit perencanaan, Anda dapat meringankan kondisi terburuk dari cuaca dingin.

Banyak peneliti percaya penyakit ini melibatkan sesuatu yang disebut Dysautonomia, yang berarti disregulasi dari sistem saraf otonom. Itulah yang mengendalikan homeostasis, menjaga hal-hal seperti detak jantung, pencernaan, dan suhu tubuh dalam parameter normal.

Dalam Dysautonomia, fungsi-fungsi otomatis bisa melenceng. Ketika kaki orang yang sehat dingin misalnya, sistem saraf otonom menendang agar terjadi reaksi, mengarahkan kembali aliran darah untuk menghangatkan daerah yang dingin. Selama situasi yang tidak ekstrim, tubuh harus mampu mengatasi pengaruh lingkungan. Dysautonomia membuat seseorang dengan FMS atau ME/CFS merasakan kaki dingin, namun tubuhnya tidak mampu beradaptasi dengan baik, sehingga kaki tetap dingin.

Bahkan ketika mengenakan kaus kaki tebal sekallipun tidak dapat membantu menghangatkan kaki. Nyatanya memang lingkungan memiliki dampak yang lebih besar pada tubuh. Pada beberapa orang, masalah ini mungkin cukup berat untuk dirasakan sendiri hal ini biasa disebut dengan sindrom Raynaud.

Apa itu sindrom Raynaud?
Ketika rasa sakit secara langsung membuat tubuh menjadi dingin tapi tidak ada kerusakan jaringan terjadi, itu disebut allodynia termal. Ketika dingin bertindak sebagai pemicu nyeri di sekujur tubuh dan terjadi pula di daerah yang tidak dingin, hal tersebut adalah proses FMS dan ME/CFS cenderung bekerja, dilansir dari laman Verywell.

Mencegah Masalah Kedinginan
Sejauh ini, belum ada pengobatan yang ditujukan untuk mengatur suhu dan mengurangi gejala yang berhubungan dengan dingin. Artinya penderita perlu menemukan cara untuk mengelola gejala-gejala tersebut. Cara terbaik adalah untuk mencegah diri dari paparan suhu yang terlalu dingin, seperti berikut ini.

  1. Menjaga kaki Anda tertutup selama cuaca dingin.
  2. Berpakaian hangat (namun, berpakaian terlalu hangat dapat memicu gejala sensitivitas panas).
  3. Minum minuman panas.
  4. Makan makanan panas seperti sup dan oatmeal.
  5. Segera pergi sebelum dingin datang.
  6. Panaskan mobil Anda sebelum Anda meninggalkan rumah, terutama dengan remote starter.
  7. Menjaga lingkungan Anda agar tetap hangat.
  8. Menggunakan selimut dan sandal.
REPUBLIKA.CO.ID, 
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails