Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PERSIAPAN PENTING JIKA MENGANDUNG BAYI KEMBAR



Ada perasaan bahagai sekaligus bingung, karena pengalaman tersebut mungkin baru saja Anda rasakan dan Anda tak tahu harus berbuat apa. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang pasti hadir di kepala Anda. 

Kemudian, muncul juga kekhawatiran tentang susahnya membesarkan dua anak bersama-sama. Anda pun akan mulai khawatir juga juga bagaimana membagi perhatian Anda ke dua anak tersebut. 

Sebenarnya, membesarkan anak kembar tidaklah susah jika Anda sudah melakukan persiapan matang. Bahkan, persiapan tersebut harus dimulai sejak dalam kandungan. Nah, berikut tips yang kami rangkum dari magwuzz bebarapa persiapan penting bagi ibu yang mengandung bayi kembar. yaitu :

silahkan baca artikel tentang bayi kembar lainnya :

Kesiapan mendengar kabar
Saat Anda mendengar kabar jika Anda sedang mengandung bayi kembar, dari situlah persiapan dimulai. Anda juga tidak perlu begitu panik karena kondisi tersebut sangat normal. 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membiasakan diri dengan realitas baru tersebut. Jika pikiran Anda benar-benar tenang, tubuh Anda tidak akan merasakan dampak stres secara berlebihan dan kehamilan pun tidak akan terpengaruh. 


Perubahan fisik
Karena Anda kini sedang mengandung janin kembar, tubuh Anda akan terlihat membesar bahkan di awal-awal kehamilan. Beberapa pertanyaan tidak nyaman juga akan muncul, tetapi Anda tak perlu memasukkan dalam hati tentang apapun yang orang katakan tentang Anda dan kehamilan Anda. 


Gunakan pelembab pada perut
Karena perut Anda mengalami banyak peregangan dan stres karena kehamilan, oleskan minyak di atasnya, di bagian sisi samping dan belakang, sehingga kulit tetap lembab. Selain itu, mengolesi minyak para perut juga mengurangi risiko munculnya stretch mark dan gatal-gatal. 


Tidak makan berlebihan
Hanya karena Anda sedang mengandung lebih dari satu anak, Anda tidak perlu mengonsumsi lebih banyak makanan daripada jumlah normal. Dengarkan permintaan tubuh Anda dan makanlah ketika Anda lapar dan berhentilah ketika Anda merasa sudah kenyang. 


Makan makanan sehat
Dalam hal asupan makanan, Anda sebaiknya memilih makanan dari bahan-bahan segar dan menghindari makan makanan olahan. Asupan dengan diet seimbang akan membantu bayi dalam kandungan Anda tumbuh dengan baik. Asupan makanan yang baik, diantaranya: 

  • Buah-buahan dan sayuran 
  • Makanan bertepung seperti biji-bijian, nasi, pasta 
  • Protein seperti ikan, daging, telur 
  • Produk susu seperti susu, yogurt, keju 

Hindari makan terlalu banyak pada satu waktu
Kehamilan kembar membutuhkan banyak nutrisi, dan karenanya Anda harus memperhatikan asupan makanan Anda. Namun hindari makan terlalu banyak pada satu waktu, karena akan membuat perut Anda terasa tidak nyaman. 

Misalnya, Anda dapat membagi waktu sarapan Anda menjadi dua, pada jarak satu-setengah jam.


Perhatikan jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh
Anda membutuhkan minimal 400 mikrogram asam folat setiap hari untuk 12 minggu pertama kehamilan. Terlepas dari berapa pun jumlah bayi yang Anda kandung. Penting juga untuk mendapatkan vitamin D selama seluruh fase kehamilan. 


Gunakan Maternity Belt
Alat ini akan membantu Anda bergerak lebih aktif tanpa membuat kaki dan punggung terasa sakit. Maternity belt juga membantu dalam mendistribusikan berat badan dan membuat hidup Anda terasa lebih mudah. 


Tidur yang nyenyak
Jika Anda mengalami gangguan tidur malam karena sering ke kamar mandi untuk buang air kecil, Anda bisa perbanyak tidur siang untuk mengganti waktu tidur Anda yang hilang. 


Mendapatkan dukungan
Dukungan dari orang-orang terdekat selama kehamilan sangatlah penting. Dukungan positif biasanya datang dari suami maupun keluarga. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menjalani masa kehamilan sampai saat persalinan tiba.

Gambar-gambar bayi kembar






loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERSIAPAN PENTING JIKA MENGANDUNG BAYI KEMBAR"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner