Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BAHAYA KANKER KELENJER GETAH BENING



Penyakit jenis kanker getah bening atau yang memiliki nama lain “limfoma” ini memiliki tingkat keganasan yang cukup tinggi, dimana kanker ini berkaitan pada sistem limfatik dalam tubuh. Sistem limfatik sendiri adalah bagian yang memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh, dimana fungsinya sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan sistem limfatik yang lemah, tentu saja tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit yang salah satunya adalah tidak dapat lagi melawan bibit kanker dan infeksi dalam tubuh.

Limfatik seperti cairan berwarna putih layaknya susu ini memiliki kandungan protein lemak dan juga tinggi akan limfosit, dimana seharusnya kandungan tersebut dapat disebarkan pada seluruh tubuh. Ketika limfaktik tidak dapat bekerja secara efektif lagi, maka sudah di pastikan jika tubuh tidak mendapatkan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, dan daya tahan tubuhpun melemah.

Jenis Kanker Getah Bening

Penyakit kanker kelenjar getah bening ini biasanya terdapat pada bagian ketiak, leher atau bisa juga terjadi pada bagian pangkal paha. Penyakit jenis ini terbagi menjadi dua bagian, yatu penyakit limfoma Hodgkin dan juga penyakit limfoma non Hodgkin.


Penyakit limfoma Hodgkin

Jenis penyakit limfoma satu ini pada umumnya menyerang bagian jaringan limfoid terdapat pada kelenjar limpa atau limfe. Pada umumnya, jenis penyakit kanker kelenjar getah bening ini menyerang para pria dengan usia masih muda yaitu 1 hingga 38 tahun atau pada pria usianya di atas 50 tahun. biasanya penyakit ini terjadi karena adanya sel yang bekerja secara tidak normal. 

Biasanya seseorang ketika mengalami masalah penyakit jenis ini akan mengalami beberapa gejala seperti berikut ini:

  • Adanya pembengkakkan pada bagian leher, lipatan paha, ketiak dan bagian lainnya dimana penderitanya akan mengalami rasa nyeri.
  • Ada beberapa orang yang mengalami masalah penyakit ini biasanya mengalami masalah bagian dada dan akibatnya adalah susah bernafas.
  • Akan mengalami demam dengan kebiasaan keluarnya keringat pada malam hari, mengalami penurunan berat badan dan penurunan nafsu makan.
  • Ketika penyakit kanker getah bening ini tidak mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat, maka akan menimbulkan penyebaran sel sel abnormal pada sekitar getah bening yang menyebabkan terjadinya kerusakan struktur lain seperti hati, paru paru dan organ organ tubuh lainnya.

Penyakit Limfoma Non-Hodgkin

Untuk jenis penyakit kanker kelenjar getah bening kedua ini biasanya terjadi pada seseorang mengalami penyakit ini pada stadium lanjut. Penyakit ini bisa menyebar ke berbagai kelenjar seperti organ limfoid, hati, limpa, limfe dan juga dapat menyerang pada bagian tulang sumsum seseorang. Dapat di katakan, jenis penyakit kanker kelenjar getah bening kedua ini jauh lebih parah ketimbang jenis pertama. 

Berikut ini adalah beberapa tanda tanda seseorang mengalami penyakit jenis ini

  • Terjadinya pembesaran pada kelenjar getah bening
  • Terjadinya pembesaran adenoid, tonsil, limfonodus yang terdapat pada bagian leher yang tampak kemerahan
  • Terjadinya gejala demam, tubuh mudah lelah, bobot tubuh yang menurun drastis dan sering berkeringat pada malam hari.
  • Kedua jenis penyakit tersebut tentulah memiliki penyebab, dimana ketika penyebab tersebut di lakukan secara terus menerus dan tidak menjalankan aktifitas pengobatan, sudah pasti penyakit ini akan lebih menyebar dan semakin parah. Untuk penyebab terjadinya penyakit kelenjar getah bening itu sendiri adalah seperti berikut ini.

Beberapa penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening :

  • Karena faktor keturunan atau faktor ginetik
  • Terjadinya penurunan kekebalan tubuh dalam tubuh
  • Mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan pengawet, memiliki kandungan herbisida dan juga makanan makanan yang mengandung zat pewarna berbahan kimia.
  • Sering mengkonsumsi minuman minuman yang memiliki kandungan alkohol
  • Sangat jarang meluangkan waktu untuk berolahraga
  • Kurangnya mengkonsumsi air putih
  • Seseorang yang merupakan perokok pasif
  • Gaya hidup yang kurang sehat, kurang istirahat, dan tidak memperhatikan makanan yang di konsumsi.
  • Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker kelenjar getah bening ini, namun selain beberapa penyebab di atas, masih ada beberapa penyebab dan beberapa faktor yang menyebabkan penyakit kelenjar getah bening ini bisa terjadi.

1. Akibat terserang virus

Virus biasanya di bawa oleh lingkungan, angin, hewan dan sebagainya dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang menderita penyakit kanker kelenjar getah bening ini. Seseorang apabila terserang virus tertentu yang kemudian tubuh mengalami infeksi. Biasanya seseorang yang mengalami hal ini, akan ditandai dengan terserangnya gejala flu yang kemudian akan adanya pembengkakan kelenjar getah bening.


2. Akibat infeksi

Tubuh yang terinfeksi oleh zat zat tertentu yang berbahaya membuat tubuh mengalami masalah kesehatan. Infeksi yang di alami oleh tubuh kemudian terjadinya peningkatan jumlah limfosit atau sel darah putih ini, merupakan salah satu jenis tanda bahwa adanya zat zat yang tidak di kenal yang masuk ke dalam tubuh.

3. Inflamasi atau terjadinya peradangan

Inflasi atau peradangan yang terjadi pada bagian kelenjar getah bening, yang disebabkan oleh zat zat yang asing dalam tubuh. Hal ini memicu peradangan pada sel darah putih yang kemudian yang kemudian mematikan sel darah putih tersebut karena zat zat asing yang datang.

4. Terjadinya kanker darah

Penyakit kanker darah merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker kelenjar getah bening. Penyakt kanker darah ini memang benar benar tidak bisa di spelekan, karena akan mengakibatkan teradi hal negative lainnya yaitu kelenjar getah bening. Hal ini di karenakan getah bening dalam tubuh menjadi tidak terkendali jumlahnya atau biasanya kejadian ini disebut dengan leukemia.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAHAYA KANKER KELENJER GETAH BENING"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner