Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Cara Penyembuhan Infeksi Telinga Berjamur


Apabila mau menyembuhkan telinga yang terkena infeksi jamur, Anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu.


Anda memang harus mengerti bagaimana bisa terjadi infeksi jamur pada telinga. Setelah mengetahui apa penyebab pastinya, Anda pun bisa berlanjut ke penanganan maupun pengobatan yang tepat dan sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera menuju dokter THT yang terdekat di tempat tinggal Anda, untuk melakukan pemeriksaan. Umumnya jamur yang mengakibatkan terjadinya infeksi tersebut memiliki nama jamur Aspergillus.


Untuk mengatasi jamur jenis ini umumnya dibutuhkan obat yang berjenis topical, tetapi Anda pun juga dapat memanfaatkan herbal alami, di mana herbal alami ini bisa Anda buat sendiri di rumah, jadi tidak perlu membeli. 

baca juga artikel tentang telinga lainnya dibawah ini:

Infeksi jamur di telinga bisa mengakibatkan perasaan nyeri yang tak tertahankan. Memang ragam penyakit telinga apapun bisa mengganggu aktivitas keseharian Anda, termasuk yang satu ini. Anda pun apabila mengalami infeksi jamur di telinga bisa mengalami gangguan kemampuan pendengaran, sebab jamur ini dapat tumbuh bertambah banyak, khususnya jika Anda biarkan infeksi ini tanpa diobati atau diberikan penanganan yang tak tepat, sehingga jamur tak kunjung menghilang.


Gejala dari infeksi telinga karena jamur umumnya muncul cairan nanah yang muncul dari lubang telinga Anda. Gejala lain yang akan Anda alami yakni timbulnya rasa gatal. Rasa gatal ini adalah gejala umum apabila Anda terjangkit infeksi jamur. Istilah medisnya disebut juga dengan nama lain Otomycosis.


Pengobatan Infeksi Telinga Berjamur

infeksi telinga berjamur Untuk cara menyembuhkannya, apabila telinga Anda terinfeksi oleh jamur yang berjenis Aspergillus, maka Anda bisa menggunakan obat tetes yang memang dibuat khusus anti jamur. Salah satu contoh obat tetes ini yakni Clotrimazole, atau bisa juga menggunakan Ketoconazole tetes.


Terserah Anda memilih yang mana, kemungkinan juga ada merek yang lainnya di apotek. Tetapi apabila memang Anda hendak mencoba menggunakan obat tetes infeksi jamur ini, Anda sebaiknya membersihkan dahulu semua daerah di telinga Anda yang terdapat nanah keringnya.


Tujuan membersihkan tersebut adalah supaya obat yang Anda berikan itu bisa langsung kena infeksi jamur, jadi obat dapat bekerja dengan efektif. Apabila obat yang Anda teteskan ternyata mengenai nanah, maka obat itu pun akan sia-sia. Justru Anda akan membuang-buang uang dengan membeli obat tersebut.


Setelah diberikan obat, tentu saja jamur yang menginfeksi telinga Anda tak akan serta merta hilang begitu saja namun memerlukan waktu. Oleh karena itu, ketika dalam rentang waktu ini, Anda harus mengikuti beberapa tips berikut, agar pengobatan dapat efektif. Supaya proses penyembuhan cepat, Anda harus menjaga agar lubang telinga Anda tak kemasukan air, entah itu waktu mandi atau aktivitas yang lainnya.


Juga jangan sampai kehujanan, apalagi air hujan yang kotor yang masuk ke telinga, jangan sampai ini terjadi. Begitu pula bagi Anda yang memang hobi renang, disarankan untuk sementara berhenti berenang dulu sampai infeksi jamur hilang semua. Bersabarlah hingga memang infeksi jamur sudah sembuh total baru lanjutkan aktivitas renang yang menjadi hobi Anda tersebut.


Begitu pula dengan keringat, saat panas terik menjelang, sebaiknya Anda seka keringat yang ada di sekitar kulit kepala. Jangan sampai keringat tersebut masuk ke rongga telinga. Itu karena kondisi kering pada daerah telinga Anda benar-benar dibutuhkan jika Anda mau sembuh total.


Alasannya karena jamur dapat tumbuh subur pada daerah-daerah yang bersifat lembab atau yang ada air. Sebaliknya jamur akan menjadi kering apabila daerah sekitarnya juga kering. Intinya jamur tak dapat hidup dengan baik pada daerah kering. Ini harus Anda ingat apabila Anda terkena infeksi jamur di telinga. 
loading...

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Related Posts with Thumbnails