Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PENGOBATAN SINUSITIS ALAMI

PENGOBATAN SINUSITIS ALAMI

Pada asalnya, sinus berisikan udara, namun apabila sinus ini tersumbat dan terhalang oleh suatu cairan dikerenakan oleh virus, bakteri (ada lima nama bakteri penyebab sinusitis, diantaranya : Streptococcus pyogenes, Moraxella catarrhalis, Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumonia, dan Haemophilus influenza) maupun jamur, maka bisa menyebabkan infeksi. Dan jika hal ini terjadi, maka inilah yang disebut dengan penyakit sinusitis. 

GEJALA – GEJALA MENDERITA SINUSITIS


Sebagian besar gejala – gejala (ciri – ciri) orang yang mengalami sinusitis memang mirip dengan orang yang menderita penyakit pilek atau flu. Hanya saja, biasanya orang yang menderita penyakit pilek atau flu biasanya berlangsung tidak begitu lama dan sedikit lebih mudah dalam penanganannya. Berbeda dengan penderita penyakit sinusitis, rata – rata mereka menderita penyakit ini dalam kurun waktu yang lama, bahkan sampai bertahun – tahun bagi penderita sinusitis akut. Secara umum penderita sinusitis mempuyai gejala gejala (tanda – tanda) sebagai berikut :

1. Hidung tersumbat, sebagaimana penderita flu pilek

2. Hidung mengeluarkan cairan secara terus – menerus berwarna hijau pekat

3. Pusing atau sakit kepala

4. Merasakan deman atau panas, 

5. Mengeluarkan bau tidak enak, saat bernafas

6. Mengalami batuk – batuk, lebih – lebih ketika pada malam hari

7. Merasakan sakit atau tekanan pada sekitar hidung, pipi, dahi dan mata

8. Indra penciumannya menjadi kurang tajam

Itulah tanda – tanda (ciri – ciri) orang yang mengalami sinusitis. Gejala – gejala tersebut bisa terjadi baik pada orang dewasa maupun pada anak – anak balita.

PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Untuk pengobatan, sebagai langkah pertama, biasakan untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter atau rumah sakit terdekat agar dapat diketahui dengan pasti

penyakit yang diderita sekaligus mendapatkan obat untuk penyembuhannya. Namun untuk usaha preventif bagi penderita sinusitis agar penyakitnya dapat sedikit mereda, bisa anda lakukan di rumah dengan cara :

- Banyak minum air, khususnya air hangat.

- Bisa pula dengan menghirup uap air hangat (panas) yang telah dicampuri dengan garam.

- Bisa pula dengan mengompres air hangat di sekitar pipi

Disamping itu, ada beberapa resep (ramuan) tradisional (herbal) alami yang bisa digunakan untuk mengobati dan mengatasi penyakit sinusitis. Berikut kami sajikan beberapa ramuan tersebut :


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah siapkan kunyit 1 cm, daun cemara 1 genggam, daun sirih 7 lembar dan 10 gelas air.

Cara membuat ramuannya yaitu terlebih dahulu kunyit diparut. sisihkan. Lalu campurkan parutan kunyit, daun cemara dan daun sirih dengan air kemudian direbus hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi setengahnya. Angkat dan tuangkan air rebusan dalam wadah. Setelah itu, hirup uap dari air rebusan tadi. Lakukan sehari dua kali setiap pagi dan sore. Ulangi sampai penderita sinusitis sembuh.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah sediakan daun sirih merah secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu daun sirih merah dicuci bersih. lalu daun sirih merah ditumbuk sampai halus. Kemudian siapkan kapas bersih, balurkan tumbukan tadi diatas kapas tersebut, lalu kapas digulung tetapi ditengahnya masih ada lubangnya. Masukkan gulungan kapas ke dalam hidung, sebaikkanya dikerjakan sebelum tidur.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah siapkan serai lima batang, jeruk nipis tiga buah, daun sirih tujuh lembar, cengkeh 17 biji, jahe dua cm.

Cara membuat ramuannya yaitu serai/sereh serta jahe dicuci bersih, dimemarkan. Kemudian kulit jeruk nipis dikupas, dibelah menjadi 4 bagian. Setelah itu bahan-bahan tersebut direbus dengan air enam gelas sampai air mendidih. Biarkan airnya tersisa setengahnya. Air rebusan diminum sehari tiga kali masing-masing setengah gelas. Sebaiknya diminum sesudah makan.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah sediakan bawang putih lima siung, jahe sepuluh gram, lokio 60 gram dan air 600 ml.

Cara membuat ramuannya yaitu semua bahan dicuci bersih. lalu direbus hingga mendidih. Biarkan airnya tersisa setengahnya. Angkat serta air rebusan disaring. Air rebusan dikonsumsi dalam keadaan masih hangat sehari dua kali secara teratur.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah siapkan daun sambiloto kering 12 gram dan air 4 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu daun sambiloto kering direbus sampai mendidih. Angkat dan disaring. Air rebusan diminum.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah sediakan daun lidah buaya secukupnya.

Cara membuat ramuannya yaitu daun lidah buaya dikupas kulitnya. Lalu daging lidah buaya tersebut direbus hingga mendidih. Air rebusan dapat dikonsumsi. Selain itu, bisa juga untuk pemakaian luar yaitu dengan cara cairan dari lidah buaya diteteskan pada hidung.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah siapkan serai/sereh 2-3 batang, gula aren secukupnya dan air 3 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu serai/sereh dicuci bersih. lalu serai/sereh dan gula aren direbus dengan air sampai mendidih. Air rebusan dapat dikonsumsi. Selain itu dapat juga dengan cara batang serai/sereh dimemarkan sampai menghasilkan cairan dari batang serai/sereh. Kemudian cairan serai tersebut diteteskan pada hidung, biarkan beberapa saat, lalu dikeluarkan pelan-pelan.


PENGOBATAN SINUSITIS TRADISIONAL

Bahan-bahannya adalah sediakan kunyit 3 cm, madu 1 sendok makan serta air 2 gelas.

Cara membuat ramuannya yaitu kunyit dicuci bersih. lalu kunyit dan madu direbus dengan air hingga mendidih. Angkat dan disaring. Minum air rebusan tersebut selagi masih hangat.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails