Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

RAMUAN ALAMI MENGOBATI DIARE

Sebelum adanya obat-obat praktis seperti obat kimia, orang-orang terdahulu ternyata mengobati sakit diare dengan berbagai ramuan tradisional seperti kunyit, beras, teh pahit, atau garam.

Kunyit dan beras ketan


Kunyit

Kunyit dan beras merupakan ramuan alami yang bisa mengobati diare. Cara pembuatannya yaitu, sangrai (goreng tanpa minyak) beras ketan sebanyak 100gram. Lalu, bakar 1 jari kunyit sampai hangus. Kemudian tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus dan seduh dengan air panas.

Aturan pakainya yaitu satu sendok makan untuk sekali seduh. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari untuk mengobati diare. Sebaiknya lakukan secara rutin sampai diare yang Anda derita benar-benar sembuh.

Cuka apel

Cuka apel berbeda dengan cuka lainnya. Cuka apel bermanfaat untuk mengobati diare. Caranya yaitu dengan mengonsumsi dua sendok teh cuka apel untuk mengobati diare secara cepat.

Anda tidak perlu repot membuat cuka apel, sudah banyak tersedia berbagai jenis cuka apel yang bisa Anda beli di pasaran.

Teh pahit

Teh tanpa gula atau teh pahit bisa membantu meringankan diare Anda. Teh pahit manjur mengobati diare karena zat yang terdapat pada teh mampu mencegah tinja menjadi cair. Meskipun tidak boleh menambahkan gula, Anda dapat menambahkan madu jika Anda tidak menyukai rasa pahitnya.

Ramuan kunyit
Kunyit merupakan obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit. Salah satunya yaitu diare. Cara penggunaannya yaitu, parut dan rebus kunyit bersama dua gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya menyusut hanya tinggal satu gelas. Selagi masih hangat, minumlah air rebusan kunyit tersebut untuk mengobati diare.

Larutan garam atau oralit

Oralit atau larutan garam merupakan obat diare yang sudah banyak dikenal dan terbukti ampuh. Oralit atau larutan garam elektrolit ini efektif untuk mencegah frekuensi buang air besar yang terlalu sering dan tidak wajar.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails