Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KEGEMUKAN DAPAT DIAKIBATKAN KARENA KURANG TIDUR

http://mypotik.blogspot.com/2016/11/kegemukan-dapat-diakibatkan-karena.html


Jadi lebih banyak makan

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition, periset menghitung jumlah tambahan kalori yang dimakan oleh mereka yang kelelahan akibat kurang tidur.

Untuk melakukan riset tersebut, peneliti mengumpulkan hasil dari 11 studi sebelumnya yang meneliti "kurang tidur parsial" dan konsumsi kalori. Kurang tidur parsial berarti seseorang tidur hanya sebagian tidak sepanjang malam.

"Tidur enggak sepanjang malam ini dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas tidur," kata peneliti Gerda Pot, PhD.

Studi-studi itu melibatkan 172 orang usia 18-50 tahun, cewek dan cowok yang enggak hanya berberat badan normal, tapi juga yang kelebihan berat dan obesitas. Semua studi melibatkan grup kontrol orang tidak cukup tidur, dan tidur 7 hingga 12 jam semalam. Orang yang kurang tidur menulis hanya tidur 3,5 hingga 5,5 jam di tempat tidur.

Periset menemukan orang yang kurang tidur mengonsumsi rata-rata ekstra 385 kalori sehari. "Ini setara dengan empat setengah potong roti," kata Pot.


"Tambahan lagi, mereka mengonsumsi lebih banyak lemak dan lebih sedikit protein," tambah Pot. Konsumsi karbohidrat secara kasar kurang lebih sama.

Bepengaruh pada hormon

Periset lain berspekulasi kurang tidur mungkin mempengaruhi hormon yang berhubungan dengan rasa lapar seperti leptin dan ghrelin. Tetapi Pot dan rekan-rekannya percaya pejelasannya mungkin "hedonis", artinya makan berlebihan saat kurang tidur karena mereka mencari kesenangan.

Sharon Zarabi, RD, direktur program bariatrik di Lenox Hill Hospital New York City berbagi dugaan yang sama. Keinginan makan berlebihan mungkin karena mereka gelisah dan enggak dapat memuaskan kecemasan mereka dengan makan. Zarabi tak terlibat dalam studi baru tersebut.

Peneliti pun menemukan terjaga di malam hari sebenarnya enggak membakar kalori ekstra. Ini membuktikan tak cukup tidur dalam jangka panjang adalah resep untuk mengalami kenaikan berat badan. Tetapi, enggak satu pun dari studi yang diikutsertakan berlangsung enggak lebih dari dua minggu sehingga enggak mungkin mengetahui jika tambahan kalori itu juga menambah berat badan pula.

Peneliti saat ini melakukan riset pada orang yang enggak tidur cukup. "Kami perlu melakukan riset tambahan terhadap tidur sebagai faktor risiko yang dapat diperbaiki untuk obesitas dan mungkin juga penyakit kardio-metabolik seperti diabetes, khususnya di tengah masyarakat saat ini yang cenderung kurang tidur," kata Pot.
reff :  (kompas.com)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEGEMUKAN DAPAT DIAKIBATKAN KARENA KURANG TIDUR"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner