Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Cara Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

http://mypotik.blogspot.com/

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah jenis infeksi yang sangat umum terjadi. Laki-laki ataupun perempuan bisa terkena, bahkan tidak memandang usia. Pada ISK terjadi peradangan pada salah satu bagian atau semua saluran kemih yang terdiri dari kandung kemih, uretra, dan ureter akibat terinfeksi oleh bakteri.

Meskipun siapa saja dapat terserang infeksi saluran kemih, namun hal ini lebih sering terjadi pada wanita, terlebih ketika memasuki masa menopause, kehamilan, pengantin baru (aktif secara seksual) serta orang dengan diabetes melitus.

Agar tips mengobati infeksi saluran kemih ini tepat guna, maka kita harus mengenal terlebih dahulu gejala apa saja yang dirasakan seseorang ketika mengalami infeksi saluran kemih. Beberapa gejala yang berhubungan dengan infeksi ini termasuk sering merasa ingin buang air kecil, rasa panas seperti terbakar saat buang air kecil, air seni yang keluar hanya sedikit, perubahan warna urin, mual, demam, sakit perut dan muntah.
12 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Mungkin dokter telah memberikan Anda obat infeksi saluran kemih, namun tips yang ada di sini bersifat tambahan yang bisa Anda terapkan di rumah tanpa bertentangan dengan obat yang dokter berikan.

Minum yang Banyak

Dianjurkan untuk mengambil minum air putih setidaknya 250ml setiap jam di siang hari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah urin yang diproduksi. Tentu akan mempercepat penyembuhan ISK karena setiap kali Anda buang air kecil, maka kandung kemih dan saluran kencing lainnya akan dibersihkan. Minum banyak air setiap hari juga akan membantu mengusir bakteri berbahaya.

Namun perlu diingat, ketika Anda sudah merasa ingin buang air kecil, maka segeralh dikeluarkan jangan ditahan. Apabila air seni ditahan maka akan sia-sia usaha kita, karena bakteri akan berkembiang biak dengan leluasa dan lebih giat lagi.

Hindari Bahan Iritan

Ketika kita berupaya mengobati Infeksi saluran kemih, hal penting yang perlu kita lakukan adalah mengurangi asupan alkohol, kafein, panas rempah-rempah serta jeruk. Zat-zat ini diketahui dapat mengiritasi kandung kemih. Alkohol dan kafein secara khusus dilarang karena akan menyebabkan dehidrasi.

Bahkan ketika kita tidak sedang terinfeksi bakteri ISK, kita dapat mencegah infeksi dengan meminimalkan asupan alkohol dan kafein. Jadi selain mengobati, juga bisa mencegah.

Konsumsi Nanas dan Blueberry

Nanas memiliki sifat anti-inflamasi sementara blueberry memiliki sifat menghambat bakteri . Sifat-sifat baik ini akan mempercepat proses penyembuhan. Anda dapat menyertakan buah ini dalam makanan sehari-hari A.

Jus Apel atau Cuka Apel


Minuman ini mengandung kalium dan enzim serta mineral lainnya, yang mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan ISK. Ini juga dapat digunakan sebagai antibiotik alami untuk pengobatan infeksi saluran kemih. Baca juga: Manfaat Cuka Apel

Terapkan Kompres Hangat

Sediakan botol air panas dengan air panas di dalamnya dan letakkan di perut bagian bawah. Cara ini akan meminimalkan tekanan pada kandung kemih dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi ISK. Selain itu bermanfaat juga mengurangi peradangan dan mencegah penyebaran infeksi bakteri lebih lanjut.

Gunakan Baking Soda

Minum campuran baking soda dan air setidaknya dua kali setiap hari. Larutan ini bersifat basa sehingga akan menyeimbangkan keasaman urin dan juga bertindak sebagai pereda nyeri. Selain untuk mengobati infeksi saluran kemih, baking soda juga dapat mengusir batu ginjal yang disebabkan oleh asam urat.

Minum Suplemen

Anda bisa melawan bakteri pada tahap awal dengan meningkatkan asupan suplemen kesehatan. Beberapa suplemen kesehatan termasuk goldenseal, vitamin C, cranberry, echinacea, dan jelatang.

Vitamin C akan mengasamkan urin sehingga membuat bakteri tidak betah berada dalam saluran kemih. Vitamin ini juga akan memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan setiap infeksi.

Anda juga dapat mengonsumsi 250ml teh goldenseal, teh jelatang dan teh achinacea beberapa kali setiap hari. Teh ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan peradangan, dan tentu saja berguna dalam pengobatan infeksi saluran kemih.

Perbaikan biasanya terjadi 36 jam setelah menggunakan suplemen ini. Namuun jika tidak ada perbaikan, maka Anda harus mencari bantuan profesional medis agar infeksi tidak berlanjut menjadi parah.

Menjaga Kebersihan Pribadi

Menjaga kebersihan yang layak akan mempercepat proses penyembuhan infeksi. Wanita harus selalu membersihkan (cebok) dengan mengusap dari depan ke belakang setiap kali setelah buang air. Selalu biasakan untuk buang air kecil setelah “berhubungan”. Mandilah dengan air mengalir, tidak dianjurkan berendam. Hindari menggunakan produk wangi di sekitar area kewanitaan.

Kenakan Pakaian yang Tepat

Gunakanlah pakaian berbahan katun karena bisa menjaga daerah genital tetap kering. Hindarilah pakaian ketat karena akan menyebabkan berkeringat dan kelembaban yang menguntungkan untuk pertumbuhan bakteri.
Obat Infeksi Saluran Kemih

Pergi ke Dokter

Meskipun telah menerap cara mengobati infeksi saluran kemih di atas, Anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter, meskipun penyakit yang Anda alami ringan. Ini merupakan langkah kehati-hatian agar infeksi tidak menjadi semakin parah atau menyebar ke ginjal (infeksi ginjal). Dokter akan memberikan obat antibiotik yang penting dalam melawan bakteri.

Obat Antibiotik untuk Infeksi Saluran Kemih

Resep antibiotik akan bervariasi pada pria dan wanita. Pria dianjurkan untuk minum antibiorik selama tujuh sampai empat belas hari sementara wanita dianjurkan minum obat antibiotik cukup selama 3 sampai 5 hari. Habiskanlah setiap obat antibiotik yang diberikan dokter, atau sesuai petunjuk dokter agar bakteri benar-benar musnah dan Anda bisa sembuh total tanpa kekambuhan.

Jika antibiotik oral (yang diminum) tidak menunjukkan hasil yang memuaskan, maka obat antibiotik intravena (suntik) dapat diberikan. Pad kondisi ini pasien perlu perawatan beberapa hari di rumah sakit.
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails